Pentingnya Jasa Desain, Designer dan Setting Grafis Di Percetakan


Di usaha percetakan dibutuhkan desain grafis atau dalam bahasa Inggrisnya adalah graphic design untuk berbagai produk cetak. Umumnya di kalangan percetakan ada juga yang menyebutnya dengan istilah setting. Orang yang bertugasnya disebut dengan tukang setting yang dalam istilah bahasa Inggris disebut graphic designer. Apa peranan desain grafis atau setting di usaha percetakan ? Tentunya untuk penyesuaian tampilan gambar dan foto sebelum dicetak di mesin cetak. Misalnya ada customer memesan pembuatan banner dengan gambar yang dikehendaki dan juga warna-warna yang sesuai. Pengerjaan desain untuk usaha percetakan berbeda dengan bisnis biasa, dari yang sederhana hingga yang rumit. Karena desain atau settingan untuk percetakan dibuat untuk dicetak di atas media dan diperbesar beberapa kali lipat. Untuk itu pengerjaan desain atau setting perlu aplikasi khusus, dalam hal ini adalah CorelDraw dan Adobe Photoshop. Aplikasi CorelDraw paling banyak dipakai di bisnis percetakan karena kemampuannya untuk pembuatan gambar atau grafis secara vektor. Apa itu vektor ? Penjelasan sederhananya adalah sebuah hasil grafis yang seandainya dicetak dengan diperbesar beberapa kali lipat, tidak akan pecah dan tidak buram atau ngeblur. Jika percetakan menggunakan aplikasi yang tidak bisa menghasilkan vektor, maka ketika dicetak lalu diperbesar skalanya, maka kualitas gambar akan pecah atau buram ngeblur. Dari mulai jenis font hingga objek lain ketika membuat settingan atau desain, sistem vektor akan membuatnya stabil alias tidak pecah dan tidak ngeblur. Bagaimana caranya menggunakan alikasi CorelDraw tersebut ? Tentu saja ada tutorialnya.
Ada beberapa fungsi dari keberadaan Desain atau Setting di sebuah Percetakan, antara lain :
1. Pembuatan Gambar Baru. Misalnya untuk design brosur, banner, spanduk, poster dan umbul-umbul serta tidak ketinggalan juga kartu undangan. Design untuk cetakan ini banyak membutuhkan warna, karena untuk kebutuhan iklan promosi. Harga pembuatan design baru bervariasi dan tergantung tingkat kesulitan. Pembuatan desain baru juga untuk kebutuhan pembuatan sablon kaos dan plastik bungkus sebuah produk.
 
Info Harga dan Layanan Jasa Percetakan dan Desain. Sentuh Di Sini !
 
2. Pembuatan Dokumen Untuk Administrasi. Contoh dokumen administrasi adalah : Formulir, Kop Surat, Tanda Terima, Bon, Kwitansi, Faktur dan Laporan-laporan Hasil Kerja. Semua itu isinya banyak kalimat-kalimat yang perlu pengetikan. Misalnya untuk kepentingan administrasi rumah sakit, pabrik, perkantoran dan bisnis lain. Cetak dokumen untuk kepentingan administrasi tidak membutuhkan banyak warna. Biasanya warna hitam putih saja (B/W). Ada juga beberapa yang berwarna tapi itu karena ada logo di atasnya, misalnya kop surat.
3. Untuk proses edit foto dan gambar-gambar. yang sudah jadi dari customer untuk diproses pembuatan sebuah produk cetakan dan juga foto secara mandiri untuk diperbesar, misalnya untuk ukuran A3. Misalnya ada customer memesan brosur atau spanduk dengan menyertakan foto-foto untuk ditampilkan di brosur tersebut atau di spanduk itu. Maka untuk itu seorang designer grafis harus melakukan pengeditan foto agar tampilannya sesuai dengan background spanduk dan teks-teks yang ada di spanduk yang dipesan. Tapi kebanyakan para customer membawa foto yang kualitasnya standar, dalam arti foto itu dibuat dengan menggunakan kamera ponsel yang menggunakan resolusi standar. Kalau foto-foto tersebut digunakan di dalam sebuah brosur, tentu tidak terlalu pengaruh karena ukuran brosur tidaklah besar, paling besar ukurannya kertas folio dan A4. Tapi kalau photo-photo itu digunakan untuk tampilan dalam sebuah spanduk yang pastinya akan diperbesar ukurannya, maka foto yang resolusinya standar karena dibuat dengan sebuah HP ponsel akan pecah atau istilahnya ngeblur. Biasanya customer akan diminta untuk membuat foto dengan resolusi yang lebih baik.
 
Daftar Kata Istilah Umum Di Dunia Percetakan. Sentuh Di Sini Selengkapnya.
 
4. Jasa design grafis untuk pembuatan banner di internet, media sosial seperti Instagram, Facebook dan website. Pembuatan banner untuk internet gunanya untuk promosi dan iklan juga. Pembuatan banner untuk internet tidak terlalu butuh vektor, karena tampilannya tidak untuk diperbesar. Hanya perlu sedikit penyesuaian untuk tampilan ponsel saja, karena internet sudah semakin banyak diakses lewat telepon genggam.
5. Desain khusus untuk sablon yang dicetak menggunakan kertas kalkir film yang akan dipakai untuk proses tersebut, baik sablon kaos/kain, plastik dan kardus. Desain untuk sablon berbeda. Warnanya cukup hitam saja tapi harus pekat dan tidak tembus cahaya. Kalau untuk setting lebih dari satu warna perlu trik khusus karena menggunakan lebih dari satu lembar kertas kalkir film.
6. Untuk convert dari dokumen pdf ke file biasa.
7. Jasa Design untuk pembuatan logo perusahaan. Untuk proses ini bisa yang resolusinya kecil bisa juga dengan resolusi besar. Design yang resolusinya kecil untuk banner yang kecil. Karena menyangkut hak cipta, maka untuk design logo ada yang spesifik tersendiri, misalnya biaya pembuatan dan teknis lainnya.

Layanan Info Gratis Ini Dipersembahkan Oleh :
logo percetakan kreativisual

Design – Printing – Digital Printing
– Web Design – Social Media
– Photography – Videography

Dari beberapa fungsi dan peranan desain dan setting yang telah disebutkan di atas, lama atau durasi pembuatannya berbeda-beda, tergantung kesulitan. Berapa harga jasa desain dan setting ? Salah satunya adalah juga tergantung tingkat kesulitan
Oke demikian tentang desain dan peranannya di bisnis percetakan.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Baca Yang Lainnya :

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.