Para Atlit Indonesia Peraih Medali Emas di Olimpiade


Di pesta olahraga antar bangsa-bangsa yaitu Olimpiade, keikutsertaan kontingen Indonesia dimulai pada tahun 1952 ketika multi sports event tersebut berlangsung di negara Finlandia di kota Helsinki. Namun meski demikian, para atlit Indonesia pertama kali berhasil memperoleh medali emas ketika berlaga di Olimpiade Barcelona, Spanyol pada tahun 1992 tahun kemudian. Siapa dan dari cabang olahraga apa saja perolehan medali emas tersebut ? Silahkan baca yang berikut :
1. Susi Susanti. Dialah peraih medali emas pertama untuk kontingen Indonesia di Olimpiade. Susi Susanti adalah atlit cabang bulutangkis Barcelona, Spanyol pada tahun 1992.
2. Alan Budi Kusuma. Seperti juga Susi Susanti, pebulutangkis ini juga meraih medali emas di cabang bulutangkis tapi untuk nomor tunggal putra pada ajang Olimpiade Barcelona pada tahun 1992 di Spanyol.
3. Rexy Mainaky dan Ricky Subagja. Dua nama ini adalah pasangan ganda putera untuk cabang bulutangkis juga. Mereka berhasil menggondol medali emas di Olimpide musim panas yang berlangsung pada tahun 1996 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Meski ada dua orang atlit, namun medali emas untuk Indonesia tetap dihitung satu.
4. Tony Gunawan dan Candra Wijaya. Empat tahun kemudian event Olimpiade berlangsung di Sydney, Australia pada tahun 2000. Medali emas untuk Indonesia kembali didapat dari cabang badminton yang dipersembahkan oleh pasangan ganda putra Tony Gunawan dan Candra Wijaya.
5. Lagi dari cabang badminton, Taufik Hidayat andalan Indonesia untuk cabang bulutangkis berhasil menggondol emas untuk nomor tunggal putra pada Olimpiade 2004 di Athena, Yunani.
6. Pasangan ganda putra Markis Kido dan Hendra Setiawan yang juga di cabang bulutangkis, juga meraih medali emas pada tahun 2008 di Olimpiade Beijing, China.
7. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang merupakan ganda campuran Indonesis untuk badminton juga berprestasi puncak dengan menyabet medali emas ketika Olimpiade berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil pada tahun 2016.
8. Ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu melengkapi nomer bulutangkis yang berhasil menggondol medali emas. Mereka sukses di Olimpiade Tokyo2020, Jepang pada tahun 2021.
Dengan demikian sejak Olimpiade tahun 1992 di Barcelona, kontingen Indonesia selalu membawa pulang medali emas ke tanah air. Untuk sementara semua medali emas tersebut diperoleh dari cabang bulutangkis. Bagaimana di Olimpiade berikutnya ? Perkembangan yang menarik tentu sangat ditunggu.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.