Tips-2 Harian Agar Hidup Sehat Hingga Usia Lanjut

“Bukan berapa lama, tetapi seberapa baik kehidupan Anda ?” (SENECA)

Ide Seneca bagus ketika menulis quote di atas, tapi penulis yakin Anda bisa hidup lebih baik dengan tips-tips berikut :

1. Bergerak dan terus bergerak.
Studi menunjukkan bahwa kesehatan yang buruk ada hubungannya dengan perilaku diam terus menerus, seperti duduk di kursi berjam-2 sehari. Utk mencegahnya, coba bangkit dari kursi lalu sesekali kerja sambil berdiri, boleh juga jalan kaki saat tiba makan siang. Bersama keluarga atau teman, jalan-jalanlah di sore hari. Itu cara yg baik beraktifitas fisik sambil menghabiskan waktu bersama, berinteraksi dgn orang-orang yang Anda cintai. Itu dapat menurunkan tekanan darah,menyeimbangkan kolesterol, mengurangi resiko diabetes dan stres.

2. Segarkan pikiran.
Seperti tubuh, demikian juga otak. Dengan penuaan otak, mentalpun dapat menjadi buruk. Dengan melatih otak agar tetap aktif, Anda akan tetap fit dan bisa mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan usia tua, seperti hilang ingatan, pikun. Berhentinya rutinitas pada orang-2 tua terbukti jadi penyebab depresi dan rasa kesepian. Banyak cara yang dilakukan agar otak tetap sehat dan aktif antara lain :
A) Membaca
Baca buku yang baik bisa menstimulasikan otak untuk mengingat yang detil-detil. Memori baru akan menciptakan jalur di otak dan menguatkan yang sudah ada. Dengan membaca, pikiran tetap encer dan memperkuat ingatan.
B) Mungkin Anda tertarik yg berikut :
Pelajari bahasa lain ! Studi menunjukkan bahwa mempelajari bahasa ke-2 akan meningkatkan memory. Banyak fungsi dari otak yg digunakan, akan lebih baik.
C) Main game.
Catur, kartu, tts, sangat baik untuk memori dan logika. Game-game seperti itu juga dapat menambah jernih mental dan konsentrasi.
3. Makan yang sehat.
Makan bergizi dan diet seimbang, akan membantu memelihara kesehatan, membantu daya tahan fisik dari penyakit yang berhubungan dgn usia tua. Menjaga berat tubuh yang sehat dengan mengontrol kalori yang masuk dan keluar, akan sangat baik.

4. Tertawa.
“Tertawalah selama kamu bisa. Itu adalah obat yg sangat murah.” (Lord Byron).
Jangan lewatkan hari tanpa tawa. Studi menunjukkan keuntungan dari orang tertawa adalah menaikkan batas antibodi untuk memerangi infeksi dan sistem kekebalan tubuh yang baik untuk mengurangi hormon stres. Tertawa bisa meningkatkan perasaan baik dan meringankan beban penyakit. Temukan keasyikan seperti anak-anak di sekitar Anda. Ada banyak kesempatan untuk ketawa dan berbagi dengan orang yang Anda cintai.

5. Tetap berhubungan.
Dukungan keluarga dan teman-teman bisa membantu untuk tetap seimbang dan menikmati hidup. Percakapan sederhana dengan teman-teman atau seseorang yang dicintai mampu menguatkan. Silaturahmi berkaitan dengan tekanan darah yang lebih baik dan harapan hidup lebih lama. Dengan memelihara dan menjaga kesehatan, Anda bahkan dapat melanjutkan belajar dan mengeksplor dunia di usia tua. “Tua bukan berarti hidup sudah selesai I”. Carilah kesenangan yang belum didapat sebelumnya. Seperti yg dikatakan Aldous Huxley : “Rahasia jenius adalah membawa semangat anak-anak ke usia tua, yang berarti tidak pernah kehilangan antusias”.

6. Checkup Tahunan.
Penting pergi ke dokter sedikitnya setahun sekali untuk antisipasi agar Anda tetap berada di level sehat yg proporsional.

Mungkin beberapa dari Anda akan sulit dengan saran-saran tadi. Tapi hal yang penting untuk diingat adalah jangan menyerah. Ingat, perubahan tidak akan terjadi ketika Anda berada di zone yg nyaman.

Sumber :
http://makeItUltraPsychology.wordpress.com
 

Logo Plm12COM

Tentang :
Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G