Untuk Yang Sering Ngopi Dan Ngeteh

minuman

(Foto : http:absfreepics.com)

Minuman seperti kopi, teh, susu dan minuman lain yang perlu diseduh dengan air yang mendidih memang sangat digemari oleh banyak orang. karena kalau tidak diseduh dengan air mendidih minuman tersebut jadi tidak terasa nikmat.

Namun tahukah Anda bahwa minuman panas di samping memiliki kenikmatan tersendiri apalagi ketika dalam suasana yang dingin, ternyata juga ada resiko yang dapat mengganggu kesehatan.

Sebelumnya sebuah studi dari organisasi kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa minum kopi secara teratur dapat mengurangi resiko terkena kanker hati dan rahim. Namun badan penelitian internasional WHO untuk kanker (IARC) kemudian merubah keputusan dengan mengikuti evaluasi baru dari 500 lebih penelitian tentang hubungan antara kanker tenggorokan (aesophagel) dengan minuman panas seperti kopi, teh, susu dan mate.

 
Mate adalah minuman herbal khas yang populer di Amerika Selatan. Direktur IARC, dr Christopher Wild, mengatakan: “Hasil penelitian menunjukkan bahwa minum minuman dengan suhu yang sangat panas adalah salah satu kemungkinan yang bertanggung jawab atas penyebab penyakit kanker esophagus. Presiden Asosiasi Kopi Nasional (NCA), Bill Murray berkata: “Temuan ini merupakan kabar yang sangat baik dan signifikan bagi para penikmat kopi, teh dan minuman panas lainnya. Para ilmuwan di belakang temuan ini juga menyarankan agar para penggemar kopi, teh supaya membiarkan minuman mereka lebih dingin terlebih dahulu terutama jika mencampurkannya dengan susu. Dr. Rachel Thompson, Kepala Interprestasi Penelitian di World Cancer Research Fund atau Dana untuk Penelitian Kanker Dunia mengatakan:

 
“Penelitian baru yang menunjukkan bahwa minuman panas menjadi penyebab resiko timbulnya kanker tenggorokan (esofagus), sangat menarik. Analisis penelitian kami sebelumnya juga menemukan bukti yang sama terhadap minuman herbal Amerika Selatan yang pedas panas melalui sedotan logam. Oleh karena itu tidak mengherankan jika hal itu mencerminkan minuman lain yang sejenis yang bersuhu sangat tinggi. Untuk pencinta minuman teh dan kopi, temuan ini bukan berarti jadi larangan untuk menikmati minuman yang sudah sangat populer di dunia tersebut, namun disarankan agar membiarkan lebih dulu minuman itu lebih dingin.
 

Logo Plm12COM

Tentang :
Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G