Promosi dan Iklan Dengan Kata Istilah Gaul. Kenapa Tidak ?


Pemakaian istilah gaul dan kata-kata obrolan sehari-hari untuk iklan penjualan barang dan jasa salah satunya untuk berkomunikasi lebih akrab dengan pembaca iklan sekaligus untuk memjaring pelanggan baru.
Misalnya :
“Buruan beli…nanti kehabisan loh !”
“Harga mulai 1 jt-an” “3 M-an”
Dll

reklame iklan

absfreepics.com

Jika iklan menggunakan kata-kata yang baku atau resmi, akan terkesan kaku dan orang yang membacanya seperti sedang belajar bahasa. Suasana jadi terlalu serius. Tapi kalau memakai kata istilah gaul, orang jadi akan lebih santai membacanya dan itu bisa berpengaruh terhadap orang untuk segera merespon iklan. “Kaya apa sih barangnya ?”
Kata-kata gaul yang banyak dipakai iklan dan promosi biasanya untuk iklan kuliner, wisata, ponsel dan gadget lain serta properti.
Misalnya kata-kata :
Asyik : Kata ini menjadi ungkapan atau respon terhadap sesuatu hal yang menyenangkan. Biasanya untuk sebuah suasana. Kata asyik ini amat pas untuk iklan wisata, traveling, tempat hiburan lainnya.
Rame : Kata sifat ini kalau dalam bahasa Indonesia sebenarnya adalah ramai. Tapi lagi-lagi lidah sebagian orang Indonesia seolah “terpeleset”, pengucapannya jadi rame. Kata gaul ini juga pas untuk iklan promosi tempat-tempat hiburan, wisata perjalanan atau bisa juga untuk iklan komunitas kumpul-kumpul. Bahkan pernah ada satu iklan produk permen yang memakai kata “rame” ini untuk mengungkapkan rasanya.
Seru atau seruuu..Ini juga sebuah kata sifat tentang keadaan atau situasi. Misalnya dalam sebuah pertemuan atau gathering atau juga reuni. Kata “seru” untuk berkesan menarik dirubah menjadi “seruuu…” Agar yang membaca iklan jadi tergugah untuk segera mencari tau lebih banyak iklan tersebut. Kata ini cocok untuk.iklan ajakan untuk bergabung ke dalam satu.komunitas atau undangan reuni, gathering dan acara-acara santai lainnya.
Buruan : Ini kalau dalam bahasa Indonesia yang baku sama saja ajakan untuk lebih cepat. Kata “buruan” ini lebih pas untuk penggunaan dalam iklan promo barang dalam satu paket yang ditawarkan karena stoknya terbatas. Misalnya : “Buruaaann…nanti nggak kebagian loh ! Ini cuma ada di ….store ! Ini juga bisa digunakan untuk iklan ponsel dengan isi ulang pulsanya.
Big Match ! : Kata ini jelas berasal dari.bahasa Inggris. Big Match ini khusus untuk iklan pertandingan olahraga sepakbola. Pada awalnya, kata ini digunakan untuk iklan sebuah pertandingan yang mempertemukan dua kesebelasan peringkat atas saja, misal rangking satu dan dua. Atau pokoknya tim-tim langganan juara yang sudah terkenal. Namun belakangan banyak media.promosi baik elektronik dan internet memakai kata Big Match ini untuk sebuah acara pertandingan tim papan atas maupun papan bawah.
“Ga usah galau gaes..” Kalimat ini dipakai karena calon konsumen ketika sedang dihadapkan oleh banyak pilihan layanan.
Keren Abis : Kalau kata keren artinya bagus. Lalu kata abis itu asalnya dari kata habis yang berarti dari ada menjadi tidak ada lagi, tanpa sisa. Tapi makna dari “keren abis” adalah bagus sekali atau sangat bagus. Jadi makna kata “abis” berubah jadi “sangat” . Keren abis biasanya ada di iklan otomotif, pakaian dan produk-produk fashion lainnya.
Nggak nahaaann. Kata gaul ungkapan ini biasanya cocok untuk iklan makanan atau kuliner.
Penggunaan kata gaul dari bahasa etnik suku tertentu juga perlu untuk sebuah iklan. Yang sudah pernah misalnya kata “bablas”, pancen, angine, ngabuburit dan lain-lain. Begitu juga iklan promosi dengan memakai kata-kata singkat yang berasal dari bahasa asing. Misalnya bahasa Inggris. Iklan memang harus dibuat sangat kreatif, bahkan harus berani tampil beda untuk menarik perhatian, termasuk juga iklan promosi dengan menggunakan kata istilah gaul sehari-hari.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Baca Yang Lainnya :

Berhubungan dengan bahasa : Kamus – Linguistik – Terms – Puisi – Aphorism – Pantun – Peribahasa – Perumpamaan – Dictionary – Tata Bahasa – Dialog – EYD – Kata Baku – Tafsir – Bahasa Etnik – Language – Lingo – Dialek – Logat – Kosa Kata – Komunikasi – Interaksi – Words – BiLingual – Grammar – Translate – Terjemahan – Hasil serapan – Conversation.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.