Yg Terkenal Dari Nama dan Istilah Sepanjang Tahun Ini Di Dunia

Pembaca,

Sepanjang tahun berjalan ini banyak sekali kabar berita yang melibatkan nama dan istilah yang beberapa diantaranya asing tapi akhirnya menjadi terkenal karena ada peristiwa luar biasa yang terjadi. Nama-nama dan istilah-istilah tersebut ada yang merupakan tokoh, ada juga yang nama sebuah tempat di dunia dan lain sebagainya. Berikut daftar selengkapnya :
3M : Tiga macam protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19, yaitu : Memakai masker, Menjaga jarak dan Mancuci tangan.
Airborne : Istilah ini digunakan untuk virus Corona yang melayang-layang di udara.
Alex Rins : kembali menambah dactar juara seri baru MotoGP 2020 setelah memenangi balapan yang berlangsung di sirkuit Aragon Spanyol pada 18 Oktober 2020. Alex Rins adalah rider Spanyol yang membalap di tim Suzuki.
APD : Singkatan dari Alat Pelindung Diri. APD digunakan oleh para tenaga medis yang bertugas menangani pasien yang terjangkit virus Corona.
Bayer Munchen : adalah klub sepakbola asal Jerman yang berhasil menjuarai liga Champion Eropa 2020 di Lisbon, Portugal. Itu adalah sukses yang spesial karena berlangsung di masa pandemi Covid-19. Di partai puncak, mereka mengalahkan wakil Prancis, Paris Saint Germain.
Beirut : Kota di kawasan Timur Tengah yang diguncang sebuah ledakan besar di bulan Agustus 2020. Beirut adalah ibukota dari negara Libanon.
Brad Binder : Pebalap asal Afrika Selatan yang pertama dari tim KTM yang sukses juara lomba MotoGP yang sempat ditunda karena pandemi Covid-19. Lomba itu berlangsung di sirkuit Brno Rep. Ceko.
Corona : Nama ini menjadi sangat terkenal bagi hampir semua orang di seluruh dunia. Corona adalah Virus ini sangat berbahaya dan menular.
Covid-19 : Ini kependekan dari Corona Virus Disease 2019 yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti : Wabah Virus Corona 2019.
Cuci Tangan : Pekerjaan yang kelihatannya ringan tapi justru inilah salah satu protokol kesehatan yang penting setelah adanya pandemi Covid-19.
Danilo Petrucci Pembalap asal Italia berhasil menjuarai seri balap motor MotoGP 2020 di sirkuit Le Mans, Perancis. Bagi rider dari tim Ducati tersebut adalah gelar yang pertama kalinya di kelas para raja tersebut.
Di rumah saja : Kata-kata sederhana ini menjadi populer di Indonesia sejak mewabahnya Covid-19. Kata-kata itu merupakan anjuran serius kepada masyarakat untuk tinggal di rumah selama masih ada wabah corona.
Donald Trump : Presiden Amerika Serikat di masa pandemi Covid 19, di tahun 2020.
Eddie Van Halen : Pendiri group rock Amerika Serikat, Van Halen meninggal dunia tanggal 6 Oktober 2020. Gitaris kharismatis era 80-90 an yang bernama asli Edward Lodewijk Van Halen tersebut menderita kanker tenggorokan yang kemudian menjalar ke bagian tubuh lainnya.
Fabio Quartararo : Pebalap dari tim Yamaha asal Perancis yang secara mengejutkan sukses di 2 seri lomba MotoGP yang sempat ditunda karena pandemi Covid-19 yang berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol. Setelah itu muncullah kejutan-kejutan lain di MotoGP.
Face Shield : Artinya adalah tameng wajah. Ini adalah alat untuk menghindari masuknya virus corona di wajah, terutama mulut, hidung dan mata.
Franco Morbidelli : adalah pembalap Italia di tim Petronas Yamaha yang menjuarai MotoGP di sirkuit Aragon, Spanyol, 25 Oktober 2020. Morbidelli kembali menambah daFtar pembalap yang berhasil juara seri tahun ini.
George Floyd : Seorang warga kulit hitam di negara bagian Minnnesota, Amerika Serikat yang meninggal ketika dia ditangkap oleh polisi setempat.
Hand Sanitizer : Cairan khusus pembersih tangan.
Herd Immunity : Sekelompok orang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Ini sempat menjadi ide untuk meredam penyebaran Covid 19.
Hindari Kerumunan : Ini adalah salah satu anjuran untuk mencegah penyebaran virus Corona. Termasuk protokol kesehatan.
Isolasi Mandiri : Berdiam diri di rumah dalam kondisi tertutup dari dunia luar karena sedang terjangkit virus. Misalnya kalau merasa ada gejala umum di tubuh.
Jaga jarak : Ini termasuk salah satu protokol kesehatan di masa pandemi. Memposisikan diri dengan orang lain dengan jarak minimal 2 meter.
Karantina : Ruangan khusus untuk seseorang yang dicurigai terkena virus corona. Kalau untuk sebuah wilayah, karantina ini adalah daerah yang ditutup dari keluar masuknya orang. Maka dengan karantina wilayah.
Kobe Bryant : Pemain bola basket salah satu klub NBA Amerika Serikat, LA Lakers, meninggal dunia akibat helikopter yang ditumpanginya mengalami kecelakaan pada bulan Januari 2020.
Lauk Daon : Kata ini adalah plesetan dari kata lockdown. Lauk Daon berarti salah satu menu makanan berupa daun-daunan. Entah siapa yang pertama kali memlesetkannya lalu populer di media sosial, misalnya : WhatsAPP.
