Tahun Ini Dengan Berita Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Di Dunia

Bermacam-macam kejadian yang pernah ada baik dari dalam maupun luar negeri menjadi warna dan catatan tersendiri di media-media, baik online maupun media cetak serta media elektronik lainnya seperti di televisi. Setiap hari pasti ada saja berita-berita dan peristiwa yang terjadi. Kabar tentang politik, ekonomi, sosial, hiburan entertainmen, teknologi serta olahraga bisa diikuti oleh berbagai kalangan. Dengan perkembangan teknologi media informasi yang sangat cepat, mudah sekali bagi masyarakat dari segala lapisan untuk mengaksesnya. Dengan hanya bermodalkan sebuah gadget atau HP dan koneksi internet, kabar berita dari seluruh dunia termasuk Indonesia dari berbagai sumber terus masuk tanpa henti. Namun sayangnya diantara berita dan peristiwa yang datang setiap hari, ternyata banyak juga kabar berita yang palsu alias bohong yang dikenal dengan istilah hoax. Kejadian dan peristiwa yang dibroadcast di media juga bukan cuma berita dari alam nyata, namun ada saja sumber-sumber yang menayangkan kejadian yang sifatnya misteri, fenomena tentang alam lain,kisah-kisah mistis. Tidak ketinggalan juga berita kejadian bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung, tsunami dan bencana lainnya yang memakan banyak korban termasuk kerusakan materi. Berikut beberapa kabar peristiwa dari beberapa sumber sepanjang tahun ini :
20-05-2018Balap Motor MotoGP.…Pembalap Spanyol, Marc Marquez menjuarai lomba balap motor MotoGP 2018 di sirkuit Bugatti Perancis Minggu. Juara dunia empat kali ini mengungguli pembalap Italia Dani Petruci dari tim Ducati dan Valentino Rossi dari tim Yamaha.
27-05-2018Sepakbola Piala Champion Eropa…Klub raksasa asal ibukota Spanyol, Real Madrid menjuarai liga Champion musim 2017-2018, setelah di final berhasil mengalahkan Liverpool asal Inggris dengan 3-1. Kemenangan El Real ini merupakan yang ketiga secara beruntun alias hattrick, karena mereka juga menjadi kampiun di musim 2015-2016 dan 2016-2017. Lebih lengkap dari final Liga Champion, di sini.
03-06-2018Balap Motor MotoGP…Pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo dari tim Ducati akhirnya menjuarai kejuaraan balap motor MOTOGP 2018 di sirkuit Muggello Italia, Minggu 3 Juni 2018. Lorenzo mengungguli pembalap lain di belakangnya yaitu Andrea Dovizioso juga dari tim Ducati & rider Yamaha Valentino Rossi. Sementara itu jagoan dari Repsol Honda, Marc Marquez tidak mendapatkan podium dan gagal mendapatkan angka.
Informasi Lain dari Lomba balap motor MotoGP.
06-06-2018…Teknologi…Di masa mendatang, pesawat penumpang tidak ada jendelanya ? Dengan menggunakan kamera fiber optik yang berfungsi sebagai jendela virtual (virtual windows), penumpang di dalam pesawat dapat melihat pemandangan di luar dengan sangat baik bahkan lebih bagus dibanding dengan mata telanjang” demikian dikatakan president Emirates, Sir Tim Clark. Selain itu, tanpa jendela, pesawat jadi lebih ringan, lebih cepat & dapat terbang lebih tinggi. Konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat. Jendela virtual tersebut telah ada di kabin kelas satu pesawat Boeing 777-300ER milik Emirates. Namun beberapa pakar keselamatan penerbangan mengatakan tentang masih pentingnya jendela biasa untuk bisa melihat keluar untuk kepentingan darurat para kru kabin & evakuasi, misalnya kebakaran. Pertimbangan lain adalah tentang refresh rate layar jendela virtual itu, apakah bergetar ? Bagaimana efek terhadap orang yang melakukan penerbangan panjang. Seorang pakar lain secara pribadi mengatakan bahwa jendela biasa tidak akan tergantikan. Sumber : bbc.com
07-06-2018 Internasional…Bayi perempuan baru lahir dikubur hidup-hidup, diselamatkan setelah tujuh jam terkubur. Kepolisian Brasil di Xingu Park di negara bagian Mato Grosso menyelamatkan bayi itu dalam keadaan tali pusatnya masih menempel di perut. Nenek sang bayi yang berusia 57 tahun telah ditahan dan menghadapi tuduhan usaha pembunuhan. Namun keluarganya menganggap bayi itu sudah meninggal akibat kepalanya membentur lantai. Kepolisian mencurigai ibu remaja bayi itu yang berusia 15 tahun dan juga ayah bayi yang menolak bahwa itu adalah anaknya. Setelah diselamatkan, sang bayi dilarikan ke perawatan intensif di Boa Agua Hospital karena mengalami hypothermia dan masalah pernafasan. Sumber : https://www.independent.co.uk/.
11-06-2018Teknologi…Pemerintah kota Tokyo akan membangun jalan raya yang disebut dengan Solar Road, di mana di balik permukaan jalan itu terpasang panel-panel surya untuk mengumpulkan energi.dari sinar matahari. Usaha ini bertujuan untuk memperkenalkan kota Tokyo kepada masyarakat baik lokal maupun luar negeri sebagai kota yang ramah lingkungan, menjelang Olimpiade 2020. Pemerintah kota Tokyo telah fokus untuk teknologi baru yang menggunakan sumber energi yang bisa diperbaharui, seperti fasilitas yang dimiliki pemerintah Tokyo dan lokasi lain di tahun berikut. Permasalahannya adalah dengan komponen yang tidak diproduksi secara masal, maka biayanya menjadi mahal. Di Perancis, biaya untuk pembuatan solar road sepanjang satu kilometer sebesar 4,4 juta Euro. Sumber : https://www.independent.co.uk/.
17-06-2018Balap Motor MotoGP 2018…Pembalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo dari tim Ducati sukses menjuarai seri kejuaraan balap motor MOTOGP di sirkuit Catalunya Spanyol, Minggu 17 Juni 2018. Lorenzo finish tercepat, disusul rider Spanyol lain yaitu Marc Marquez dari Repsol Honda & Valentino Rossi dari tim Yamaha. Sukses tersebut adalah secara beruntun bagi Lorenzo, karena Minggu lalu di sirkuit Mugello Italia, dia juga menjadi juara pertama. Informasi Lain dari Lomba balap motor MotoGP.