Yang Harus Diperhatikan Sebelum Daftar Adsense di Google

Halo, pembaca

Khususnya para blogger yang ingin mendaftar Adsense, saya akan berbagi pengalaman setelah blog saya mendapat persetujuan dari Google sebagai penayang iklan. Mungkin teman-teman sudah sering membaca dari blog lain tentang bagaimana cara mendaftar Adsense di Google dan syarat-syaratnya agar cepat diterima. Memang banyak yang mengalami kesulitan untuk diterima sebagai publisher dari system periklanan yang paling populer di dunia yaitu Adsense tersebut. Dari berbagai sumber yang juga saya baca, untuk bisa mendapat persetujuan dari Google menjadi publisher ada yang mensyaratkan trafik blog harus ratusan perhari, ada juga di salah satu blog yang menyebutkan bahwa pengunjung blog tidak perlu ratusan apalagi ribuan. Cukup dengan visitor seadanya bahkan nol pengunjung seharipun, blog atau website bisa diterima Google Adsense. Ada juga beberapa blog yang menyebutkan, usia blog atau website setidaknya sudah memasuki enam bulan. Dan lain-lain persyaratan. Sepertinya memang tidak ada kepastian dari Google tentang hal tersebut. Baiklah, untuk lebih lengkapnya, untuk para bloger yang baru mau mendaftar dan juga yang ingin mencoba lagi agar bisa diterima sebagai penayang iklan atau publisher, menurut saya hal-hal yang paling penting yang harus diperhatikan adalah :

1. Niat untuk mendapatkan penghasilan di internet dengan menampilkan iklan produk dari perusahaan orang lain di dalam blog atau website. Anda berniat ? Oke, lanjut yang berikut !
2. Usia blog sudah mencapai 6 bulan atau lebih. Sudah memposting artikel yang pertama sejak enam bulan yang lalu. Ini ada hubungannya dengan index Google. Pada waktu pertama kali mendaftar, website saya belum berusia enam bulan dan di hari itu juga saya mendapat email penolakan permohonan Adsense. Barulah setelah blog berjalan enam bulan lebih, tentunya setelah melakukan perbaikan beberapa artikel yang menurut saya menyalahi aturan Google untuk daftar Adsense, saya mengajukan permohonan lagi dengan mereply email penolakan tersebut dan besoknya disetujui.
3. Blog memiliki sedikitnya lebih dari sepuluh artikel. Meski saya pernah membaca ada seorang blogger yang baru memiliki artikel kurang dari sepuluh tapi sudah diterima Adsensenya, tapi saya kira untuk sebuah blog, semakin banyak memiiki artikel akan lebih baik.
4. Buatlah artikel asli dan unik, kalau bisa minimal 500 kata, jangan copy paste artikel orang lain. Mengenai kenapa artikel harus memiliki 500 kata dan lebih, Insya Allah akan saya lanjutkan di artikel berikutnya.

 
5. Pilihlah satu jenis tema atau niche blog yang diyakini menjadi keahlian Anda. Itu akan lebih mempermudah. Buatlah artikel yang bagus dan bermanfaat untuk pembaca.
6. Jangan memposting artikel dengan terlalu banyak memasukkan foto. Dari email penolakan yang saya terima dari Google Adsense, salah satu penyebabnya adalah larangan untuk memasang banyak foto di dalam artikel. Dan memang logikanya, kalau dalam sebuah artikel ada banyak sekali foto, lalu banner iklan Adsense mau ditempatkan di posisi mana ? Karena selain konten artikel, sebuah banner iklan juga harus jadi pusat perhatian dari pembaca. Saran saya cukup pasang satu foto saja dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Bahkan menurut saya, kalau artikel itu sangat enak untuk dibaca, tidak ada foto malah lebih baik ketika melakukan pendaftaran Adsense.
7. Jangan memposting artikel dengan video bahkan dari Youtube sekalipun. Kenapa ? Sama seperti penjelasan sebelumnya, tayangan video akan mengganggu fokus perhatian pembaca dari tampilan iklan Adsense yang ada di dalam artikel. Pada waktu pendaftaran pertama, blog saya juga banyak berisi video youtube. Setelah ada email penolakan barulah saya hilangkan seluruh artikel yang memuat link video Youtube.
8. Buatlah navigasi yang jelas untuk blog. Navigasi sangat penting untuk syarat penerimaan Google Adsense. Terbukti setelah website saya diterima, semua menu navigasi blog saya, ada tercatat di statistik pengunjung dashboard admin. Itu berarti mesin Google telah mendeteksi menu navigasi blog saya. Teman-teman belum tahu navigasi blog ? Baiklah ! Yang dimaksud navigasi adalah deretan pilihan menu yang biasanya ada terpampang di bagian atas tampilan. Umumnya dimulai dengan About atau Tentang Kami lalu Home lalu selanjutnya misalnya tema-tema blog yang Anda punya. Gunanya adalah untuk mempermudah para pembaca bisa menemukan artikel-artikel lain di blog Anda. Tapi untuk About dan Home sepertinya kalau nggak ada juga tidak masalah, karena blog saya sendiri di navigasinya tidak ada About dan Home.
9. Apakah Google mengharuskan sebuah blog mendapatkan pengunjung yang datang dari hasil pencarian atau trafik organic ? Menurut saya benar ! Itu berarti artikel blog harus bisa masuk SERP di Google, meski nggak semua artikel. SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page. Cara untuk mengetahuinya silahkan dicoba dengan mengetikkan kata kunci atau keyword tertentu di kolom pencarian Google, jika nama blog Anda bisa muncul di halaman hasil pencarian, itu artinya blog sudah punya salah satu syarat Adsense. Mengenai hasil pencariannya tidak harus muncul di halaman pertama Google. Bisa tampil di lima halaman pertama sudah cukup. Cara lain untuk mengetahui artikel sudah masuk SERP bisa juga dilihat di statistik pengunjung dengan keywordnya di halaman dashboard admin blog.
10. Jumlah visitor atau pengunjung tidak menjadi syarat utama agar bisa diterima permohonan Adsensenya. Teman-teman blogger, pada waktu saya mendaftar Adsense, pengunjung blog saya tidak sampai puluhan, itupun hanya empat atau lima artikel yang berasal dari hasil pencarian di Google. Artinya artikel yang saya buat sudah masuk SERP. Memang sih yang paling bagus daftar Adsense pada waktu blog atau website sudah banyak pengunjung, tapi jika teman-teman yang punya blog dengan pengunjung yang masih minim seperti blog saya ini dan ingin mencoba juga mendaftar Adsense, silahkan saja coba. Dan jika nanti Adsense diterima, setidaknya nggak terlalu memikirkan untuk bisa diterima Adsense lagi dan bisa lebih fokus untuk promosi blog atau website.

 
Oke, itu saja sementara yang bisa saya share mengenai Google Adsense. Meski beberapa yang telah disebutkan di atas adalah bukan yang mutlak, karena kondisi blog saya dan teman-teman berbeda, tapi segala kemungkinan bisa saja terjadi. Yang pasti Google juga tidak sembarangan menerima permohonan menjadi publisher Adsense tanpa persyaratan yang memadai yang harus dipenuhi oleh pemilik blog atau website. Semoga sukses !
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G