Yang Kalah dan Yang Menang dalam Berbagai Macam Kata Istilah.


Pembaca,

Sering untuk menyebut orang atau pihak yang kalah dan menang, menggunakan macam-macam kata dan istilah yang beragam, meski maksud dan artinya sama. Karena untuk berbagai keperluan, misalnya promosi, acara santai ataupun resmi, maka muncullah kata istilah seperti yang berikut ini :
Angkat Koper : Ini sebuah istilah yang sering digunakan di gelanggang olahraga. Misalnya di kejuaraan sepakbola dalam bentuk turnamen. Di dalam babak penyisihan, sebuah kesebelasan yang kalah bersaing untuk menempati posisi satu dan dua, maka tidak bisa lagi mengikuti turnamen. Tim itu sudah “angkat koper” lebih dulu, untuk pulang ke negaranya.
 
Lebih Lengkap ! Kumpulan Kata Istilah Gaul Dari Dunia Sepakbola. Sentuh Di Sini !
 
Champion : Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya juara. Misal : World Champion artinya Juara Dunia. Atau Champion of The World. Ini termasuk kata benda (noun). Apa syarat untuk menjadi juara ? Tentu harus banyak meraih kemenangan hingga menang di partai grand final.
Degradasi : Kata ini artinya penurunan peringkat atau kelas. Biasa digunakan di arena olahraga. Sebuah tim mengalami penurunan peringkat dan pindah ke kelas yang lebih rendah karena dalam satu kompetisi lebih sering mengalami kekalahan dibanding kemenangan. Kalau dalam sepakbola, kesebelasan yang mengalami degradasi akan tersingkir dari persaingan lalu turun level dari divisi satu ke divisi dua.
 
Baca Selengkapnya : Kumpulan Kata Istilah Yang Berhubungan Dengan Sepakbola, Terutama Kata dan Istilah Gaulnya.
 
Hattrick : Kalau kata ini dihubungkan dengan kemenangan maka artinya kemenangan tiga kali secara beruntun atau juara tiga kali secara beruntun. Misalnya juara pada tahun 2019, 2020 dan 2021.
Jawara : Kata ini aslinya adalah untuk sebutan seorang jagoan di sebuah kawasan atau daerah. Namun dalam beberapa tahun terakhir digunakan juga untuk sebutan seorang ataupun tim yang juara dalam sebuah lomba atau kompetisi.
Juara : Ini pencapaian akhir yang paling tinggi dari kontestan atau peserta untuk sebuah turnamen, kompetisi, lomba dan juga festival. Kata juara sudah menjadi kata resmi bahasa Indonesia. Bagaimana caranya untuk juara ? Harus sering-sering menang terhadap para pesaingnya. Juara menurut zone terbagi menjadi : Juara Eropa, juara Asia, juara Afrika, juara Amerika dan juara nasional. Yang paling tinggi adalah juara dunia.
Juara paruh musim : Dalam satu musim kompetisi ada jeda istirahat alias libur, misalnya di akhir tahun, maka kompetisi libur sementara untuk beberapa minggu, dan peserta yang nilainya paling tinggi saat itu disebut juga juara paruh musim. Juara paruh musim bukanlah juara yang sebenarnya karena musim kompetisi baru berlangsung setengah berjalan.
Juara umum : Ini berhubungan dengan event yang dengan banyak kategori atau juga cabang olahraga. Juara Umum adalah mereka yang paling banyak berhasil menang dalam berbagai kategori. Begitu juga banyak cabang olahraga. Misalnya : Kontingen Amerika Serikat berhasil menjadi juara umum Olimpiade Tokyo 2021.
Juru Kunci : Istilah unik ini dipergunakan untuk menyebut orang atau tim yang dalam sebuah perlombaan, turnaman ataupun kompetisi, posisinya ada di peringkat terakhir. Kenapa bisa begitu ? Karena dia kalah terus atau kalah bersaing dengan yang lain.
Kampiun : Kata istilah ini dipakai sebagai pengganti kata juara, yang berarti prestasi tertinggi untuk acara kejuaraan. Misalnya : turnamen, kompetisi, lomba dan festival.
Keok : Ini kata istilah gaul yang artinya kalah bertanding/bertarung. Keok ini termasuk kata gaul jadul alias jaman dulu.
 
Lebih Lengkap Lagi Dengan Istilah Jadul atau Jaman Dulu. Sentuh Di Sini
 
Lose : Kata ini adalah kata bahasa Inggris yang artinya kalah.
Loser : Ini juga kata bahasa Inggris. Artinya “yang kalah”.
Man of The Match : Adalah seorang pemenang yang dinilai paling baik dalam penampilannya tapi hanya di satu pertandingan saja. Kontribusi yang luar biasa bagi timnya untuk kemenangan.
Masuk Kotak : Istilah ini adalah istilah lama yang artinya kalah bersaing dalam turnamen atau juga lomba, sehingga tidak bisa mengikuti babak selanjutnya.
Pecundang : Artinya adalah “Si Kalah”.
Pemenang : Kata ini adalah kata yang resmi dalam bahasa Indonesia. Asal katanya adalah menang. Orang yang menang disebut pemenang.
Pemuncak : Asal kata ini adalah puncak yang berarti tempat tertinggi. Untuk pemakaian sebagai pengganti kata pemenang maka dipakailah kata pemuncak. Misal : “Pemuncak klasemen akhir kompetisi tahun ini diraih oleh klub A”
Podium Pertama : Istilah pemenang ini biasanya untuk perlombaan, misalnya adu cepat dan ketangkasan. Disebut podium pertama karena orang yang menang sewaktu acara penyerahan hadiah, berdiri di kotak yang paling tinggi dengan nomer 1. Juara lomba balap otomotif dan lomba renang pasti ada di podium pertama.
Runner-Up : Ini adalah sebutan untuk peserta yang menempati posisi kedua. Runner-Up ini adalah peserta atau tim yang dikalahkan oleh yang juara pertama.
Tereliminasi :Jika gagal dalam persaingan untuk maju ke babak berikutnya, maka dia tereliminasi. Itu arti kata yang dimaksud.
Tersisih : Kata ini digunakan untuk status seseorang atau kelompok tim yang kalah berkompetisi atau bisa juga karena kurang memenuhi syarat untuk mengikuti babak berikutnya dalam sebuah turnamen.
Tim Sukses : Di dunia politik, seorang kandidat calon pemimpin, misalnya walikota, gubernur hingga presiden, biasanya memiliki tim sukses atau bisa juga disebut tim pemenangan.
Top Scorer : Di dalam turnamen sepakbola, ini pemenang yang dinilai dari banyaknya jumlah gol yang dibuatnya. Dalam bahasa Indonesia, top scorer artinya pencetak gol paling banyak.
Win : Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah memenangi. Win adalah kata kerja (verb).
Winning : Asal katanya adalah win, sebuah kata kerja. Tapi setelah berubah menjadi winning, artinya jadi kemenangan. Berubah menjadi kata benda.
Winning Team : Kata Winning jadi berubah artinya setelah diikuti oleh kata team. Meski tetap sebagai kata benda tapi arti kata bahasa Inggris ini adalah tim pemenang. Menjadi kata ganti orang ketiga.
Winner : Asal kata ini juga dari kata win. Namun sesudah bentuknya berubah menjadi winner, maka yang sebelumnya sebuah kata kerja berubah menjadi kata benda. Arti kata winner adalah pemenang.
WO : Singkatan dari walkover. Ini salah satu istilah yang berhubungan dengan kemenangan sebuah pertandingan. Seorang yang meraih kemenangan karena lawannya tidak tampil disebut dengan menang WO. Jadi menang tanpa bertanding. Demikian juga kalau tim yang menang tanpa bertanding karena lawan absen.
Won : Kata bahasa Inggris ini artinya juga menang tapi bentuk kedua atau past tense dari kata win.
Baiklah Pembaca, itu beberapa kata dan istilah yang sering dipakai yang berhubungan dengan menang dan kalah. Seperti yang telah dijelaskan di awal artikel, pemakaiannya memang untuk situasi dan kondisi yang beragam.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Baca Yang Lainnya :

Berhubungan dengan bahasa : Kamus – Linguistik – Terms – Puisi – Aphorism – Pantun – Peribahasa – Perumpamaan – Dictionary – Tata Bahasa – Dialog – EYD – Kata Baku – Tafsir – Bahasa Etnik – Language – Lingo – Dialek – Logat – Kosa Kata – Komunikasi – Interaksi – Words – BiLingual – Grammar – Translate – Terjemahan – Hasil serapan – Conversation.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.