Tentang Mekah, Madinah dan 4 Kota Timur Tengah Lainnya


Di antara ramai pesatnya pembangunan kota modern dan gemerlap, beberapa kota masih sangat sarat dengan nuansa Islam dan itu tidak mungkin terlupakan. Bukan hanya budayanya saja tapi memang erat kaitannya dengan sejarah perjuangan Islam di masa nabi Muhammad SAW dan generasi penerus perjuangannya. Di artikel ini akan dipilih enam kota saja, yaitu :

Kota di Timur Tengah dalam tulisan Arab

1. Kota Mekah. Adalah sebuah kota yang terkenal di dunia. Kalau sudah tiba musim haji, inilah tempat yang didatangi oleh jutaan umat Islam dari seluruh negara untuk memenuhi panggilan Allah SWT. Destinasi utama yang dituju pastinya adalah Masjidil Haram dengan Ka’bahnya, Safa Marwah, Gua Hira dan lokasi religius lainnya di sana.
2. Lalu Madinah. Salah satu kota suci bagi umat Islam ini tentu saling terkait dengan kota Mekah, apalagi jika berbicara tentang sejarah Islam. Ke kota inilah dulu nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah dan membangun beberapa masjid, antara lain mesjid Nabawi dan Mesjid Quba yang juga tak asing lagi.
3. Selain Mekah dan Madinah, ada satu lagi yaitu kota Yerusalem. Ini juga sangat bernilai historis bagi perjuangan agama Islam. Kota Yerusalem adalah juga salah satu kota suci umat Islam. Masjidil Aqso lah yang menjadi tempat singgah Rasulullah SAW, sebelum menuju ke Sidrotul Muntaha, dalam peristiwa yang disebut dengan Isro’ Mi’roj.
4. Baghdad. Ini adalah ibukota dari negara Irak dan terkenal menjadi pusat kebudayaan dan intelektual Islam. Tokoh-tokoh ulama mazhab yang berpengaruh di dunia, terutama imam 4 mazhab, berasal dari kota ini. Tidak bisa diaangkal lagi, kota Baghdad adalah simbol dari tingginya peradaban Islam. Beberapa kali sempat hancur oleh serangan besar yang dilakukan oleh tentara Mongol di abad ke-13 dan dibombardir oleh pasukan Amerika Serikat plus sekutunya dalam Operasi Badai Gurun, namun Baghdad tetaplah Baghdad yang imagenya sangat kuat akan kemajuan Islam.
5. Konstantinopel atau Kota Istanbul, Turki.
6. Kairo. Walaupun posisi kotanya yang juga ibukota dari Mesir ada di benua Afrika. Kota Kairo termasuk wilayah Timur Tengah juga. Lalu apa yang membuatnya istimewa yang berhubungan dengan agama Islam ? Universitas Al-Azhar lah yang membuatnya erat dengan kemajuan peradaban Islam di mata global.
Demikianlah sekilas dari enam kota Timur Tengah yang paling erat terkait dengan agama Islam. Bahkan wisata ke kota-kota tersebut adalah spesial wisata religi, sejarah dan kebudayaan. Ziarah ke makam-makam para sahabat nabi Muhammad SAW, para penerusnya dan ulama-ulama termasyhur lainnya di kota-kota itu jadi salah satu niat utama para pengunjung. Sejarah memang peristiwa yang sudah berlalu. Tapi nilai-nilai moral positifnya harus dijadikan pedoman untuk kehidupan terkini termasuk dalam membangun sebuah kota besar.
 

Referensi Data & Foto :

https://en.wikipedia.org/wiki/Middle_East

Translated & Article Style by : PLM12.com


 

Fenomena Kota Lainnya :
Gedung Pencakar Langit

Burj Khalifa
Salah satu bangunan tertinggi di dunia yang ada di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Tingginya kurang lebih 900 meter.

Negara-negara Yang Termasuk Wilayah Timur Tengah : Arab Saudi, Mesir, Irak, Iran, Turki, Suriah, Israel, Yaman, Yordania, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Palestina, Lebanon, Siprus. Satu-satunya negara Timur Tengah yang terletak di benua Afrika adalah Mesir. Wilayah laut yang sangat strategis di Timur Tengah adalah : Terusan Suez dan Teluk Persia.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.