Pemandangan Rutin Saat Liburan. Ada Perubahan ?

Pembaca yth

Apa bedanya hari libur dengan hari biasa ? Ini khusus di Indonesia, bedanya adalah ada pemandangan lain dari yang lain alias kontras di beberapa tempat yang sehari-harinya ramai terutama saat liburan panjang yang istilah asingnya disebut long weekend. Ada lagi perbedaan lainnya ? Tentu saja ada dan bisa untuk antisipasi bagi yang berniat jalan-jalan ke sebuah tempat untuk berbagai acara mengisi liburan. Antisipasi dalam arti bukan untuk menghindari tapi persiapan matang untuk menghadapi situasi. Ini diantaranya :
1. Di jalan-jalan protokol kota-kota besar seperti Jakarta yang sehari-hari penuh sesak dengan kendaraan dan macet, akan tampak lengang. Lebih lagi waktu libur Lebaran tiba. Pemandangan sangat mencolok terjadi. Seperti kota mati ? Nggak terlalu sih, tapi memang jadi sepi. Nah, untuk yang kebetulan tidak pergi kemana-mana, silahkan jalan-jalan menikmati silentnya lalu lintas di beberapa pusat kota Jakarta. Begitu juga suasana di dalam kantor-kantor. Hanya ada beberapa karyawan, sekuriti atau satpam saja yang terlihat. Apa yang menjadi penyebabnya ? Karena …
2. penduduk Jakarta dan kota-kota besar lain banyak yang pergi melancong ke luar kota. Kawasan Puncak Bogor hingga Cipanas Cianjur, masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Demikian pula tempat piknik dengan udara sejuk lain misalnya di daerah Sukabumi yang masih termasuk di Jawa Barat dan daerah Lembang di Bandung Utara. Meski ketiga tempat wisata itu sama-sama daerah sejuk, namun karena berbeda lokasi dan daerah, tentu saja ada sensasi lain dari masing-masing. Yang pasti, udara di kota yang panas gerah yang setiap hari disuguhi pemandangan jalanan yang macet, membuat orang ingin ngadem mencari tempat-tempat yang sejuk dan pemandangan alam yang indah ketika hari libur, meski perjalanan ke arah sana bisa macet juga. Khusus untuk Bandung yang ngetop dengan sebutan kota kuliner dan kota mode dan dijuluki Paris van Java juga sangat diminati ketika liburan tiba.
3. Lonjakan drastis pengunjung yang datang berduyun-duyun ke tempat-tempat hiburan. Destinasi wisata yang di hari biasa sepi wisatawan, maka pada waktu liburan panjang akan menjadi sangat ramai. Taman Impian Jaya Ancol dengan Dufan dan Sea Worldnya, TMII, Kebon Binatang Ragunan dan juga Monumen Nasional, pasti akan penuh sesak, membludak. Pikniker segala usia dari anak-anak, remaja sampai dewasa hingga manula, memenuhi lokasi untuk refreshing, enjoy menikmati hiburan yang disediakan pengelola. Lokasi berkunjung lainnya misalnya : Musium, Kota bersejarah, warisan budaya dan lain-lain.
4. Kemacetan yang parah karena diakibatkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan menuju arah lokasi berlibur yang didatangi. Misal beberapa kilometer menjelang gerbang masuk ke Pelabuhan Ratu Sukabumi, Pantai Anyer dan Carita di Pandeglang Banten. Di kawasan Puncak, karena jalur lalu lintasnya sempit sementara volume kendaraan terus meningkat, maka kalau terjadi kemacetan parah, pihak berwenang lalu lintas akan menerapkan sistem yang dinamakan buka tutup pada jam-jam tertentu. Apa yang dimaksud dengan system buka tutup ? Menjelang sore hari sekitar pukul 16.00, jalur dari arah Puncak Pas menuju Ciawi Bogor dan Tol Jagorawi, akan di berlakukan lalulintas satu arah, sementara kendaraan yang dari arah tol Jagorawi, harus menunggu sampai pukul 18:00, untuk bisa masuk dan naik ke Kawasan Puncak.
5. Efek dari penuh sesaknya daerah Puncak, maka semakin terbuka dan menjadi ramailah jalur-jalur alternatif lain, seperti jalan raya Jonggol dan ada yang terpaksa lewat jalan raya Sukabumi yang memang relatif lebih jauh. Pengendara banyak yang menghindari antrian ke arah Puncak Bogor.
6. Karena jalur alternatif semakin ramai, maka menjadi peluang bisnis tersendiri bagi penduduk setempat bahkan investor dari luar. Restoran, bengkel, warung-warung di pinggir jalan jadi banyak bermunculan.
7. Pedagang asongan yang menjual berbagai macam dagangan terutama makanan dan minuman di sepanjang antrian mobil yang sedang antri macet parah. Itu juga peluang usaha sampingan bagi penduduk sekitar lalu lintas yang sedang macet parah. Bisnis barupun bertumbuhan ketika liburan tiba.
8. Hotel-hotel, vila penginapan, motel dan restoran akan lebih ramai dibanding hari biasa. Bahkan untuk hotel dan penginapan, biasanya kalau dari jauh-jauh hari belum pesan atau booking, pas hari liburnya pasti sudah tidak kebagian kamar. Pemesanan sudah ditutup. Semuanya sudah penuh. Bagaimana dengan harga ? Tentu lebih tinggi dibanding hari biasa.
9. Khusus untuk libur Lebaran Idul Fitri, banyak warga yang mengadakan perjalanan lebih jauh lagi keluar Jawa Barat, eksodus hingga ke kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sumatera untuk mudik pulang kampung. Kondisi sosial budaya mudik pulang kampung adalah fenomena dan keunikan tersendiri dari Indonesia. Mereka ingin mengadakan silaturahmi dengan orangtua yang masih ada dan bertemu dengan sanak famili yang lainnya di kampung. Dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan seperti sepeda motor, mobil pribadi, angkutan umum, kereta hingga pesawat dan kapal laut, berbondong-bondonglah mereka seperti hijrah ke tempat kelahiran mereka atau ke tempat saudara.
10. Pembantu rumah tangga juga biasanya mudik pulang kampung, kecuali orang yang rumahnya dekat. Resikonya ? Pekerjaan yang biasa dia lakukan, terpaksa harus tuan rumah yang mengerjakan sendiri. Itu salah satu resiko yang harus dihadapi ketika tiba libur panjang terutama Lebaran. Resiko lain yaitu apakah pembantu itu kembali datang untuk bekerja di rumah Anda ?
11. Lalu bagaimana dengan liburan menjelang pergantian tahun ? Libur menyambut malam tahun baru itu berbeda dengan libur biasanya, karena di malam tersebut ada acara menarik yang spesial bagi sebagian masyarakat. Untuk pergantian tahun Masehi biasanya diisi dengan acara kumpul-kumpul dan tepat pukul 24.00, kembang api dinyalakan. Venue-venue tertentu mensetting tempat khusus untuk acara tersebut.
12. Berbeda dengan libur Lebaran yang banyak warga Jakarta pulang mudik ke kampung halamannya masing-masing, maka saat malam Tahun Baru, tempat-tempat hiburan di Jakarta dan kota utama lainnya pasti ramai dikunjungi oleh warga. Ada juga sebagian yang pergi ke luar kota, misal ke Bali dan Lombok untuk tahun baruan di sana.
13. Ini yang nggak kalah seru dan heboh ketika liburan terutama menjelang libur berakhir. Arus balik ! Ketika liburan hari raya Lebaran sudah akan berakhir, maka warga yang mudik pulang kampung akan kembali lagi ke Jakarta atau kota-kota besar lainnya di mana mereka sehari-hari bekerja mencari nafkah.
14. Hari ke tujuh setelah hari pertama Lebaran disebut juga dengan H plus 7, di mana setelah mudik dari kampung, masyarakat dengan menggunakan aneka jenis transportasi baik umum maupun kendaraan pribadi, kembali lagi ke kota-kota besar seperti ibukota Jakarta. Suasana seperti itu juga disebut dengan istilah puncak arus balik. Padatnya kendaraan di ruas jalan terutama jalur tol pun tak dapat dihindari. Pemandangan yang sudah diprediksi.
Kota-kota besar yang sewaktu libur panjang tampak lengang, maka setelah H plus 7 kembali ramai hiruk pikuk dan macet seperti biasanya, karena warga sudah mulai beraktifitas kembali untuk bekerja. Begitulah kurang lebih pemandangan rutin yang bisa menjadi perhatian bagi Anda yang ingin berpergian agar mengantisipasi sesuatu yang meskipun mungkin nggak berresiko bahaya tapi cukup penting.

