Pikiran Terganggu ? Ini Cara Mengatasinya !

Jika sedang mengalami gangguan pikiran atau lagi banyak pikiran, lakukan langkah-langkah berikut sebagai pertolongan pertama :

1. Lihat ke sekeliling.
Gambarkan bentuk-bentuk dan warna-warna yang kelihatan. Karena sewaktu pikiran sedang terganggu, yang sangat gampang diingat adalah yang ada di sekitar. Atau temukan kata-kata yang tertulis di dalam sebuah kertas, majalah atau papan iklan. Bacalah kalimat-kalimat yang ada di sana secara terbalik (mundur). Ketika membaca kalimat secara mundur tersebut, Anda jadi tidak terlalu fokus pada pikiran yang mengganggu tadi.
2. Tarik nafas dalam-dalam
Dalam keadaan terganggu oleh pikiran, luangkan waktu sejenak untuk menghitung nafas. Dimulai dengan menghirup melalui hidung Anda dengan hitungan satu, kemudian buanglah nafas melalui mulut pada hitungan yang ke dua. Setiap hitungan bilangan ganjil untuk tarikan nafas melalui hidung sementara hitungan genap untuk hembusan nafas melalui mulut. Ulangi hingga angka 10, lalu ulangi lagi. Ingat ! tariklah nafas dalam-dalam. Ketika melakukan hal tersebut fokus pada hitungan ! Dengan cara demikian, Anda akan mendapatkan keseimbangan dan jadi lebih santai.
3. Visualisasikan seseorang atau tempat-tempat yang menyenangkan.
Luangkan waktu sejenak untuk berpikir tentang sesuatu atau tempat yang bisa membuat kita nyaman. Fokus pada perhatian pada hal yang menyenangkan dan santai akan mengalami perubahan suasana hati yang positif. Tujuannya adalah agar tidak tertekan oleh gangguan pikiran. Karena kita kalau mencoba memahami secara rasoional dalam keadaan pikiran terganggu sama saja dengan menasehati orang mabuk, tidak ada gunanya.
4. Telusuri penyebabnya !
Apakah Anda tau darimanakah pikiran yang mengganggu itu datang ? Di masa anak-anak, umumnya untuk memahami keyakinan tertentu tentang diri kita sendiri, didapat berdasarkan cerita dari orang lain. Semasa kita kanak-kanak kita tidak bisa berpikir secara dewasa. Tidak tau efek negatifnya.
5. Semua itu butuh waktu.
Mengatasi pikiran yang tergganggu adalah proses yang butuh disiplin dan kesabaran. Jika hidup selalu digelayuti oleh pikiran yang mengganggu dan hal itu sudah menjadi rutinitas, maka akan sulit untuk melatih hal-hal tersebut di atas. Karena sudah menjadi kebiasaan maka perlu membuat cara-cara yang berbeda. Menciptakan cara yang berbeda memang bisa menjadi pekerjaan yang agak berat. Namun kalau terus mencoba dan melatihnya kita akan bisa melakukannya.

Selamat mencoba

(Sumber : makeitultrapsychology.wordpress.com)

 

(Sumber : https://makeitultrapsychology.wordpress.com/)
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G