Yang Dimaksud Kompon Ban dan Pemilihan Yang Tepatnya


MotoGP fans

spedometer

Ada tiga jenis kompon untuk ban :
1. Lunak atau soft compound. Kompon ini bersifat lebih cepat panas. Artinya daya cengkeram sebuah ban ke aspal trek lebih cepat maksimal, sehingga kinerja ban untuk mendukung akselerasi motor juga lebih siap. Dalam beberapa lap awal balapan, akan terlihat unggul.jauh di depan meninggalkan motor yang memakai ban kompon keras. Tapi sayangnya ada kelemahannya, yaitu karena lebih cepat panas, maka secara logika, karet ban pun jadi cepat aus. Apalagi jika balapan berlangsung 25 lap atau lebih. Daya cengkeram ban di aspal jadi makin buruk. Pemilihan kompon ban jenis soft ini jadi seperti berjudi. Terancam resiko dnf atau did not finish.
2. Keras atau hard compound. Berbeda dengan ban kompon lunak, kompon keras lebih tahan lama untuk balapan Motogp yang berlangsung hingga 30 putaran. Hanya tentu saja ada kelemahannya juga yaitu perlu pemanasan lebih lama di lap-lap awal. Butuh beberapa lap untuk ban kompon keras agar bisa menghasilkan cengkeraman ban secara maksimal di aspal. Resiko dari telat panas ini tentu saja di lap-lap awal, seorang pembalap jadi tertinggal jauh oleh saingannya yang lain.
3. Medium compound. Kompon ini pertengahan diantara lunak dan kompon keras.
Dengan adanya ketiga jenis kompon ini, maka seorang pembalap harus jeli dalam memilih ban. Tidak mungkin untuk berlomba, karena ingin cepat, maka dia memilih ban depan dan ban belakang yang komponnya lunak (soft). Dan tidak mungkin juga karena ingin bannya tahan lama, maka seorang rider memilih ban depan dan belakang dengan yang jenis kompon keras (hard). Lalu bagaimana silusinya ? Di dalam lomba Motogp dan juga balap motor lain, pilihan terbaik adalah kombinasi ban depan dan ban belakang dengan tiga jenis kompon yang berbeda. Dan itu juga harus memperhitungkan kondisi trek balap di mana mereka akan turun berlomba. Well, ternyata memang dalam sebuah balapan, secara teknis memang tidak sesederhana yang diperkirakan. Kerja keras dari tim dan juga pembalap, adalah sebuah keharusan.
 

Balap Motor

Lomba Balap Motor MotoGP
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix diadakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.

Berikut adalah daftar para pembalap yang pernah memenangi lomba balapan ini dalam 20 tahun terakhir.

 

Baca Yang Lainnya :
lomba balap motor

Pembalap-pembalap Yang Pernah Menjuarai Lomba Balap Motor MotoGP : Valentino Rossi (Italia) – Marc Marquez (Spanyol) – Jorge Lorenzo (Spanyol) – Casey Stoner (Australia) – Niki Hayden (Amerika Serikat).

Negara-negara Yang Sering Menggelar Event MotoGP : Spanyol – Qatar – Italia – Jerman – Belanda – Argentina – Perancis – Inggris – Amerika Serikat – Republik Ceko – Malaysia – Cina – Jepang dan Australia. 2 Negara yang terbanyak menjadi tuan rumah adalah Spanyol dan Italia, masing-masing tiga kejuaraan di tiga sirkuit.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.