Yang Paling Seru Di Balapan Motor MotoGP

Para pecinta MotoGP,

Di lomba balap motor kelas utama MotoGP, dalam setiap tahun dari belasan seri yang digelar, pasti ada satu atau dua seri yang menampilkan pertarungan yang sangat seru antar dua pembalap atau lebih. Hal itu terjadi karena kekuatan antara dua rider yang turun di sebuah sirkuit, kebetulan hapir berimbang. Atau bisa juga karena ada satu rider yang memiliki keterampilan istimewa sehingga bisa memanfaatkan kelemahan lawannya meski dia mengendarai motor yang lebih baik. Berikut beberapa catatan pertarungan paling seru yang pernah terjadi di arena balap motor MotoGP :

nomor motor

Duel panas bisa terjadi di arena balap motor MotoGP, biasanya melibatkan dua atau tiga pembalap, bahkan lebih banyak lagi. Dan biasanya melibatkan para rider utama alias pembalap papan atas.


1. Pertarungan antara pembalap Australia, Michael Doohan dengan rider Spanyol, Alex Crivile di sirkuit Brno, Republik Ceko. Begitu ketatnya perlombaan antara dua pembalap yang berada dalam satu tim yaitu Repsol Honda hingga garis finish, maka hasil akhirnya sebagai pemenang harus ditentukan dengan menggunakan foto finish, di mana saat itu Alex Crivile ditetapkan sebagai pemenang.
2. Kenny Robert dan Alex Crivile di sirkuit Sachsenring Jerman pada tahun 1999. Kalau bukan karena keterampilan Robert mengendalikan motor Suzukinya ditambah sempitnya sirkuit pendek di Jerman, maka Alex Crivile lah yang bisa memenangkan pertarungan ketat tersebut.
3. Barangkali di dalam sejarah balap motor GP500, seri di sirkuit Suzuka Jepang pada tahun 2001 adalah yang paling heboh dan seru. Bagaimana tidak, hampir separuh balapan, ada empat rider yang bertarung ketat. Kenny Robert Jr yang waktu itu seagai juara bertahan, Tadayuki Okada pembalap tuan rumah, kemudian ada Max Biaggi dan juga Norifumi Abe yang juga asal Jepang, silih berganti saling salip menyalip. Seri inipun akhirnya dimenangkan oleh pembalap tuan rumah, Norifumi Abe.
Daftar Para Juara Lomba Motograndprix dalam 20 Terakhir

Informasi Hasil Lomba & Klasemen Pembalap MotoGP Tahun ini

Ini alasan kenapa para rider tidak mau menggunakan nomor 1 di motornya

Antara Doohan, Rossi, Stoner dan Marquez, siapa yang terhebat ?

Daftar Kata & Istilah Yang sering digunakan di lomba MotoGP & Artinya.

4. Valentino Rossi versus Loris Capirosi. Disirkuit Sepang Malaysia pada grandprix tahun 2005. Capirosi unggul kecepatan di trek panjang, karena power motor Ducati Desmosedicinya unggul sekitar 20 km perjam di depan Yamahanya Rossi. Namun karena The Doctor, sangat piawai di tikungan ditambah lagi Ducati yang masih sering melebar, Rossi pun berhasil memenangkan pertarungan seru tersebut.
5. Kejadian serupa terjadi juga di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Namun kali ini antara Valentino Rossi dengan Casey Stoner. Terbukti memang top speed Ducati unggul jauh dari Yamaha. Namun Rossi dengan kepiawaiannya, di tikungan terakhir menjelang finish di lap terakhir, berhasil meyalip Stoner dan menjuarai sirkuit panjang tersebut pada tahun 2007.
6. Casey Stoner dengan Valentino Rossi. Di sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat, pada lomba musim 2008, dua rider ini sangat jauh meninggalkan pembalap lain di belakang. Dog fight pun terjadi diantara mereka. Rossi yang ingin menambah gelarnya untuk ke 6 kalinya, tampil gila untuk menempel ketat Stoner yang juara bertahan. Begitu serunya perarungan itu, ada satu peristiwa di mana Rossi menyalip Stoner dari sisi dalam tapi jalur balapnya di luar sirkuit karena sangat sempitnya untuk bisa menyusul, namun The Doctor berhasil mengendalikan motornya untuk masuk sirkuit lagi. Di sirkuit ini akhirnya Rossi yang tampil sebampil sebagai juara.
7. Marc Marquez versus Valentino Rossi di sirkuit Laguna Seca AS. Peristiwanya sangat mirip dengan kejadian Stoner dan Rossi di tahun 2008, tapi kali ini Marquez yang menyalip Rossi seperti yang dilakukan Rossi terhadap Stoner.
8. Marc Marquez dan Valentino Rossi di sirkuit Sepang Malaysia tahun 2015. Merasa dihalang-halangi secara tidak fair oleh pembalap Spanyol, Marc Marquez, Rossi yang saat itu unggul angka dengan Jorge Lorenzo, terpancing emosinya. Di sebuah tikungan, ketika dia berhasil untuk menyalip Marquez, malah sempat marah sambil menyenggol Marquez dengan pahanya hingga pembalap Spanyol itu tersungkur ke luar lintasan. Rossi pun berhasil finish, namun dia dihukum karena emosinya itu. Juara MotoGP pun jatuh ke Jorge Lorenzo.
9. Valentino Rossi melawan Marc Marquez di sirkuit Assen Belanda tahun 2015. Rossi tampak sangat kesulitan untuk menyalip Marquez di beberapa tikungan, meski sebetulnya dia beberapa kali unggul di depannya, namun Merquez memang pembalap yang pantang menyerah dan bermental baja. Di tikungan terakhir, Rossi berhasil menyusul Marquez, namun ketika breada di sebelahnya karena terlalu rapat, senggolan pun terjadi, Rossi melebar dan masuk gravel di luar lintasan, tapi ironisnya Rossi masih bisa mengendalikan motornya yang ketika itu justru masuk ke jalur lintasan finish dan dengan mulus berada di depan Marquez.. Panitia lomba menetapkan tidak ada masalah dengan situasi Rossi. Rossi pun juara di sirkuit Assen.
10. … akan banyak lagi pertarungan seru tapi keren dan menghibur dari arena balap motor MotoGP.

To be continued …
 

 

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita.

 

Balap Motor

Kejuaraan Balap Motor seri MotoGP adalah salah satu jenis olahraga otomotif. Motor-motor yang digunakan adalah prototype, jadi tidak dijual di pasar bebas. Kapasitas mesin yang pertama adalah 500cc kemudian diganti menjadi 990cc lalu berganti lagi menjadi 800cc dan yang terakhir kembali memakai kapasitas 990cc.