Tentang Ponsel dan Kata Istilah Gaul Serta Perkembangannya


Teknologi komunikasi internet dengan perangkat untuk mengaksesnya seperti telepon seluler yang dikenal dengan handphone terus berkembang. Gadget tersebut makin memudahkan penggunanya mendapatkan informasi bukan cuma dari Indonesia saja tapi dari seluruh dunia. Teknologi smartphone juga mempengaruhi kehidupan sosial di Indonesia dalam hal berkomunikasi dengan kata istilah yang unik, bisa dibilang kata gaul. Maksudnya … seperti beberapa kata dan istilah beserta artinya yang lahir karena efek dari perkembangan teknologi telepon seluler di daftar berikut :
Casan : Adalah alat untuk mengisi ulang power batere sebuah telepon genggam yang low-bat. Asal katanya adalah charge, kemudian diucapkan orang Indonesia menjadi carjeran dan akhirnya lama kelamaan sampai berubah menjadi casan. Untuk kata kerjanya jadi “ngecas”. Misalnya : “Pak, aku numpang ngecas dong, hape ku lowbat nih, casan ku ketinggalan.”
Cell : Kata ini dipakai untuk akhiran nama toko oleh hampir semua toko handphone dengan segala aksesorisnya, baik yang jual, jasa service, jual beli hp seken dan lain-lain. Misalnya : “NoLEMOT Cell” atau “Rington Cell” dan lainnya.
Fitur : Asal katanya adalah feature. Adalah kelengkapan yang sudah terpasang (built-in) dalam sebuah ponsel. Aplikasi, kamera, RAM dan lainnya adalah contoh fitur-fitur yang tersedia di produk ponsel. Penggunaan kata fitur, paling banyak untuk promosi dan iklan produk smartphone. Misalnya : “Kini hadir dengan fitur yang canggih !” atau “Fitur Yang Spesial Untuk Kamu.”
Gadget :Sebutan untuk peralatan komunikasi yang salah satunya adalah smartphone atau ponsel. Kata gadget ini lahir setelah munculnya telepon seluler.
GB : Singkatan dari Gigabyte, maksudnya adalah ukuran arus data dalam istilah elektronik khususnya komputer dan telepon genggam. Satu GB sama juga 1000 MB. Misalnya : Paketan data 2GB, 3GB, 5GB dan seterusnya.
Hack : Pembajakan ponsel orang lain dengan niat tidak baik. Pelaku hack bisa mengendalikan hape orang lain yang jadi korbannya secara remote dari jarak jauh. Pelaku hack disebut hacker. Pemilik HP biasanya merasakan ada yang nggak normal dengan gadgetnya ketika sedang dihack.
Hape : Istilah gaul untuk HP. Aslinya untuk mengucapkan HP adalah dengan “EitPi”. Namun karena nggak mau ribet, maka orang Indonesia mengucapkannya dengan “hape”. HP adalah kependekan dari handphone. Sedangkan hape adalah bentuk penulisannya, misalnya ketika ngechat, WA-an dan sejenisnya.
Headset : Ini adalah salah satu aksesories untuk ponsel. Headset sama juga earphone dan headphone, alat untuk mendengar musik dan audio lain yang hanya bisa didengar oleh sendiri.
Hotspotan :Kata aslinya adalah hotspot yaitu sebuah fitur di HP yang memungkinkan berbagi atau share koneksi internet kepada pengguna gadget lainnya. Sementara hotspotan adalah istilah gaul yang merupakan kata kerja. Seseorang yang memakai fitur hotspot milik pengguna ponsel orang lain disebut juga sedang hotspotan. Contoh : “Vin, aku numpang hotspotan dulu dong, mau baca WA, belum beli paket soalnya.”
Japri :Kata istilah ini populer sejak hadirnya aplikasi chatting WhatsApp. Japri singkatan dari jaringan pribadi. Karena untuk komunikasi personal, japri dilakukan hanya oleh dua orang saja, di luar group WA.
Keypad : Salah satu perangkat dari HP yang berfungsi untuk mengetik teks untuk chatting, SMS dan aplikasi text editor lain.
