Penyisihan Group Turnamen Piala Eropa dan Perjalanannya

turnamen

Babak penyisihan group adalah salah satu fase dari turnamen sepakbola di mana kesebelasan peserta harus memainkan tiga pertandingan. Disebut babak penyisihan group karena seluruh kesebelasan peserta terbagi ke dalam beberapa group. Dalam turnamen sepakbola seperti piala Eropa dan piala dunia FIFA, babak penyisihan group itu terdiri dari 8 group, untuk piala Eropa ada 6 group. Masing-masing group ada empat kesebelasan. Nah, empat kesebelasan inilah yang akan berebut dua tiket ke babak 16 besar atau perdelapan final, yaitu menjadi juara group dan runner-up group. Khusus untuk turnamen piala Eropa, karena hanya ada 6 group yang berarti yang lolos ada 12 kesebelasan, maka untuk memenuhi kuota 16 besar, diambil lagi empat tim juara ketiga yang terbaik dari masing-masing group. Kriteria empat kesebelasan juara ketiga group terbaik dilihat dari poin atau nilai dan agresifitas kemenangan.
Baik, setelah empat kesebelasan juara ketiga terbaik sudah didapat, mereka akan menemani 12 kesebelasan yang sudah lebih dulu lolos, yaitu mereka yang menjadi juara group dan runner-up group untuk maju ke perdelapan final atau babak 16 besar. Lalu bagaimana sistem pertandingan di babak penyisihan group tersebut ? Jalannya sistem pertandingan layaknya seperti kompetisi, tapi kompetisi yang hanya diikuti oleh 4 kesebelasan saja. Sama seperti kompetisi sepakbola biasa karena keempat tim harus mengumpulkan poin atau nilai terbanyak. Untuk poin atau nilai, cara perhitungannya masih sama yaitu : Menang = 3, Seri atau Draw = 1, Kalah = 0.
 
Info Negara-negara Yang Pernah Memenangi Piala Eropa. Sentuh Di Sini !
 
Lalu bagaimana cara agar bisa lolos atau berhasil melewati penyisihan group ini ? Karena empat tim harus memainkan tiga pertandingan, tentu saja harus memenangkan tiga pertandingan tersebut. Tapi seandainya tidak mampu memenangi tiga pertandingan, karena persaingan sangat ketat misalnya, maka cukup dengan menang di dua pertandingan secara beruntun, maka posisi tim itu sudah pasti lolos ke 16 besar. Tapi jika bisa menang dua kali tapi tidak beruntun, misalnya pada pertandingan pertama berhasil menang tapi di pertandingan kedua seri atau kalah dan di pertandingan ketiga menang lagi, maka kalau mau lolos penyisihan group harus tergantung pada hasil pertandingan tim lain. Untuk membahasnya lebih lengkap, dari enam group di piala Eropa, ambil contoh satu group saja, misalnya group F. Ada empat tim atau kesebelasan, yaitu tim A, tim B, tim C dan tim D. Masing-masing tim di dalam group F ini harus melakukan tiga pertandingan. Contohnya perjalanan kesebelasan A di penyisihan group untuk lolos ke 16 besar. Baik, dimulai saja dari :
Pertandingan pertama
A vs B = A yang menang
C vs D = D yang menang.
Maka klasemen sementara setelah pertandingan pertama, poin atau nilai yang diperoleh masing-masing kesebelasan adalah sebagai berikut :
1. A = 3
2. D = 3
3. B = 0
4. C = 0
Pada klasemen sementara setelah pertandingan pertama ini, berapapun poin yang didapat oleh keempat tim, masih belum aman karena mereka masih harus memainkan dua game lagi. Jadi peluang masing-masing kesebelasan untuk lolos ke perdelapan final masih sama besar. Oke selanjutnya :
Pertandingan Kedua
A vs C = A yang menang
B vs D = D yang menang
Maka klasemen sementara setelah pertandingan kedua, poin atau nilai masing-masing tim adalah sebagai berikut :
1. A = 6
2. D = 6
3. B = 0
4. C = 0
Pada klasemen sementara setelah pertandingan kedua ini, tim A dan D sudah aman karena sudah mengumpulkan poin 6 dan berhak maju ke perdelapan final atau 16 besar. Apapun hasil pertandingan terakhir, pada pertandingan ketiga, jika A dan D kalah, itu tidak akan berpengaruh lagi, karena poin mereka tidak mungkin terlampaui lagi oleh tim B dan C. Kok bisa ? Baik, sebagai buktinya, silahkan perhatikan yang berikut :
Pertandingan Ketiga atau Terakhir
A vs D = D yang menang.
B vs C = B yang menang.
maka klasemen akhir setelah pertandingan ketiga atau terakhir adalah :
1. D = 9
2. A = 6
3. B = 3
4. C = 0
Terlihat pada tabel di atas, poin yang diperoleh tim A, kalah oleh tim D, tapi tim A tetap langsung lolos ke 16 besar (perdelapan final) karena nilainya tak mungkin terkejar lagi oleh tim B dan C. Dan tim D yang jadi juara group F. Sementara tim A sebagai runner-up. Untuk tim C dan B, apapun hasil pertandingannya, mereka tetap saja tersingkir karena poin mereka hanya 3 dan 0 dan tidak mungkin lagi bisa menyamakan poin yang didapat oleh tim A dan D, karena sudah tidak ada lagi pertandingan. Pada pertandingan ketiga tersebut, jika saja tim A yang memenangkan pertandingan, tetap saja tidak berpengaruh. Tim D tetap lolos ke ronde berikutnya, yang berubah hanya posisi juara dan runner-up group saja.
Kesimpulan
Tim atau kesebelasan yang menang dua kali secara beruntun di dua pertandingan pertama, otomatis lolos ke babak selanjutnya.