Liverpool FC : Klub sepakbola yang berhasil menjuarai liga Primer Inggris di masa pandemi Covid-19. Yang lebih istimewa lagi, mereka meraih titel tersebut setelah puasa gelar selama belasan tahun.
Lockdown : Penguncian.Dengan penerapan lockdown ini, masyarakat tidak boleh ada yang keluar dan tidak boleh ada yang masuk ke wilayah tertentu. Bahkan bisa juga terjadi sebuah negara diLockdown oleh negara-negara lain.
Marc Marquez : Pembalap MotoGP asal Spanyol harus absen lama di musim balapan 2020 karena cedera yang dialaminya. Juara dunia 6 kali dari tim Repsol Honda tersebut belum pernah sekalipun ikut lomba di sepuluh seri awal di tahun 2020.
Masker : Salah satu alat penutup wajah dari mulai hidung sampai mulut untuk menghindari masuknya debu kotor termasuk virus Corona.
Miguel Oliveira : Seperti yang telah disebut sebelumnya yaitu ada kejutan lain di MotoGP. Dia adalah pembalap asal Portugal pertama yang juara motoGP dan lomba itu berlangsung di sirkuit Austria.
Misano : Ini adalah nama sirkuit untuk balap motor motoGP yang pertama kalinya digelar dengan kehadiran penonton pada tanggal 13 September. Di seri-seri sebelumnya di musim balap 2020, balapan berlangsung tanpa kehadiran penonton karena kondisi Covid-19. Meski begitu jumlah yang diijinkan masih sangat terbatas yaitu hanya 10.000 penonton saja. Ini karena masih terkait dengan pandemi Covid-19. Nama lain sirkuit ini adalah Marco Simoncelli. Lomba ini dimenangkan oleh rider Italia, Franco Morbidelli.
New Normal : Ini istilah baru. Kebiasaan baru beraktifitas yang dilakukan seperti ketika menghindari virus corona, misalnya rajin cuci tangan dengan sabun, jaga jarak (physical distancing), memakai masker, menghindari kontak fisik, menghindari kerumunan ramai orang.
Social Distancing : Berasal dari bahasa Inggris yang artinya : Jaga jarak dari pergaulan orang banyak. Menghindari kerumunan, apapun acaranya.
Physical Distancing : Istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya jarak antar tubuh orang. Untuk menghindari tertular dan menularkan virus, seseorang harus jaga jarak dengan orang lain, minimal 2 meter adalah jarak aman.
PSBB : Ini adalah singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Pemerintah Indonesia memberlakukan PSBB untuk menghambat dan memutus rantai penularan virus Corona. Penerapan PSBB tergantung daerahnya masing-masing.
ODP : Singkatan dari Orang Dalam Pengawasan.
PDP : Pasien Dalam Pengawasan.
RUU Cipta Kerja : Terkait dengan ketenaga kerjaan.
OTG : Orang Tanpa Gejala.
Wuhan : Nama salah satu kota besar di negara Cina di mana kasus Covid-19 pertama kali ditemukan.
Pandemi : Wabah penyakit yang melanda seluruh dunia.
Stay at Home : Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya “Tinggal di rumah atau diam di rumah”
Wash your hand : Kalimat ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya “cuci tanganmu”. Ini salah satu prorokol kesehatan yang utama.
WHO : Singkatan dari World Health Organization. Adalah salah satu organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi masalah kesehatan di dunia.
Work From Home :Istilah ini juga menjadi populer setelah adanya pandemi Corona. Work From Home artinya adalah Kerja Dari Rumah.
Xi Jinping : Presiden Cina di masa pandemi Corona di tahun 2020.
Zone Hijau : Daerah yang terbebas dari virus corona. Setidaknya penyebaran virusnya sudah terkendali.
Zone Merah : Daerah yang penduduknya banyak terjangkit virus corona. Berresiko tertular untuk dikunjungi.
Itulah beberapa nama, kata dan istilah terkenal di tahun 2020 ini. Sebagian besar memang karena terkait dengan pandemi virus corona atau Covid19.
 

Kabar berita

Kaleidoskop Tahun Ini
Selain bisa menjadi kenangan yang indah, memory yang tak pernah terlupakan, kejadian dan peristiwa di masa lalu bisa juga menjadi pelajaran berharga bagi generasi berikutnya dan di masa mendatang. Pengalaman adalah soko guru yang sangat berharga. Demikian bunyi salah satu pepatah terkenal. Berita yang sudah lewat memang kurang menarik, tapi perlu disimpan sebagai arsip.

Anda sedang berada di website PLM12.com.

 

Yang Lainnya :
logo plm12

Tema-tema berita yang ada dan populer Politik – Ekonomi – Hiburan dan selebritis – Fashion – Dalam negeri – Luar negeri – Mancanegara – Entertainmen – Sosial dan Budaya – Teknologi – Religi – Pariwisata – Dll

Kata-kata dan Istilah yang berhubungan dengan berita. Siaran – Hot News – Informasi – Narasumber – Broadcast – Hoax – Trending Topic – Liputan – Kabar Terkini – Viral Media Sosial – Breaking News – Kaleidoskop – Presenter – Jurnalis – Wartawan – Media – Surat kabar – Koran – Gosip – Aktual – Head line – Editorial – Dll.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.