Promosi dan Iklan Dengan Kata Istilah Gaul. Kenapa Tidak ?


Pemakaian istilah gaul dan kata-kata obrolan sehari-hari untuk iklan penjualan barang dan jasa salah satunya untuk berkomunikasi lebih akrab dengan pembaca iklan sekaligus untuk memjaring pfelanggan baru.
Misalnya :
“Buruan beli…nanti kehabisan loh !”
“Harga mulai 1 jt-an” “3 M-an”
Dll

reklame iklan

absfreepics.com

Jika iklan menggunakan kata-kata yang baku atau resmi, akan terkesan kaku dan orang yang membacanya seperti sedang belajar bahasa. Suasana jadi terlalu serius. Tapi kalau memakai kata istilah gaul, orang jadi akan lebih santai membacanya dan itu bisa berpengaruh terhadap orang untuk segera merespon iklan. “Kaya apa sih barangnya ?”
Kata-kata gaul yang banyak dipakai iklan dan promosi biasanya untuk iklan kuliner, wisata, ponsel dan gadget lain serta properti.
Misalnya kata-kata :
Asyik : Kata ini menjadi ungkapan atau respon terhadap sesuatu hal yang menyenangkan. Biasanya untuk sebuah suasana. Kata asyik ini amat pas untuk iklan wisata, traveling, tempat hiburan lainnya.
Rame : Kata sifat ini kalau dalam bahasa Indonesia sebenarnya adalah ramai. Tapi lagi-lagi lidah sebagian orang Indonesia seolah “terpeleset”, pengucapannya jadi rame. Kata gaul ini juga pas untuk iklan promosi tempat-tempat hiburan, wisata perjalanan atau bisa juga untuk iklan komunitas kumpul-kumpul. Bahkan pernah ada satu iklan produk permen yang memakai kata “rame” ini untuk mengungkapkan rasanya.
Seru atau seruuu..Ini juga sebuah kata sifat tentang keadaan atau situasi. Misalnya dalam sebuah pertemuan atau gathering atau juga reuni. Kata “seru” untuk berkesan menarik dirubah menjadi “seruuu…” Agar yang membaca iklan jadi tergugah untuk segera mencari tau lebih banyak iklan tersebut. Kata ini cocok untuk.iklan ajakan untuk bergabung ke dalam satu.komunitas atau undangan reuni, gathering dan acara-acara santai lainnya.
Buruan : Ini kalau dalam bahasa Indonesia yang baku sama saja ajakan untuk lebih cepat. Kata “buruan” ini lebih pas untuk penggunaan dalam iklan promo barang dalam satu paket yang ditawarkan karena stoknya terbatas. Misalnya : “Buruaaann…nanti nggak kebagian loh ! Ini cuma ada di ….store ! Ini juga bisa digunakan untuk iklan ponsel dengan isi ulang pulsanya.
Big Match ! : Kata ini jelas berasal dari.bahasa Inggris. Big Match ini khusus untuk iklan pertandingan olahraga sepakbola. Pada awalnya, kata ini digunakan untuk iklan sebuah pertandingan yang mempertemukan dua kesebelasan peringkat atas saja, misal rangking satu dan dua. Atau pokoknya tim-tim langganan juara yang sudah terkenal. Namun belakangan banyak media promosi baik elektronik dan internet memakai kata Big Match ini untuk sebuah acara pertandingan tim papan atas maupun papan bawah.
 
BREAKING LINK ! … Kumpulan Kata Istilah Gaul Indonesia Yang 100 % Asli Dari Bahasa Inggris.
 
Cemilan : Ini adalah kata pengganti untuk makanan kecil. Pemakaian untuk iklan misalnya : “Cemilan Nikmat nan Sehat !” atau “Cemilan Renyah Bikin Bergairah !”
“Cemilan Renyah nan Berkah”.. Masih dari kuliner. Ini sudah jelas untuk iklan makanan ringan. Arti kata nan adalah ‘yang sangat’ atau ‘yang mengandung’, dan makna yang semacam itu.
Dimahalin : Sebuah kata gaul yang maknanya berhubungan dengan penetapan harga yang jauh di atas harga pasaran dan dilakukan dengan sengaja. “Harga barang mahal tapi bukan dimahalin loh !”
“Ga usah galau gaes..” Kalimat ini dipakai karena calon konsumen ketika sedang dihadapkan oleh banyak pilihan layanan.
Kagak pake lama : Misalnya : Untuk iklan layanan jasa pengiriman atau delivery dan jasa keuangan. “Kaga pake lama…!”
Kekinian : Kata ini cocok untuk iklan semisal otomotif atau kendaraan pribadi, fashion, ponsel dan produk-produk bukan makanan minuman.”Untuk Era Kekinian Kamu-Kamu…!”
atau “Melengkapi Kekinian Anda !”
Kenceng : Untuk paket internet, iklan aplikasi dan komunikasi. Contoh :
“Yang Lemot Jadi Kenceeng..!” atau “Yang Manteng Jadi Kenceeeng…!!
Kenceng resminya adalah kencang.
Arti lemot adalah sangat lamban. Sering diucapkan untuk smartphone atau HP yang sering hang sehingga perlu di restart. Bisa juga karena terlalu banyak group WA.
Manteng artinya posisi diam. Ini juga bisa untuk HP. Misalnya untuk donlot atau unduh lagu tapi lama sampai hang. Terlalu banyak Aplikasi yang diinstal. Harus di Reset juga.
 