Kondisi berbeda untuk tim A jika :
Pertandingan pertama
A vs B = A yang menang
C vs D = Draw atau seri.
Maka klasemen sementara setelah pertandingan pertama adalah sebagai berikut :
1. A = 3
2. B = 0
3. C = 1
4. D = 1

Pertandingan kedua
A vs C = C yang menang (A : kalah)
B vs D = B menang.
maka klasemen sementara setelah keempat kesebelasan itu menjalani pertandingan kedua adalah :
1. A = 3
2. B = 3
3. C = 4
4. D = 1
Setelah pertandingan kedua ini, poin yang diperoleh tim A belum aman, karena masih sama dengan poin B yaitu 3 dan masih kalah oleh tim C yang sudah dapat poin 4. Tim C pun belum aman juga. Jadi setelah pertandingan kedua tersebut, keempat tim masih punya peluang lolos ke babak 16 besar. Sementara masih ada satu pertandingan lagi yang terakhir yaitu pertandingan ketiga. Ini tentu yang seru dan menegangkan.
Pertandingan Ketiga
A vs D = D (A : kalah lagi)
B vs C = B
maka klasemen sementara setelah pertandingan ketiga atau terakhir adalah :
1. A = 3
2. B = 6
3. C = 4
4. D = 4
Nah setelah keempat tim telah menyelesaikan pertandingan ketiga, barulah diketahui. Maka dengan demikian tim A yang tersisih karena poinnya paling kecil dibanding tiga tim lain, yaitu 3. Dengan demikian, kekalahan di dua pertandingan secara beruntun seperti yang dialami oleh tim A, akan secara langsung menyisihkan tim tersebut.

Tapi kalau di pertandingan terakhir (pertandingan ketiga), tim A menang melawan D, maka klasemennya adalah :
1. A = 6
2. B = 6
3. C = 4
4. D = 1
Maka dengan begitu ada kondisi-kondisi sebagai berikut :
– Tim A akan lolos dan menjadi juara group kalau tim C kalah dari tim B.
– Tim A lolos tapi posisinya runner-up group kalau tim C menang melawan tim B, karena tim C dapat poin 7.

Lalu bagaimana kalau di pertandingan terakhir (pertandingan ketiga), jika tim A bermain seri melawan B ? Maka klasemen akhirnya adalah :
1. A = 4
2. B = 6
3. C = 4
4. D = 2
Terlihat poin A dengan poin tim C sama-sama 4. Tapi ternyata tim C lah yang berhasil lolos ke fase berikutnya sebagai runner-up. Kok bisa ? Kan poinnya sama besar ? Karena di pertandingan sebelumnya yaitu pertandingan ke-2, tim A dikalahkan oleh C. Maka di situlah keunggulan tim C. Tim A dan D yang tersingkir.
Oke bolamania, begitulah perjalanan tim kesebelasan A di penyisihan group. Penyisihan group sama saja dengan kompetisi biasa. Untuk sebuah turnamen, yang berbeda adalah pesertanya yang cuma empat kesebelasan. Dan karena pertandingannya hanya sedikit, maka penyisihan group ini sangat emosional sekali. Bila di dalam satu group, kekuatan empat tim kesebelasan sangat berimbang, bisa saja terjadi, untuk lolos ke perdelapan final atau babak 16 besar, salah satu tim harus tergantung oleh hasil pertandingan tim lain. Jadi nasibnya ditentukan pertandingan kesebelasan lain. Bahkan bisa juga misalnya sebuah tim yang terlihat sudah lolos, malah jadi tersingkir karena hasil pertandingan tim lain. Di masa mendatang, bisa saja ada regulasi baru untuk system pengaturan pertandingan di piala Eropa tersebut.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Bacaan Info Lainnya :

Info Selengkapnya Negara-negara Yang Pernah Memenangi Sepakbola European Cup.
 

