Urutan Juara Balap Motor MotoGP dari Yang terbanyak

Penggemar balap MotoGP,

Sejak lomba balap motor GP500 berubah menjadi MotoGP pada tahun 2001, sudah ada beberapa rider yang berhasil menjadi juara dunia. Meski ada beberapa, namun pastinya jumlah gelarnya berbeda-beda. Ada yang meraih juara hanya sekali-kalinya, ada juga yang menjuarainya lebih dari satu kali. Secara kualitas, tentu saja yang juaranya lebih dari satu kali itu pembalap yang lebih baik dibanding dengan yang juaranya sekali. Itu harus diakui. Oke, untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar nama pembalap-pembalap yang pernah menjuarai lomba balap motor MotoGP sejak tahun 2001 hingga tahun ini. Urutannya dimulai dari yang paling banyak juara :
1. Valentino Rossi. Rider asal Italia yang dijuluki “The Doctor” ini sudah punya koleksi gelar juara dunia balap motor sebanyak tujuh kali. Dia juga adalah pembalap yang pertama kali memenangi gelar bergengsi itu setelah peralihan dari GP500 ke MotoGP. Valentino Rossi juga yang pertama kali mencetak hattrick alias juara tiga kali secara beruntun di kelas yang ada yang menyebutnya dengan kelas para raja yaitu pada tahun 2001, 2002 dan tahun 2003. Dan Rossi pulalah, sang pembalap yang biasa memakai nomor motor 46, yang pertama kali sepanjang sejarah lomba balap motor, berhasil menjadi juara dunia dengan dua merk motor yang berbeda yaitu Honda dan Yamaha. Tentu saja ketika the Doctor berada di dua tim balap yang berbeda pula.

Informasi Hasil Lomba & Klasemen Pembalap MotoGP Tahun ini

Daftar Kata & Istilah Yang sering digunakan di lomba MotoGP & Artinya.