 

Baca Yang Lainnya :
Belum Jelas Mau Liburan Kemana ? Ini Beberapa Jenis Wisata Yang Menjadi Pilihan

Tidak Semua Libur Itu Menyenangkan. Baca Yang Berikut !

Untuk Inspirasi Liburan. Sekilas Kota-Kota Ibukota Propinsi di Indonesia

Daftar Kota-Kota Yang Ada di Timur Tengah

Bukan Ibukota Tapi Menjadi Kota Yang Terkenal Di Dunia. Apa Penyebabnya ?

Daftar Kata-2 dan Istilah Yang Berhubungan Dengan Perkotaan

Situs Informasi, Opini, Olahraga, Hiburan, Gaya Hidup, Tips dan Trik dan Blog
Singkat Info Tentang 16 Nama Kota-kota Besar Yang Ada Di China

Kumpulan Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


Libur Panjang

Istilah-Istilah Asing : Holiday – Leisure – Long Weekend – Trip – Traveling – Exotic – Excite – Beautiful – Wonderful – Amazing – Relax – Place – Unique – Awesome – Nice Time.

Hari Libur Nasional Indonesia : Tahun Baru Masehi – Tahun Baru Muharram – Maulid Nabi Muhammad SAW – Tahun Baru Imlek – Hari Raya Waisak – Hari Raya Nyepi – Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW – Hari Buruh Sedunia (Mayday) – Paskah – Kenaikan Isa Al Masih – Idul Fitri (Lebaran) – Idul Adha – Natal – Hari Kemerdekaan Indonesia.