Lemot : Sebuah kata gaul yang artinya adalah lambat. Untuk menyebut sebuah ponsel yang sinyalnya lambat, banyak pemilik hp yang memakai kata lemot ini.
“Sorry friend, hape gw kemaren lagi lemot, makanya gak bisa bales WA kamu.”
Lo-Bat :Keadaan power batere sebuah hape yang sudah lemah. Kata aslinya adalah low battery. Dengan demikian agar hp normal lagi, harus dicas dulu. Contoh : “HP ku kayanya cepat banget lo-bat deh ?” “Oh itu baterenya harus ganti, udah nggak bagus.”
MB : adalah singkatan dari Mega Byte, yang merupakan ukuran kapasitas arus data dalam istilah elektronik khususnya komputer dan telepon seluler. Ukuran MB atau megabyte sudah termasuk minim karena sudah ada kapasitas yang GB atau gigabyte bahkan TB atau terabyte yang jauh lebih besar.
Paketan : Kuota data tapi bukan pulsa telepon. Pengguna ponsel kalau mau bisa terkoneksi ke internet harus beli kuota datanya. Berapa harga kuota data ? Itu tergantung besarnya paketan yang dijual dan masa aktifnya.
RAM : Singkatan dari Random Access Memory. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah memori yang bisa diakses. Istilah RAM ini oleh para pengguna ponsel umumnya dipakai untuk menyebut storage atau penyimpanan data yang ada di telepon seluler. RAM ada yang sudah bawaan hp nya sendiri (built-in) ada juga yang external, bisa dicopot, bisa dilepas. Satuan kapasitas RAM disebut dengan GB (Giga Byte).
Misalnya : “Hape kamu RAM nya berapa GB ? Punyaku RAM nya 32 GB.”
Screenshoot : Mengcopy semua yang tampil di layar hp yang sedang aktif. File hasil screenshoot dalam bentuk png. Kalau istilah komputer sama juga print screen.
Selfie : Sebuah kata yang sangat populer yang artinya memotret diri sendiri menggunakan kamera yang ada di ponsel. Selfie asal katanya adalah self, sebuah kata bahasa Inggris yang artinya diri sendiri.
Share Loc : Kependekan dari share location. Karena ponsel sifatnya mobile, bisa berpindah lokasi dengan mudah maka bisa memberikan informasi kepada yang lain di mana posisi Anda berada dengan share loc tersebut.
Sinyal : Penerimaan data di telepon seluler. Semakin kuat sinyal yang diterima, maka komunikasi telepon makin bagus dan stabil. Kalau sinyalnya lemah ? Tentu komunikasinya jadi banyak gangguan. Asal kata sinyal adalah signal.
SMS : Short Message Service adalah kepanjangan dari SMS ini. Sebuah istilah lama dan juga fitur lama tapi masih diperlukan, misalnya untuk proses registrasi aplikasi online, aktivasi member, isi ulang pulsa, kuota dan juga untuk komunikasi teks biasa antar pemakai hp. Anda masih senang dengan fitur SMS ? Iya ! Fasilitas SMS masih tersedia untuk ponsel.
Typo : Kesalahan mengetik huruf secara tidak sengaja ketika chatting maupun SMS. Entah karena terburu-buru atau memang karena ukuran keypadnya kecil. Lawan chatting atau anggota group whatsapp yang melihatnya kalau berkomentar menggunakan kata typo tersebut.
VC : Sebuah singkatan dari Video Call, arti bahasa Indonesianya adalah panggilan video. Salah satu fitur ini bisa digunakan untuk berkomunikasi via handphone dengan tampilan video. Karena memakai video, maka pemakaian kuota datanya cukup besar untuk fitur tersebut.
Beberapa yang disebutkan di atas adalah kata dan istilah lama, tapi karena dipakai terkait dengan teknologi ponsel, kata dan istilah tersebut jadi terkenal. Kenapa jadi terkenal ? Karena ponsel atau smartphone itu barang yang terkenal, maka kata istilah gaulnyapun jadi ikut terkenal.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.