BREAKING LINK !!..Fenomena Kata Istilah Gaul Setelah Hadirnya Teknologi Smartphone di Indonesia. Sentuh Di Sini Daftarnya !
 
Keren Abis : Kalau kata keren artinya bagus. Lalu kata abis itu asalnya dari kata habis yang berarti dari ada menjadi tidak ada lagi, tanpa sisa. Tapi makna dari “keren abis” adalah bagus sekali atau sangat bagus. Jadi makna kata “abis” berubah jadi “sangat” . Keren abis biasanya ada di iklan otomotif, pakaian dan produk-produk fashion lainnya.
Lelet : Pelan atau lambat, lamban. Misal untuk iklan kuota internet, untuk layanan yang Anda butuh selesai segera, seperti jasa keuangan, pengiriman barang dan promo produk jasa lainnya. Contoh :
“Ngapain Lelet Kalo Bisa Cepet ?” “Proses Nggak Lelet !”
“Beli yang cepet, jangan yang lelet !”
Mager :“Segernya…bikin maagerrrr..!” atau “Mager ..?…Cari Yang Seger-seger…!
Untuk iklan penyejuk ruangan, pengharum ruangan, minuman, vitamin suplemen. Mager adalah kata gaul. Singkatan dari “Malas Gerak”.
Mantap tarikannya. Ini khusus untuk otomotif, motor dan mobil, meski bisa juga untuk iklan lainnya. “Lebih mantap loh, tarikannya !” atau “Makin mantap deh, tarikannya !”
Sebuah nama bengkel motor ada yang tulisannya dibikin terbalik, seperti tulisan Rusia, entah apa maksudnya dan ….. tetap ramai, banyak yang servis motornya di situ.
Murahan : Sebuah kata gaul tentang kualitas produk yang kurang bagus. Barangnya memang baru. “Murah tapi nggak murahan”
Nagih : “Gurihnya … bikin naaagih teruus…!”
Di kamus pintar bahasa Indonesia, asal kata ini adalah tagih yang artinya diminta kembali atau juga ketagihan.
Nendang : Kata ini tau dooong..artinya ?..Betul !..Tapi untuk kata gaul, kata nendang bisa bermakna “sangat terasa” “mantap”. Misalnya sarapan pagi. Kalau makannya kurang dan masih terasa lapar, itu disebut dengan “kurang nendang”. Ada juga yang memakai kata “nendang” untuk menyebut sound system yang outputnya nggak pas dan lemah. Maka suaranya disebut “kurang nendang”. Untuk iklan kuliner, beverage seperti kopi atau obat-obatan, kata ini bisa dipakai. Misal : “Sensasi kopinya..wuiihh..nendang broo..!”
Ngangenin :Bisakah kata ini untuk promo sebuah aplikasi chatting seperti Whatsapp ? Ngangenin adalah kata gaul yang artinya bikin kangen. Asal katanya adalah kangen = rindu. Chatting berguna untuk komunikasi dengan keluarga, saudara, teman. Silaturahmi secara online. “Ngangenin ih !…”
Nggak nahaaann. Kata gaul ungkapan ini biasanya cocok untuk iklan makanan atau kuliner.
Njlimet dan ribet. Njlimet itu seperti berbelit-belit. Kalau ribet ? Beda tipis sama njlimet. Service atau pelayanan yang njlimet dan ribet, pasti mengecewakan pelanggan. “Njlimet and ribet ? .. Hadeeuuh … pilih dong yang cepet !”
Nyeruput : Arti kata ini adalah menghirup cairan yang hangat sedikit-sedikit. Sensasi nikmatnya kopi yang hangat atau teh manis hangat, sangat terasa di momen nyeruput ini. Tentunya kata ini pas untuk iklan minuman kopi, teh dan minuman hangat lain termasuk kedai, kafe dan resto. “Nyeruput Yuuuks…!”
Pas: Artinya cocok, tepat atau juga match. Misal : “Pas di lidah !” atau untuk produk fashion : “Pilihan yang pas berbusana !” atau “Gaya yang pas untuk Anda !”.
Sangit & Selangit : Misalnya : “Aroma yang sangit . . nikmatnya selangit !” Arti kata sangit adalah bau yang tercium khas dan menyengat. Misalnya seduhan kopi ketika pertama dituangkan air panas.
Penggunaan kata gaul dari bahasa etnik suku tertentu juga perlu untuk sebuah iklan. Yang sudah pernah misalnya kata “bablas”, pancen, angine, ngabuburit dan lain-lain. Begitu juga iklan promosi dengan memakai kata-kata singkat yang berasal dari bahasa asing. Misalnya bahasa Inggris. Iklan memang harus dibuat sangat kreatif, bahkan harus berani tampil beda untuk menarik perhatian, termasuk juga iklan promosi dengan menggunakan kata istilah gaul sehari-hari. Iklan dan promosi adalah komunikasi kepada publik untuk memperkenalkan sebuah produk baik barang maupun layanan jasa dan tentu termasuk juga soal mutu barang yang dijual. Kata-kata yang dipakai dalam beriklan harus sesuai dengan kenyataan produk. Tidak berlebihan dan tidak samar-samar untuk mengelabui dan menipu pembeli.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Yang Lainnya Dari Periklanan :
barang antik

Berhubungan dengan Iklan dan.Promosi : Google Adsense – AdWords – Advertorial – Marketing – Publisher – Endorse – Advertising – Publikasi – Ads – Sponsor – Pariwara – Banner – Brosur – Pay per Click – WordAds – Affiliate.

Logo PLM12

INFO DUNIA.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.