Runner Up Di Piala Dunia Sepakbola


Halo Penggemar sepakbola,

Runner-up adalah tim yang jadi finalis tapi kalah oleh yang juara pertama. Bisa juga dikatakan bahwa runner-up itu juara kedua. Yang jadi finalis adalah dua kesebelasan sepakbola yang bertanding di partai final perebutan juara pertama. Sejak pertama piala dunia FIFA diadakan, runner-up ada yang dicapai oleh kesebelasan yang pernah juara dunia adapula yang belum pernah. Inilah para runner-up tersebut :
Di event pertama World Cup di tahun 1930, Argentina punya peluang jadi jawara untuk pertama kali. Namun tuan rumah Uruguay menggagalkannya. Argentina akhirnya jadi runner-up pertama piala dunia.
Tahun 1934, Cekoslovakia menyusul Argentina sebagai juara kedua sepakbola piala dunia. Finalis ini dikalahkan oleh tuan rumah Italia di partai puncak.
 
Selengkapnya Tentang Para Juara Dunia Sepakbola. Sentuh Di Sini !
 
Kesebelasan Hongaria menjadi tim yang ketiga yang menjadi runner-up sepakbola piala dunia. Hongaria menjadi finalis pada tahun 1938 di Perancis dan ditundukkan oleh Italia di grand final.
“Selecao” Brasil tidak bisa memanfaatkan keuntungannya sebagai tuan rumah untuk jadi juara dunia, karena takluk di tangan kesebelasan Uruguay pada tahun 1950. Tim Brasil pun jadi runner-up untuk pertama kalinya.
Di piala dunia tahun 1954 Hongaria menempati posisi kedua lagi karena kalah bersaing dengan Jerman Barat ketika bertanding di final yang diadakan di Swiss.
Swedia sebagai host piala dunia di tahun 1958 kalah kelas dengan Brasil ketika main di laga final. Tim Swedia pun hanya menempati posisi kedua di akhir turnamen.
Pada tahun 1962, timnas Cekoslovakia juga berada di posisi kedua di akhir turnamen setelah kalah bersaing dengan Brasil di partai puncak yang digelar di Chili.
Runner-up piala dunia tahun 1966 adalah Jerman Barat setelah di pertemuan babak final ditundukkan oleh The Three Lions Inggris di stadion Wembley Inggris.
Italia tercatat sebagai tim yang menempati posisi juara kedua piala dunia tahun 1970 di Meksiko. Azzurri harus mengakui ketangguhan tim Samba Brasil di pertandingan final.
Tim nasional Belanda meski memainkan sepakbola gaya Total Football yang impresif namun takluk juga di tangan Jerman Barat yang menjadi tuan rumah pada tahun 1974.
Belanda secara beruntun menjadi runner-up. Tim Oranye kembali harus menerima kekalahan finalis lain yang menjadi lawannya di final yaitu Argentina pada tahun 1978 di kota Buenos Aires, Argentina.
Di piala dunia tahun 1982 di Spanyol, timnas Jerman Barat hanya menjadi runner-up ketika melakoni laga grand final, kalah oleh tim Azzurri Italia.
Lagi-lagi Jerman Barat tembus ke partai puncak piala dunia 1986 di Meksiko, tapi Die Manschaft kembali kandas karena dikalahkan oleh Diego Maradona dan kawan-kawannya yang membela kesebelasan Argentina dengan skor tipis 2-3.
Di piala dunia di Italia tahun 1990, Maradona dan rekan-rekannya di tim Tango Argentina berhasil mencapai babak final dan bertemu lagi dengan Jerman Barat, tapi saat itu tim Tango lah yang harus puas menjadi runner-up setelah dijegal oleh finalis yang sama tersebut di tahun 1986 lalu.
Kesebelasan Italia gagal menjadi kampiun di piala dunia 1994 di Amerika Serikat. Roberto Baggio cs harus pulang ke negerinya sebagai status runner-up karena kalah dramatis dengan adu penalti kontra tim Samba Brasil di final.
Brasil dengan tim yang solid pun tidak mampu menandingi tim Ayam Jantan Perancis yang dipimpin oleh Zinedine “Zizou” Zidane di penentuan juara dunia di Perancis pada tahun 1998. Brasil adalah finalis piala dunia di Perancis.
Jerman yang sudah bersatu mandapat giliran sebagai penyandang predikat runner-up piala dunia FIFA tahun 2002 di Korea Selatan-Jepang setelah Ronaldo dan teman-temannya yang membela Brasil mengalahkan mereka di pertandingan perebutan juara pertama.
Tim Perancis adalah juara kedua dunia sepakbola di Jerman pada tahun 2006. Italia mampu meredamnya untuk berambisi jadi juara kala itu.
Di tahun 2010, Belanda jadi runner-up lagi. Tim mana yang menggagalkan tim Oranye untuk jadi juara dunia pertama kalinya ? Adalah tim Matador alias Spanyol ketika mereka bertarung di Afrika Selatan.
Kesebelasan Argentina yang diperkuat oleh Lionel Messi berhasil tampil di final tahun 2014 di Brasil. Namun langkah mereka dihadang oleh gol semata wayang Mario Gotze dan tim Nasional Jerman. Argentina harus puas menjadi runner-up saja.
Kesebelasan Kroasia untuk pertama kalinya mampu mencapai babak final turnamen sepakbola piala dunia yang berlangsung di Rusia pada tahun 2018. Namun laju Luca Modric dan kawan-kawan terganjal oleh permainan tim Ayam Jantan Perancis. Kroasia pun harus puas untuk menduduki peringkat dua dunia di turnamen tersebut.
Finalis sekaligus runner-up piala dunia tahun 2022 yang berlangsung di Doha, Qatar tentu belum ada. Namun finalis dan runner-up nanti bisa saja dari tim yang sudah pernah juara dunia, tim yang pernah jadi runner-up dan tim yang sama sekali baru mencapainya.

 

Serba Serbi dari Piala Dunia Lainnya :
Piala Dunia

“Piala Dunia sepakbola adalah salah satu turnamen cabang olahraga yang diadakan oleh FIFA. Syarat menjadi pesertanya harus lolos melalui kualifikasi sesuai dengan zona negaranya. Pemegang gelar terbanyak untuk sementara masih dipegang oleh Brasil dengan lima gelar juara dunia.

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.