Pencetak Gol Tersubur

Pemain yang berada di posisi paling depan yang disebut striker ditugaskan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.
Dalam UCL atau piala Champion, turnamen piala dunia, piala Eropa dan turnamen sepakbola di manapun termasuk kompetisi liga di negara masing-masing, semua kreasi serangan yang dibuat oleh para pemain tengah, targetnya adalah memberi peluang kepada striker tersebut atau penyerang untuk membuat gol, terbanyak dibanding pemain di posisi lain dalam satu tim untuk memasukkan gol ke gawang lawan. Itu adalah kebiasaan dalam sebuah pertandingan sepakbola.

 
Meski seorang pemain penyerang wajib mencetak gol ke gawang lawan, namun kalau pemain tersebut dikawal dan dijaga ketat oleh pemain belakang lawan dan striker tersebut tidak bisa mengembangkan permainannya untuk menciptakan gol, maka bisa saja pemain lain selain penyerang depan ditugaskan oleh pelatihnya untuk membuat gol juga. Atau mungkin bisa juga striker tersebut penampilannya tidak maksimal akibat baru pulih dari cedera, membuat pelatih menerapkan strategi yang berbeda dari biasanya. Pencetak gol terbanyak memang layak disandang oleh seorang striker atau pemain depan. Namun para prmain gelandang atau pemain tengah bisa saja menjadi pencetak gol terbanyak. Karena kemampuannya dalam melakukan tendangan jarak jauh sangat akurat dan terukur, seorang pemain tengah bisa bersaing dalam mencetak gol dengan striker atau penyerang depan. Adapula sebuah kesebelasan atau tim bahkan tidak menggunakan seorang pemain depan, tim Matador Spanyol misalnya. Di era gaya Tiki Taka yang sedang populer, sekitar tahun 2008 hingga 2012, timnas Spanyol dalam beberapa kali pertandingan tidak menggunakan seorang striker. Meskipun situasi seperti timnas Spanyol bisa saja terjadi, namun hampir seluruh kesebelasan sepakbola pasti masih membutuhkan peran seorang striker. Beberapa tim memakai hanya seorang pemain depan, ada juga tim yang menggunakan dua orang striker, bahkan tim Azzuri Italia yang berciri gaya sepakbola bertahan, sering memasang tiga orang striker sekaligus, seperti tridente Alessandro del Piero, Cristian Vieri dan Francesco Totti. Adalagi satu tim yang menempatkan seorang gelandang posisinya berada sedikit di belakang seorang striker yang disebut dengan istilah second striker.
Seorang striker memang butuh kecepatan karena mereka harus menghadapi hadangan beberapa pemain belakang lawan. Itulah mengapa para penyerang dipilih oleh pelatih dari para pemain yang masih muda, yang usianya di bawah 30 tahun. Sangat jarang pelatih sebuah tim memainkan striker yang sudah berumur di atas 30 tahun. Seorang striker yang memiliki kecepatan lari dan tendangan yang akurat, baik menggunakan kaki kiri dan dengan kaki kanan, ditambah kemampuan heading yang baik, maka peluang dia untuk menjadi pencetak gol paling banyak atau top scorer, semakin terbuka lebar.

 
Pihak FIFA, UEFA dan organisasi sepakbola di manapun, dalam setiap event kejuaraan selain memberikan hadiah kepada tim yang berhasil menjadi juara, mereka juga selalu menganugerahi penghargaan kepada seorang pemain yang mencetak gol paling banyak, pemain terbaik dan man of the match. Untuk pencetak gol terbanyak biasanya diberikan hadiah berupa sepatu emas atau golden boot. Seorang pencetak gol terbanyak belum tentu juga berasal dari tim yang berhasil menjadi juara. Ada beberapa julukan yang berhubungan dengan pencetak gol terbanyak antara lain : Bomber tersubur, macan kotak penalti, striker haus gol, striker tajam dan lain-lain. Demikian sedikit artikel tentang pencetak gol terbanyak.

 

Baca Yang Lainnya :
Sepakbola Piala Eropa Antar Negara dan Negara-Negara Yang Pernah Menjadi Juara

Piala Dunia FIFA, Tim Yang Pernah Juara & Info Lainnya

Sepakbola Olimpiade & Kesebelasan-2 Yang Pernah Mendapatkan Medali Emas

Kejuaraan Sepakbola Asia dan Event-2 nya

Event Sepakbola Lainnya (Asia, Afrika, Amerika Latin dan juga Indonesia)

Hiburan Lagu dan Video Musik Dari Lapangan Hijau Sepakbola

BOLA DARI AMERIKA, ASIA, AFRIKA dan… dari dalam negeri, Indonesia.
Serba-Serbi Lain Dari Sepakbola. Yang Unik Hingga Yang Misteri

Kumpulan Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


Lapangan Bola

5 Klub Teratas Juara Liga Champions Eropa : Real Madrid, Spanyol – AC Milan, Italia – Liverpool, Inggris – Bayer Munchen, Jerman dan Barcelona, Spanyol.

Acara-2 Resmi Sepakbola : Turnamen Piala Dunia FIFA, Turnamen Piala Eropa UEFA, Piala Champions Eropa, Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Liga Seri-A Italia, Piala Dunia Antar Klub, Piala Champions Asia, Piala Afrika, Copa Amerika, Piala Libertadores, Sepakbola SEA Games, Sepakbola Asian Games, Piala Konfederasi dll.