Trofi Untuk Tim Kejutan Piala Eropa

Pemenang pertandingan belum tentu dari tim yang jago. Bisa saja terjadi kejutan, karena tim yang dianggap lemah, malah mampu menjuarai kejuaraan. Di sepakbola ada istilah Tim Underdog atau tim kuda hitam yang dipakai untuk menyebut kesebelasan yang keikutsertaannya tidak diunggulkan (non unggulan). Dari prestasi-prestasi sebelumnya, kesebelasan tersebut memang belum pernah menjuarai turnamen bahkan untuk sampai perempat final pun mereka belum pernah. Sangat kontras dengan tim yang difavoritkan yang sudah pernah menjuarai sebuah turnamen dan sering mencapai semi final. Di ajang sepakbola Piala Eropa EURO. Ada dua tim nasional yang pernah membuat kejutan sebagai tim tidak diunggulkan malah mampu menjuarai salah satu turnamen yang paling populer di dunia tersebut. Mereka adalah :

1. Kesebelasan Denmark. Mereka pernah mengangkat trofi kejuaraan piala Eropa pada tahun 1992 yang berlangsung di Swedia. Ikutnya tim yang dulu pernah dijuluki tim Dinamit ini hanya sebagai pengganti. Seharusnya Yugoslavia yang ikut putaran final, tapi karena alasan situasi politik yang tidak menentu maka mereka memebatalkan keikutsertaannya. Untuk Denmark, yang hebatnya lagi, di partai final mereka berhasil mengalahkan salah satu tim favorit yang dua tahun sebelumnya menjuarai Piala Dunia 1990 di Italia yaitu Tim Panser Jerman yang waktu itu masih Jerman Barat dengan skor 2-0. Kedua gol Denmark dicetak oleh John Jensen dan Kim Vilfort.

2. Kesebelasan Yunani. Negeri yang memiliki sejarah filsafat dan negerinya Olimpiade ini juga pernah menjuarai Piala Eropa pada tahun 2004. Seperti juga kesebelasan Denmark, Yunani ikut putaran final piala Eropa karena tim yang seharusnya tampil yaitu Ceko batal ikut. Lalu siapa lawan Yunani di partai final pada waktu itu ? Portugal! Betul ! Tim Portugal yang pada waktu itu diperkuat oleh para pemain kelas dunia antara lain Luis Figo, Rui Costa, Fernando Couto dan lain-lain, ironisnya kalah memalukan dari Yunani dengan skor 1-0 yang dicetak oleh Angelos Charisteas. Kenapa begitu memalukan ? Karena kekalahan mereka saat itu beranding dihadapan para pendukungnya sendiri yaitu di Portugal. Para fans yang sudah menaruh asa tinggi tentu saja kecewa berat.

Di sebuah turnamen terutama turnamen kelas dunia, tim yang tidak diunggulkan atau tim kuda hitam seolah-olah seperti peserta pelengkap saja, penggembira. Namun ternyata keikutsertaan tim-tim seperti itu tidak bisa dianggap remeh oleh tim favorit yang diunggulkan.
 

Daftar Negara-2 Pemenang Trofi Eropa.

ARENA PIALA CHAMPION. Peristiwa, Rekor-2, Kontroversi & Misteri ? …di Liga Champions.

PIALA DUNIA Juaranya, Rekor, Pemain Hebat dll di sini.

AMERIKA, ASIA, AFRIKA DAN … Indonesia dong pastinya ….

Lomba MotoGP, SportAsia, Olimpiade & Lainnya dari Olahraga.
 

PLM12.com

Kabar Info Peristiwa Sepanjang Tahun Ini.

Panorama Indonesia.

Dunia Islam (Islam World)

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

I K L A N

 


Piala Dunia

“Liga Champions Eropa diadakan setiap tahun khusus untuk klub para juara kompetisi liga sepakbola di Eropa. Rekor paling banyak juaranya masih dipegang oleh klub Real Madrid asal Spanyol. Beberapa negara seperti Spanyol, Inggris dan Italia mendapat jatah otomatis lebih dari satu klub. Meski pesertanya adalah juara liga, namun beberapa juara Champions dimenangkan oleh klub yang bukan juara liga.

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita.