Untuk Mengobati Rasa Jenuh dan Stres, Apa Resepnya ? Hiburan !

Kalau kebetulan kamu lagi merasa suntuk atau jenuh, maka carilah hiburan untuk refreshing. Jangan dipaksa terus untuk bekerja. Suasana baru bisa membuat kejenuhan yang diakibatkan rutinitas jadi terobati. Banyak pilihan jenis hiburan yang dalam bahasa asingnya disebut entertainment. Semua tergantung selera masing-masing. Tetapi jangan berlebihan untuk mencara hiburan.
Nikmati musik dan lagu adalah salah satu pilihannya. Sejak dari jaman klasik ratusan tahun yang lalu hingga era kekinian atau jaman now, entertainment yang bermodalkan komposisi dan ekspresi nada-nada tersebut melalui vokal seorang penyanyi dan diiringi berbagai macam alat musik, selalu menemani orang dari masa ke masa di suasana tertentu. Piihan genrenya pun bermacam-macam. Mau pop, rock, jazz atau dangdut ? “Yang enak musik apa ?” “Silahkan pilih salah satu lalu nikmati !” Dari mulai yang menggunakan alat akustik hingga instrumen elektrik bahkan digital komputer. “Kalau musik etnik daerah bisa untuk hiburan nggak ?” “Bisa banget !” Jadi ketika rileks juga bisa sambil menghargai dan mencintai karya seni budaya bangsa sendiri.
Walaupun diciptakan memang untuk sekedar hiburan, tapi ada juga sebuah lagu dengan lirik-lirik yang diciptakan untuk menyampaikan pesan-pesan khusus, syairnya yang religius, lirik lagu untuk perjuangan dan kata-kata untuk membangkitkan motivasi dan lainnya, it’s ok ! Berarti sewaktu kamu menghibur diri juga bisa belajar memahami apa pesan-pesan dari si pencipta lagu.
Selain sekedar untuk sarana hiburan, musik dan lagu bahkan bisa menjadi bisnis besar bagi para pelaku yang terlibat di dalamnya. Itu salah satu istilah yang disebut dengan industri entertainment.
Oke ! Selanjutnya pilihan lain untuk menghibur juga bisa dengan menonton karya sinema film, baik film layar lebar maupun di televisi, bahkan sekarang ada pula film-film yang bisa diakses lewat internet, meski nggak banyak, karena untuk bisa nonton film itu harus bayar. “Kalo yang gratis ada nggak ?” “Ada ! Tapi cuplikannya aja alias thriller”
Melalui sebuah gadget seperti smartphone dan ponsel, film dari bermacam-macam tema bisa disaksikan di layar yang kecil sebuah HP. Sebuah karya film dibuat untuk menghibur penonton. Bagaimanapun seriusnya sebuah film, seseram-seramnya cerita movie yang bisa memacu adrenalin, tetap saja di bagian-bagian tertentu ada treselip adegan ringan yang dibuat untuk menghibur penonton. Film action yang seru dengan latar belakang perang terkadang ada bumbu-bumbu drama romantisnya. Bahkan bagi mereka yang memang pada dasarnya suka dengan film horor, tetap saja suka menontonnya. Barangkali karena mereka ada yang ingin mempelajari proses jalannya alur sebuah film dari awal sampai akhir, sampai tidak mempedulikan serem atau tidaknya film tersebut. Maka selesai nonton film terseut dari awal sampai akhir, mereka sudah cukup terhibur.
Kamu senang dengan film komedi ? Bisakah untuk konsumsi hiburan ? Ya sudah pastinya ! Itu memang film segar dan lucu. Dibuat dengan cara apapun agar bukan sekedar bisa bikin orang terhibur tapi juga membuat orang jadi tertawa. Kamu tidak ketawa ketika menyaksikan film komedi ? Jika iya, itu bisa membuat orang-orang di sekitar malah pada menertawakan kamu. Film komedi memang benar-benar film ringan, meski di dalam film komedi juga ada terselip pesan-pesan tertentu. Semua tergantung sutradara dan skenarionya. Sejak jaman Charlie Chaplin dan juga di dunia film Indonesia dengan salah satu kelompok terkenalnya yaitu WARKOP DKI, film jenis komedi selalu menjadi salah satu hiburan. Entertainmen dari dunia film, seperti juga dari musik dan lagu, ada tema-temanya, dari mulai tema drama, action, religi, horor dan komedi seta banyak lagi. Begitulah entertainment dari dunia film. Seperti juga musik yang bisa menjadi sebuah industri, begitu juga dengan dunia perfilman.
