Sebutan-Sebutan Dari Tim Bola Dengan Julukan Nama Hewan


Sebutan yang ditujukan untuk sebuah kesebelasan dan juga seseorang, nggak kalah penting. Antara lain sebagai pengenal, sebagai tanda keakraban, untuk menjadi menarik bahkan untuk bahan promosi agar khalayak ramai lebih mudah mengingatnya. Contohnya sebuah tim sepakbola. Salah satu objek yang dipakai untuk keperluan tersebut adalah dengan penggunaan nama-nama hewan atau satwa. Banyak sekali kesebelasan, baik dalam negeri maupun luar negeri melakukannya, antara lain. Dimulai dari klub sepakbola Indonesia dulu :
1. Maung Bandung. Ini adalah sebutan yang terkenal untuk tim asal Kota Kembang, Bandung. Maung itu berarti harimau, cukup menyeramkan memang. Artinya kesebelasan asal Jawa Barat ini permainannya cukup disegani. Prestasi tim Maung Bandung alias Persib termasuk di jajaran papan atas. Gelar Liga Indonesia pernah dijuarainya.
2. Singo Edan. Kalau tim dari Jawa Barat tadi memakai nama harimau, maka salah satu klub Indonesia dari Jawa Timur nggak kalah sangar julukannya, yaitu Singo Edan. Ini julukan untuk tim papan atas Liga Indonesia lain yaitu Arema Malang. Prestasinya ? Klub asal kota dingin,Malang ini terbilang cukup bagus untuk kompetisi sepakbola Indonesia.
3. Macan Kemayoran. Bagaimana dengan klub bola asal Jakarta ? Klub sepakbola kesayangannya tentu nggak mau kalah. Macan Kemayoran ! Kenal sama macan ? Ya ! Nama satwa galak namun eksotis itulah julukannya yang sempat ngetop. Dalam setiap pertandinganya, tim Macan Kemayoran dengan dukungan suporternya yang disebut Jak Mania, selalu meramaikan dan menggairahkan sepakbola tanah air.
4. Tim Garuda. Untuk tingkat nasional, kesebelasan Indonesia juga punya nama yang menggunakan jenis dari seekor burung yang juga dipakai menjadi lambang negara, yaitu Burung Garuda. Gambar burung yang perkasa itu selalu terpampang di bagian dada pada kostum seluruh anggota pemain yang ikut serta berlaga memperkuat PSSI di manapun. Kesebelasan Tim Garuda Indonesia atau PSSI, pernah diperhitungkan di tingkat Asia.
<5>. Ayam Jantan Dari Timur. Dari Sulawesi, salah satu klub kontestan liga sepakbola utama Indonesia memakai nama jenis unggas ini. PSM Makasar dengan sebutan Ayam Jantan Dari TImur selalu berada di jajaran atas liga sepakbola nasional Indonesia.
<6>Paus Biru Raksasa. Masih dari Sulawesi tapi wilayah utara. “Paus Biru Raksasa”. Itulah julukan tim Manado.United 9. Klub ini juga ikut kompetisi sepakbola Indonesia. Tim Paus Biru Raksasa bermarkas di Stadioh Klabat, Manado, Sulawesi Utara.
7. Beruang Madu. Ini menjadi julukan atau sebutan untuk tim kesebelasan Persiba Balikpapan. Salah satu klub sepakbola terkenal di liga Indonesia ini berasal dari propinsi Kalimantan Timur. Di setiap laga kandangnya, kesebelasan Persiba Balikpapan bermain di Stadion Batakan.
Oke, Football Fans ! Tujuh tim bola dari Indonesia dengan sebutan nama hewannya telah dibahas. Sekarang menuju ke sepakbola mancanegara. Dimulai dari :
1. Tim Ayam Jantan. Ini adalah sebutan untuk tim nasional Perancis, sang juara dunia dua kali, FIFA. World Cup 1998 di Perancis dan tahun 2018 di Rusia, menjadi titel kebanggaan mereka. Salah satu kekuatan sepakbola Eropa ini juga pernah memenangi gelar piala Eropa pada tahun 1984 dan tahun 2000. Tim Ayam Jantan memberikan warna tersendiri di dunia sepakbola.
2. The Three Lions. Tim nasional Inggris punya julukan yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia.menjadi “Tiga Singa”. Sebutan Three Lions selalu menyertainya kemanapun Inggris turun merumput. Bagaimana dengan prestasi ? Timnas Inggris untuk gelar juara dunianya masih di bawah Azzuri Italia atau Panzer Jerman juga timnas Perancis. The Three Lions baru satu kali juara piala dunia di tahun 1966. Meski begitu, sepakbola Inggris tetap menarik untuk ditonton, terutama Liga Primernya.
3. Elang Afrika. Masih untuk tim nasional. Inilah julukan timnas Nigeria. Negara ini adalah satu kekuatan sepakbola dari Afrika. Beberapa kali pernah tampil di putaran final piala dunia. Sang Elang Afrika juga pernah menyabet medali emas sepakbola Olimpiade musim panas lalu.
4. The Zebra. Sesuai juga dengan kaos kostum utamanya memang, yang belang hitam putih. Ya ! Itulah sebutan untuk Juventus, klub elit liga seri-A Italia. Zebra adalah salah satu jenis kuda dengan warna corak kulitnya yang khas. Untuk prestasi di seri-A , Juve (panggilan lainnya dari Juventus) memang cemerlang, karena sudah puluhan kali meraih Scudetto. Di level Eropa juga cukup bagus. The Zebra pernah mengangkat trofi piala Champions sebanyak satu kali.
5. The Foxes. Ini sebutan untuk tim Leicester City yang pernah juara liga Primer Inggris musim 2015-2016, Leicester City. The Foxes artinya hewan rubah.
6. The Owl. Masih dari Inggris, Sheffield Wednesday FC, memakai julukan hewan ini. Apa artinya owl ? Yaitu burung hantu. Sheffield Wednesday FC alias The Owl adalah klub penghuni papan tengah di liga Inggris.
7. The Lions. Sebutan keren ini dipakai untuk salah satu tim liga Primer Inggris, Aston Villa yang didirikan pada tahun 1874. prestasi si Singa alias The Lons juga cukup oke, di dalam negeri sendiri baik seperti piala FA dan liga, maupun untuk level internasional.
8. The Black Cats. Sunderland salah satu klub liga primer Inggris menggunakan nama julukan dengan kucing hitam atau the Black Cats. tim yang juga merupakan tetangga dari klub Newcastle United, prestasinya di sepakbola Inggris cukup bagus dengan meraih beberapa titel juara seperti piala FA pada tahun 1937.
9. The Eagles. Sebelum nama seekor burung disematkan untuk klub, Crystal Palace asal kota London, menjuluki mereka dengan the Glaziers pada tahun 1973. prestasi The Eagles, klub yang bermarkas di Selhurst Park ini pernah mencapai final piala FA pada tahun 1990.
10. The Peacocks. Dalam bahasa Indonesia artinya burung merak. Leeds United salah satu klub sepakbola liga Primer Ingggris memakai nama jenis burung yaitu the Peacocks yang artinya merak. Untuk prestasi, Leeds United yang juga memiliki julukan the Whites, cukup lumayan untuk level kompetisi Inggris dengan memenangkan satu gelar piala FA dan piala liga.
11. Le Aquile. Julukan ini.untuk disematkan ke salah satu klub seri-A Italia, Lazio. Le Aquile artinya seekor burung elang. Klub asal ibukota Italia ini performanya terbilang oke. Mereka pernah meraih gelar liga seri-A Italia alias Scudetto pada musim kompetisi.1974 dan musim 2000, serta beberapa prestasi lain di level Eropa.
12. I Veltri. Kalau dalam bahasa Inggris sama juga The Greyhounds, salah satu jenis anjing. Klub yang julukannya memakai nama sangar ini adalah Bologna, saĺah satu peserta liga Seri-A Italia. I Veltri alias Bologna juga pernah menjadi skudeto sebanyak empat kali. Tapi itu diraihnya sebelum perang dunia kedua. Hmm..sebuah memori indah masa lalu.
13. The She Wolf. Bahasa Italianya La Lupa yang berarti serigala betina. Nama ini digunakan oleh klub AS Roma sebagai julukannya. Di liga Seri-A Italia, The She Wolf pernah meraih skudeto sebanyak tiga kali. Sebetulnya klub yang berasal dari ibukota Italia ini lebih dikenal dengan julukan I Giallorossi yang artinya warna kuning merah.
14. Tim Kuda Hitam. Istilah ini dipakai untuk satu kesebelasan sepakbola yang kurang diperhitungkan kehadirannya di sebuah gelaran sepakbola. Meski bisa saja membuat kejutan dengan mengalahkan tim-tim unggulan dalam satu kejuaraan. Contoh tim Kuda Hitam antara lain : Denmark dan Yunani, di piala Eropa tahun 1992 dan 2004.
Beberapa julukan tim-tim yang telah disebutkan di atas tadi adalah salah satunya. Bisa saja mereka punya julukan lain selain nama hewan. Selain sebuah tim sepakbola, tentu saja ada juga klub cabang olahraga lain yang sebutannya memakai nama jenis hewan.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Serba-Serbi Lainnya :
lap bola

Berhubungan dengan Sepakbola : Kompetisi – Liga – Turnamen – Kiper -Striker – Gelandang – Bek – Stadion – Wasit – Penalti – Sepak pojok – Playmaker – Kostum – Jersey – Hakim Garis – Suporter – Pelatih – Sponsor.

Negara-negara dengan prestasi sepakbola : Brasil – Inggris – Perancis – Belanda – Jerman – Italia – Argentina – Uruguay – Spanyol – Portugal – Kroasia – Nigeria – Amerika Serikat – Denmark – Yunani – Korea Selatan

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.