Pembalap Spanyol, Italia dan motor Jepang di MotoGP

balap motor motoGP

Spanyol menjadi negara yang paling banyak menurunkan pembalap di lomba balap motor MotoGP. Nama-nama seperti Marc Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Maveric Vinales adalah pembalap papan atas yang berasal dari Spanyol. Dtambah lagi rider lainnya yang turun mengikuti kejuaraan otomotif ini. Dalam dua puluh kali musim lomba motor MotoGP, Spanyol menyumbang tiga pembalap sebagai juara yaitu Alex Criville, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol seperti Dani Pedrosa, Sete Gibernau dan Maverick Vinales, meski belum pernah juara MotoGP, tapi kemampuannya tidak kalah jauh dengan mereka yang sudah pernah juara yang telah disebutkan di atas. Jadi para rider asal negeri Matador bisa dibilang mempunyai skill membalap hampir merata.
Italia juga kurang lebih sama dengan Spanyol. Para pembalap dari negara itu juga banyak meramaikan kejuaraan balap roda dua MotoGP. Valentino Rossi, Max Biaggi, Loris Capirossi, Andrea Dovizioso dan sederet rider lain tercatat pernah turun di arena otomotif bergengsi tersebut. Bahkan Valentino Rossi hingga saat ini masih memegang rekor sebagai rider yang paling banyak juara MotoGP yaitu sebanyak tujuh kali.
Selain pembalap berbakat, Italia juga menurunkan yang lain di balap Motograndprix yaitu mesin. Ada dua merek yang ikut berlaga di ajang ini yaitu Ducati dan Aprilia. Ducati masih bertahan sampai sekarang, sementara Aprila sudah tidak ikut lagi. Motor Ducati sudah pernah memenangi kejuaraan yaitu pada tahun 2007, tapi bukan dengan pembalap Italia melainkan bersama rider Australia, Casey Stoner. Ducati harus terus bersaing keras dengan merek-merek asal Jepang.
Lalu Jepang ? Para pembalap asal negeri Matahari Terbit memang belum ada yang pernah juara di kelas utama itu. Norifumi Abe, Tadayuki Okada hanya pernah memenangi di beberapa seri saja. Tapi Jepang adalah negara dengan pemasok mesin motor terbanyak sepanjang sejarah balap motor MotoGP. Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki adalah merek terkenal yang dipakai di kejuaraan ini. Honda dan Yamaha sering bersaing menjadi yang terbaik dan silih berganti juara, Suzuki masih di bawah mereka meski pernah juara pada tahun 2000 bersama Kenny Roberts Jr. sementara Kawasaki sudah tidak turun lagi dalam beberapa tahun terakhir. Masih terbukti, tim pabrikan maupun tim satelit dan tim privat, masih mengandalkan mesin-mesin asal Jepang.
Bagaimana dengan negara lain ?
Pembalap Amerika Serikat dan Australia yang bertanding di kelas utama MotoGP, kalah banyak dengan Spanyol atau Italia dan mereka juga tidak menurunkan merek mesin motor seperti Jepang dan Italia. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, dari dua negara ini pernah ada juara dunia yaitu Kenny Roberts Jr tahun 2000, Nicky Hayden tahun 2006 dan Casey Stoner sebanyak tiga kali, tahun 2007, 2009 dan 2010. Di masa lalu, di mana lomba ini masih bernama GP500, prestasi rider-rider yang berasal dari dua negara inilah yang sering mendominasi. Kenny Robert, Michael Doohan dan Wayne Rainey serta Kevin Schwantz adalah para pembalap di luar negara Jepang, Italia dan Spanyol yang pernah menjadi juara.
Ada lagi hal yang lain :
Spanyol adalah negara yang sirkuitnya paling banyak digunakan selama setahun musim lomba balap motor motoGP, yaitu Sirkuit Jerez, Catalunya dan sirkuit Valencia. Tiga sirkuit itu dalam beberapa puluh tahun terakhir pasti masuk ke dalam kalender balap. Sirkuit-sirkuit di Italia yang juga sering digunakan lomba otomotif ini ialah : Sirkuit Mugello, San Marino dan Monza. Sementara Jepang hanya satu sirkuit yaitu Twin Ring Motegi. Sirkuit-sirkuit lain selain tiga negara itu yang sudah rutin menjadi penyelenggara antara lain : Indianapolis, Laguna Seca dan Austin di Amerika Serikat, Philip Island di Australia, Sepang Malaysia, Shanghai di Cina, Brno Ceko, Sachsenring Jerman, Assen Belanda, Le Mans Perancis dan Doha di Qatar.
Seperti olahraga yang lain, di lomba balap motor MotoGP juga ada beberapa negara yang kelihatan lebih menonjol, setidaknya dalam setiap acara race, tiga negara itulah yang paling sering disebut.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Alasan Juara-2 MotoGP Terkini Nggak Mau Pakai No.1 di Motornya

Tiga Negara Inilah Yang Masih Terus Eksis di Event Balap MotoGrandpriX !

Serba-Serbi Yang Seru dari Sirkuit Lomba Adu Cepat Roda 2 MotoGP

Index Artikel-artikel arena MotoGRANDPRIX dari P L M 1 2 dot C O M

Acara MotoGP. Daftar Kata-kata dan Istilah-2
 

PLM12.com

Informasi & Opini Arena Olahraga Lain

Fenomena – Entertainmen – Serba-Serbi.

Gaya Hidup – Istilah & Bahasa Gaul & Keseharian

Cara-cara, Kiat-Kiat, Solusi, Tips & TRIK

B L O G dan W E B S I T E

 


Sekilas Lomba Balap Motor MotoGP :
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang populer disebut MotoGP diselenggarakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan otomotif roda dua paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Sirkuit-2 itu antara lain : Losail Qatar – Buenos Aires Argentina – Jerez Spanyol – Le Mans Perancis – Mugello Italia – Catalunya Spanyol – Assen Belanda – Donnington Park Ingris – Sachsenring Jerman – Brno Republik Ceko – Monza Italia – Austin Amerika Serikat – TWin Ring Motegi Jepang – Sepang Malaysia – Philip Island Australia – Valencia Spanyol. Khusus sirkuit Losail di Qatar, balapan digelar pada malam hari. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.