Baiklah sekarang beralih ke dunia olahraga. “Dunia ini juga bisa jadi hiburan ?” “Silahkan deh tonton aksi-aksi spektakuler para atlit olahraga baik dari Indonesia sendiri maupun dari luar negeri, internasional !” Baik yang masih kelas amatiran maupun level profesional hingga atlit-atlit kelas dunia. Banyak yang luar biasa menghibur di sana. Olahraga bukan cuma aktifitas fisik untuk tubuh sehat saja. Unsur hiburan dari arena olahraga tidak kalah menariknya dengan entertainment panggung musik dan dunia sinema perfilman. Bahkan banyak para atlit yang karena performancenya menarik perhatian berbagai kalangan sampai kalangan dari luar dunia olahraga, penampilannya menawan dan memikat, seorang sutradara dan produser film ada yang tertarik mengajaknya berakting untuk tampil menjadi salah satu pemeran di sebuah film. Misalnya film tentang suka duka perjalanan karir seorang atlit tinju yang legendaris. Tak ketinggalan juga dari dunia balap, bela diri dan olahraga binaraga. Tidak sedikit pula seorang atlit yang karena penampilannya cocok untuk sebuah produk fashion, produsen busana merek terkenal, khususnya pakaian olahraga, dikontrak dengan bayaran yang mahal untuk iklan untuk jangka waktu tertentu. Nah model iklan yang diperankan seorang atlit terkenal akhirnya jadi entertainment tersendiri bagi yang melihatnya. Baik yang mengenal bintang iklan itu adalah atlit top maupun yang tidak mengenalnya. Produk fashion lain di luar pakaian olahraga juga banyak yang mengontrak atlit ngetop untuk promosi. Misalnya parfum, perhiasan dan perlengkapan sehari-hari.
Lintas Entertainment. Ini masih berhubungan dengan ketiga hiburan yang telah disebutkan di atas tadi yaitu dunia musik, film dan arena olahraga. Begini pengertian tentang lintas entertainment : Di sebuah acara olahraga yang tengah berlangsung misalnya turnamen sepakbola atau kejuaraan balap otomotif kadang-kadang ada penampakan seorang artis film top. Lagi ngapain dia ? Ya lagi nonton lah ! Kehadiran artis beken tersebut tentu saja jadi hiburan tersendiri bagi penonton olahraga yang datang ke stadion atau di sirkuit. Bagi yang kebetulan juga sedang jenuh, ngantuk nonton acara olahraga di stadion, itu akan menjadi obat suntuk dengan melihat sang artis. Perhatianpun sejenak beralih dari arena olahraga ke seorang publik figur. Bahkan boleh jadi tidak sedikit penonton yang datang ke stadion atau sirkuit balapan hanya untuk bertemu artis yang nonton juga. Karena sebelum pertandingan sudah ada kabar ada artis yang nonton. Jadi ada juga penonton yang datang ke stadion bukan untuk nonton bola atau balap, tapi untuk ketemu artis terkenal.
Kalau atlit terkenal ada juga nggak yang nonton film atau konser musik ? Tentu saja ada ! Atlit kan juga manusia biasa. Kadang-kadang merasa jenuh dengan padatnya jadwal latihan dan juga pertandingan yang ketat. Maka di waktu senggang, mereka mencari hiburan yang antara lain nonton film di bioskop dan datang ke sebuah konser musik. Bahkan ada juga diantaranya malah mencuri waktu di saat latihan untuk ngelayap cari hiburan tadi. Resikonya ? Bisa mendapat teguran keras dari pelatihnya.
Kolaborasi antara dunia musik dengan olahraga juga sering terjadi. Misalnya event piala dunia, Olimpiade dan acara-acara olahraga lainnya. Sebuah lagu terpilih untuk menjadi tema event tersebut. Itulah yang disebut lagu tema atau theme song. Kolaborasi antara musik dan lagu dengan sebuah film juga selalu ada. Beberapa lagu pasti terpilih untuk menjadi tema lagu untuk sebuah film. Itu yang disebut dengan sound track.
Lalu adakah kolaborasi antara film dengan sebuah lagu ? Adalah ! Banyak lagu-lagu dan musik yang tercipta karena hasil inspirasi dari sebuah film.
Bagaimana dengan di luar acara resmi ketiga jenis entertainment tadi ? Ada ! Seorang artis film ngetop yang lagi jalan-jalan di mall juga bisa jadi hiburan tersendiri bagi pengunjung lain. Atau di tempat-tempat umum lain deh. Kamu mau minta tanda tangan artis ? He he he..kayanya nggak jamannya lagi kali yah ? … Sekarang kan udah ada hape, jadi bisa foto bareng. Itu juga kalau artisnya mau, kalau nggak mau ?… Ya udah, belaga selpi aja deh dengan latar belakang si artis tadi. Abis itu update status deh di sosmed. Like !!
Misalnya lagi dalam sebuah momen ada musisi top yang lagi mengisi bensin kendaraannya di SPBU. Itu juga bisa jadi entertain tersendiri bagi pembeli BBM lain yang lagi ngantri dan gratis ! Begitu juga dengan atlit terkenal yang kebetulan tidak sedang berlaga bertanding di arena.
Atau boleh jadi juga kehadiran artis, musisi dan atlit terkenal di luar event dan bukan sedang berlaga di arena, malah berkesan biasa-biasa aja ? Biasanya orang yang menganggap biasa-biasa saja adalah tetangganya atau juga saudaranya. Atau …… kamu ini tetangganya artis top atau saudara dekatnya ? Bagaimana perasaanmu kalau punya sodara atau tetanggaan sama orang yang top ? Kalau hampir setiap hari ketemu memang jadinya biasa-biasa aja yah, apalagi sering ngobrol. Atau mungkin jugaaa …. kamu yang sedang membaca artikel ini adalah seorang artis terkenal ? Okeh ! Surprise ! … Salam kenal yah !
Baiklah begitulah sekilas tentang entertainment yang sudah menjadi salah satu bagian dari aktifitas keseharian. Semoga bisa terhibur dan kembali beraktifitas.
 

Serba-Serbi Entertainment Lainnya :