Prototype Motor Balap. Apa Maksud dan Tujuannya ?


Para pembaca,

Prototype adalah rancangan awal dari desain sebuah produk, terutama teknologi, yang dirancang dan kemudian dilakukan berbagai tes pengujian. Hasil pengujian atau tes tersebut dijadikan bahan evaluasi dan referensi untuk pembuatan produk selanjutnya. Tentu saja dengan konsep model teknologi baru atau produk masa depan. Sebagai referensi lain, berikut terjemahan sedikit kalimat dari foto yang berasal dari situs Wikipedia.org.

prototype

“Prototype membantu kita untuk menemukan kombinasi terbaik dari material dan desain sebelum menghasilkan desain dan material akhir yang sesungguhnya”

Jadi pengertian sederhananya adalah : Prototype itu produk yang masih sementara karena dibuat untuk percobaan.
Begitu juga prototype di dunia otomotif, misalnya motor-motor yang dipakai pada event balap motor MotoGP. Semua motor yang turun berlomba di balapan terkenal tersebut adalah motor prototype. Meski begitu motor prototype MotoGP berbeda dengan motor biasa yang lain. Motor MotoGP adalah prototype yang sempurna. Sempurna dalam arti memang motor prototype itulah sebagai produk akhirnya.
Jika produk otomotif lainnya, hasil desain prototypenya akan dibawa dan diproduksi secara masal di pabrik sebagai produk akhir dan kemudian dijual, sampai ke tangan pemakai sudah bukan prototype, maka motor-motor MotoGP, produk akhirnya memang tetap prototype. Ketika digunakan oleh pembalap, tetap prototype. Dari pertama dirancang sampai jadi sempurna sesuai dengan yang diharapkan. Apakah motor-motor MotoGP itu tersedia juga di pasaran, dalam arti diperjualbelikan untuk pemakaian umum di jalan raya ? Jawabannya : Tidak. Namun seandainya ada, mungkin tentu dengan persyaratan yang sangat ketat. Karena regulasi di sirkuit balap dengan di jalan raya sangatlah berbeda. Kalau di sirkuit balap, sebuah motor MotoGP bisa mencapai top speed 360 km per jam, maka untuk pemakaian di jalan raya, dengan kecepatan yang fantastis seperti itu pasti akan sangat membahayakan bagi keselamatan jiwa si pengendara. Maka settingan motor untuk pemakaian umum di jalan raya harus disesuaikan lagi. Banyak aturan lain yang harus dipenuhi agar motor siap untuk pemakaian di jalan raya Jadi kesimpulannya adalah, motor-motor yang digeber oleh pembalap-pembalap seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, Fabio Quartararo, Joan Mir, Francesco Bagnaia dan rider lain di lomba MotoGP, dirancang dan didesain khusus untuk balapan di sirkuit saja dan untuk keperluan riset teknologi produk kendaraan di masa depan. Selain itu ? Pastinya untuk konsumsi hiburan di dunia olahraga otomotif. Demikian sekilas tentang prototype.
 

Salah satu penampakan dari prototype motor MotoGP.
Kejuaraan dunia balap motor MotoGP adalah event otomotif yang memakai motor prototype, di mana kendaraan tersebut dari mulai mesin, sasis, ban hingga elektronik dan yang lainnya memang khusus dibuat untuk lomba adu cepat dan kestabilan di arena sirkuit saja. Lebih spesifik lagi, settingan masing-2 motor tersebut juga disesuaikan dengan rider yang akan menungganginya dan kondisi sirkuit di mana berlangsung lomba tersebut.

Info Lainnya Tentang Balap MotoGP

 

Baca Yang Lainnya :
lomba balap motor

Pembalap-pembalap Yang Pernah Menjuarai Lomba Balap Motor MotoGP : Valentino Rossi (Italia) – Marc Marquez (Spanyol) – Jorge Lorenzo (Spanyol) – Casey Stoner (Australia) – Niki Hayden (Amerika Serikat).

Negara-negara Yang Sering Menggelar Event MotoGP : Spanyol – Qatar – Italia – Jerman – Belanda – Argentina – Perancis – Inggris – Amerika Serikat – Republik Ceko – Malaysia – Cina – Jepang dan Australia. 2 Negara yang terbanyak menjadi tuan rumah adalah Spanyol dan Italia, masing-masing tiga kejuaraan di tiga sirkuit.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.