Inilah 11 Negara Yang Menjadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020. Sentuh Di Sini !

Ini Perbedaan Piala Eropa dengan Piala Dunia FIFA ! Silahkan Sentuh Di Sini Untuk Selengkapnya.

SERBA-SERBI SEPAKBOLA LAIN :

Ini Beberapa Klub Yang Pernah Sukses Hattrick Juara Piala Champions Eropa. Sentuh Di Sini !/a>

Hiburan Untuk Sang Juara dan Juga Untuk Pembaca Lagu “We Are The Champions” dari QUEEN

Piala Champions Eropa dan Para Jawaranya Dari Musim ke Musim.

Kumpulan Kata-Kata & Istilah Gaul Untuk Sepakbola.

Julukan-Julukan Nama Hewan Untuk Tim-tim Sepakbola Indonesia dan Dunia.

Tendangan Penalti Yang Bisa Bikin Senang dan Sedih. Kenapa ? Silahkan Sentuh Di Sini Selengkapnya !

Logo Dari Organisasi Sepakbola Delapan Negara Juara Piala Dunia FIFA.

Kabar-Kabar Tentang Asia dan Afrika di Pentas Piala Dunia.

Rangking 10+ Teratas FIFA untuk Timnas Sepakbola Dunia Termasuk Indonesia.

Info Selingan ! Nama-2, & Kata-Kata Istilah Yang Populer Sepanjang Tahun Ini !

Sekilas Untuk Yang Nge-Fans Sama Tim Nasional Belanda dan Kroasia

Prestasi Klub-klub asal Inggris di Arena Piala Champions.

Lagu-lagu tema Untuk Piala Dunia dari yang pertama.

Sepakbola Olimpiade dan Tim-tim Yang Pernah Menggondol Medali Emas.

Sepakbola Asian Games dan Timnas Yang Pernah Meraih Medali Emasnya.

Inilah Pesepakbola Afrika Yang Pernah Menjadi Pemain Terbaik Dunia !

Ternyata … Tim Unggulan pun Pernah Merasakan Kekalahan Telak nan Pahit dari Lawannya.

Trio, Trisula, Tridente Berikut Pernah Menjadi Andalan Timnas Masing’2. Inilah mereka !

Jenderal Lapangan, Dirigen, Playmaker, Pemain Kunci. Inilah Mereka Yang pernah Bersinar di dunia sepakbola !

Kabarnya Pemain Bernomor 10 Itu Di atas Rata-2. Benarkah ?

Dari Turnamen Piala Eropa Bersama Timnas-2 Yang Pernah Menjadi Kampiun.

Sepakbola Lainnya :Piala Dunia, EURO, Asia, Afrika, Amerika & Olimpiade

Hiburan Video Lagu Dari Artis-Artis Tenar Indonesia & Luar Negeri.

Nama-nama dan Istilah Yang Terkenal Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.COM

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Serba-serbi, Kota-kota Dunia dll

Sepakbola, Balap MotoGP, Olimpiade & Yang Lainnya dari Olahraga.

Cara-cara, Kiat-kiat, Kumpulan Solusi, Tips & Trik

 

lap bola

Berhubungan dengan Sepakbola : Kompetisi – Liga – Turnamen – Kiper – Striker – Gelandang – Bek – Stadion – Wasit – Penalti – Sepak pojok – Playmaker – Kostum – Jersey – Hakim Garis – Suporter – Pelatih – Sponsor.

Negara-2 di Eropa : Inggris – Perancis – Belanda – Jerman – Italia – Rusia – Polandia – Swedia – Norwegia – Spanyol – Portugal – Austria – Swiss – Denmark – Finlandia – Yunani – Hongaria – Rumania – Bulgaria – Rep. Ceko – Serbia – Kroasia – Bosnia Herzegovina – Belgia – Luxemburg – Dll

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.