Ini alasan kenapa para rider tidak mau menggunakan nomor 1 di motornya

2. Marc Marquez. Pembalap motoGP ini untuk sementara sudah memegang gelar dunia sebanyak lima kali. Marc Marquez juga adalah seorang rookie alias pendatang baru di ajang MotoGP yang terbaik sepanjang sejarah lomba adu cepat roda dua. Apa yang membuatnya demikian ? Karena di tahun pertamanya dia turun di kelas utama pada tahun 2013, secara mengejutkan pembalap asal Spanyol tersebut langsung menjuarainya. Bersama timnya yaitu Repsol Honda, rider yang menggunakan motor bernomer 93, yang sempat dijuluki Baby Allien pun berhasil menjadi juara dunia untuk kedua kalinya secara berturut-turut di tahun berikutnya pada tahun 2014. Pada tahun 2015 dia kehilangan gelar, tapi kemudian dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 2016, 2017 dan 2018, secara beruntun pula dia kembali menjadi yang teratas alias menjadi juara dunia MotoGP. Usia Marc Marquez relatif masih muda, belum mencapai tiga puluh tahunan. Jelas saja dia punya peluang yang besar untuk menyamai rekor gelar juara yang telah didapat oleh Valentino Rossi yang tujuh kali, bahkan Marc Marquez bisa saja melewati rekor The Doctor di tahun-tahun mendatang, jika saja dia bisa terus membalap dengan konsisten.
Selengkapnya : Para juara balap motor dalam 20 tahun terakhir.
3. Jorge Lorenzo. Ini juga pembalap hebat asal Spanyol. Lorenzo bersama dengan tim Yamaha sudah pernah memenangi kejuaraan dunia balap MotoGP sebanyak tiga kali yaitu pada musim balapan tahun 2010, 2012 dan tahun 2015. Sama seperti rekan senegaranya, Marc Marquez, Jorge Lorenzo yang selalu memasang nomor 99 di motor tunggangannya, punya juga peluang besar untuk mengejar gelarnya Rossi yang tujuh kali, bahkan dia juga punya kans untuk dapat melampauinya. Untuk mencapai target tersebut, Jorge Lorenzo pasti harus bersaing ketat dengan Marquez dalam pengumpulan rekor gelar juara dunia balap Motor MotoGP.
4. Casey Stoner. Titel juara dunia yang pernah diraihnya adalah pada musim lomba tahun 2007, 2009 dan pada tahun 2011. Jagoan asal negeri Kanguru, Australia ini juga memiliki kesamaan dengan Rossi. Apanya yang sama ? Prestasinya ! Dia juga pernah juara dunia MotoGP dengan dua merk motor yang berbeda yaitu Ducati dan Honda ketika di tim Repsol Honda. Namun sayang sekali, Stoner sang pembalap nomer motor 27 mengundurkan diri di saat puncak karirnya di balapan roda dua pada tahun 2012. Maka dengan demikian, secara otomatis tertutuplah peluangnya untuk mengumpulkan koleksi gelar juara dunia lebih banyak lagi. Di akhir karirnya sebagai seorang pembalap, Casey Stoner tercatat sudah mengumpulkan gelar juara dunia balap motor sebanyak tiga kali.
5. Nicky Hayden. Dia juara dunia balapan MotoGP asal Amerika Serikat. Gelar dunianya hanya satu yaitu pada musim balapan tahun 2006. Nicky Hayden yang dulu dijuluki “Kentucky Kid”, setelah berhasil menjadi juara, di tahun-tahun berikutnya tidak mampu untuk mempertahankan performanya, entah karena berbeda tim atau hal lain, dia akhirnya menghilang dari pentas lomba balap motor MotoGP beberapa tahun kemudian. Cerita tentang Nicky Hayden mirip sekali dengan dua pembalap Amerika Serikat yang lain sebelumnya yang juga juara dunia yaitu Kevin Schwantz dan Kenny Roberts Jr. Schwants dan Kenny adalah pembalap tim Suzuki di era sebelum MotoGP yaitu GP500. Setelah mereka berhasil menjadi juara dunia yaitu pada tahun 1993 dan Kenny juara pada tahun 2000, di tahun berikutnya penampilan mereka di atas trek menurun terus hingga hilang dari peredaran.
Posisi paling atas pemegang gelar juara dunia MotoGP yang terbanyak masih ditempati oleh Valentino Rossi. Pembalap-pembalap yang paling dekat peluangnya untuk menyamai dia tentu saja Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Kedua jagoan asal Spanyol tentu ingin mengukir sejarah baru. Mereka adalah dua pembalap terbaik di MotoGP yang memiliki ciri khas masing-masing dalam bertarung di trek balap. Pesaingan ketat nan seru kemungkinan masih akan berlangsung dari dua rider ini di tahun-tahun mendatang. Bagaimana dengan Rossi sendiri ? Apakah di usianya yang menjelang 40 tahun masih sanggup bersaing dengan para pembalap yang masih muda ? Jika mampu, maka dia punya peluang untuk menambah rekor juaranya menjadi delapan kali. Segala kemungkinan bisa saja terjadi.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Siapa lebih hebat dari empat pembalap juara ini ?

Marc Marquez pindah tim. Apa yang akan terjadi dengannnya nanti ?.

Arena Balap MotoGP & Istilah-2 Yang sering digunakannya.

Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.
Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.

Hiburan dari lagu-lagu tema Piala Dunia.
 

PLM12.com

Arena Olahraga & Serba-serbi Lainnya.

Life Style – Entertainmen – Sosialita – Kata-kata Gaul

Solusi – Kiat-2 – Tips dan Trik

Blog – Website – Media Sosial

 


Sekilas Lomba Balap Motor MotoGP :
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang populer disebut MotoGP diselenggarakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan otomotif roda dua paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Sirkuit-2 itu antara lain : Losail Qatar – Buenos Aires Argentina – Jerez Spanyol – Le Mans Perancis – Mugello Italia – Catalunya Spanyol – Assen Belanda – Donnington Park Ingris – Sachsenring Jerman – Brno Republik Ceko – Monza Italia – Austin Amerika Serikat – TWin Ring Motegi Jepang – Sepang Malaysia – Philip Island Australia – Valencia Spanyol. Khusus sirkuit Losail di Qatar, balapan digelar pada malam hari. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.