Sepakbola Piala Eropa Dan Negara-Negara Yang Pernah Juara

Turnamen Piala Eropa
Turnamen Piala Eropa tahun 2020 merupakan yang pertama kalinya akan diselenggarakan di 13 negara.
Piala Eropa UEFA dalam setiap penyelenggaraannya selalu menarik perhatian seluruh dunia termasuk Indonesia. Boleh jadi turnamen empat tahunan ini hanya kalah pamor dengan Piala dunia FIFA. Berikut adalah negara-negara yang pernah menjadi juara Piala Eropa :

1. UNI SOVIET. Negeri yang belum terpecah menjadi beberapa negara di Eropa Timur ini sukses menjuarai Piala Eropa yang diadakan pertama kailnya pada tahun 1960. Dengan mengalahakan kesebelasan Yugoslavia dengan skor 2-1. Piala Eropa UEFA yang pertama kali ini digelar di Perancis dan hanya diikuti oleh empat kesebelasan.

2. TIM MATADOR SPANYOL yang juga merupakan tim tuan rumah akhirnya sukses untuk menjadi juara Piala Eropa pada tahun 1964 ini dengan menekuk tim juara bertahan sebelumnya yaitu Uni Soviet dengan skor tipis 2-1.

3. Piala Eropa yang ketiga diadakan di negeri Pisa Italia pada tahun 1968. Dengan dukungan penuh penonton, TIM TUAN RUMAH ITALI pun merebut gelar juara untuk pertama kalinya dengan mengalahkan tim dari Eropa TImur yaitu tim Yugoslavia dengan skor 2-0.

4. Kali ini TIM JERMAN yang masih bernama Jerman Barat kebagian untuk juara Piala Eropa pertama kalinya dengan mengalahkan kesebelasan Uni Soviet dengan skor cukup meyakinkan yaitu 3-0. Bertindak sebagai tuan ruma di kejuaraan ini adalah negara Belgia yaitu pada tahun 1972.

5. Yugoslavia yang belum terpecah menjadi beberapa negara, menjadi tuan rumah Piala Eropa UEFA yang kelima pada tahun 1976. Namun tuan rumah belum bisa memanfaatkan sebagai tuan rumah untuk juara, karena Piala Eropa diraih oleh tim Eropa TImur lainnya yaitu CEKOSLOVAKIA dengan mengalahkan tim Panser Jerman Barat dengan adu penalti yang pertama kali dengan angka 5-3.

6. Pada tahun 1980 Negeri Pisa Italy kembali menjadi tuan rumah Piala Eropa berikutnya. Namun juaranya kembali diraih oleh TIM PANZER JERMAN BARAT dengan mengalahkan tim Belgia dengan angka 2-1. Tim Azzuri sendiri menempati posisi keempat di ajang tersebut.

7. Tim Perancis. yang pada saat itu diperkuat oleh trio maut yang terdiri dari Michelle Platini, Alain Girese dan Jean Tigana dengan mantap menjuarai Piala Eropa yang diadakan di Perancis pada tahun 1984 dengan mengalahkan tim Matador Spanyol dengan skor 2-0.

8. Jerman Barat menjadi tuan rumah Piala UEFA di tahun 1988, namun juaranya direbut oleh TIM ORANYE BELANDA yang diperkuat oleh trio yang terkenal di era tersebut yaitu Ruud Gullit, Marco Van Basten dan Frank Rijkaard. Tim Belanda sukses menekuk tim beruang merah yaitu Uni Soviet dengan skor 2-0.

9. Tim Underdog Denmark yang juga mendapat julukan tim dinamit, berhasil mencuri perhatian dunia sepakbola dengan mengalahkan tim unggulan waktu itu yaitu tim Jerman Barat dengan skor 2-0. Piala Eropa UEFA yang diadakan tahun 1992 tersebut bertindak sebagai tuan rumah adalah negara Skandinavia yaitu Swedia.

10. Untuk pertama kalinya Jerman Barat yang sudah bersatu dengan Jerman Timur dan menjadi TIM JERMAN sukses menjuarai Piala Eropa tahun 1996 di Inggris dengan mengalahkan tim Ceko dengan angka 2-1. Piala Eropa kali ini adalah yang pertama kalinya menerapkan sistem sudden death golden goal, yaitu tim yang mencetak gol pertama kalinya pada saat perpanjangan waktu atau extra time maka tim itulah sebagai pemenang. Oliver Bierhoff yang pertama kalinya sebagai pencetak Golden Goal.

11. Tim Ayam Jantan Prancis kembali menjadi kampiun Piala Eropa yang diadakan di dua negara yaitu Belgia dan Belanda pada tahun 2000. Perancis yang sebelumnya menjadi juara Piala dunia tahun 1998 dan sudah diperkuat oleh pemain hebat Zinedine Zidane berhasil mengalahkan Italia dengan skor 2-1 yang juga diwarnai dengan sudden death atau golden goal.

12. Piala Eropa kali ini juga melahirkan kejutan karena TIM UNDERDOG YUNANI yang menjadi peserta pengganti tim Ceko, sukses menjuarai Piala Eropa tahun 2004. Tim Portugal sebagai tuan rumah yang waktu itu diperkuat oleh pemain-pemain hebat seperti Luis Figo, Rui Costa, Fernando Couto dll, tak mampu mengungguli disiplinnya tim Yunani. Portugal pun kalah dengan skor tipis 1-0.

13. Austria dan Swiss kali ini bertindak sebagai tuan rumah piala Eropa tahun 2008, namun tim mana yang sukses waktu itu ? Yaitu TIM MATADOR SPANYOL. Tim yang waktu itu memperkenalkan permainan tiki-taka gaya mereka, berhasil mengalahkan tim panser jerman dengan skor tipis 1-0. Pencetak gol tunggal di final tersebut yaitu Fernando Tores.

14. Dua negara Eropa Timur yaitu Polandia dan Ukraina menjadi tuan rumah Piala Eropa 2012. TIM TIKI TAKA yang diperkuat pemain-pemain berbakat seperti Iker Casilas, Andres Iniesta, David Silva, Xavi Hernandez dll, SPANYOL pun kembali sukses untuk kedua kalinya secara berturut-turut mengangkat trofi Piala Eropa setelah mengalahkan dengan skor telak tim azzuri Italy dengan angka 4-0.

15. Piala Eropa tahun 2016 diadakan di negeri Perancis. Tim manakah yang akan menjadi juaranya kali ini ? Jerman, tuan rumah Prancis, Inggris atau Italy atau tim yang lainnya ?
 
Yang pasti dalam setiap turnamen seperti PIALA EROPA ini ada saja yang menjadi daya tarik, seperti tim underdog yang bisa saja membuat kejutan.
 

 

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita.

 

Dunia

Piala Dunia sepakbola yang diselenggarakan oleh FIFA diadakan setiap empat tahun sekali. Pertama kali digelar pada tahun 1930 di Uruguay Amerika Selatan. Selama penyelenggaraan event akbar tersebut, hingga kini kesebelasan dari negara-negara yang ada di benua Eropa dan Amerika Latin silih berganti memenangkan piala dunia tersebut.