EVENT OLAHRAGA


Halo, Sport mania !

Acara olahraga ada banyak. Tapi event-event yang diselenggarakan, ada perbedaan tentunya. Misalnya dari tujuan acaranya untuk apa, lalu jenis ajang olahraganya bagaimana, dll. Nah dari berbagai pertandingan cabang olahraga, ada perbedaan-perbedaan tersebut yang akan dijelaskan. Ini diantaranya :
1. Pertandingan. Ini adalah ajang untuk mempertemukan dua orang atau juga dua tim untuk adu keterampilan teknik baik secara individu maupun tim. Tim atau atlit yang lebih siap secara fisik.dan mental tentu di atas kertas mempunyai peluang menang lebih besar. Meski segalanya bisa saja terjadi.
2. Pertandingan Amal. Acara olahraga ini diadakan untuk mengumpulkan dana yang akan diserahkan kepada orang-orang yang memerlukan bantuan. Misalnya bantuan untuk korban bencana, pandemi dsb. Dana yang terkumpul berasal dari penjualan tiket, dari sponsor dan dari donatur.
3. Partai Persahabatan. Event ini juga pertandingan tidak resmi seperti juga pertandingan amal. Pertandingan persahabatan bisa juga untuk amal, bisa juga untuk promosi sekaligus uji coba kemampuan tim oleh pelatih. Meski terkesan kurang seru, karena biasanya ada beberapa pemain topnya tidak diturunkan bermain atau pemain utamanya itu hanya bermain untuk satu babak saja. Di babak kedua dia tidak tampil lagi. Dalam istilah bahasa Inggris, pertandingan persahabatan disebut dengan Friendly Match. Di sepakbola Indonesia pernah mendatangkan klub-klub terkenal Eropa, misal Lazio, Sampdoria, AC Milan, Eindhoven dan Borusia Dortmund untuk bertanding melawan klub lokal.
4. Laga Uji Coba. Kalau pertandingan ini memang khusus untuk tes kemampuan para pemain. Sering sekali sebuah tim misalnya sepakbola, menurunkan banyak pemain yang kurang dikenal, masih muda-muda. Yang biasa jadi starter atau pemain inti, sedikit yang turun. Untuk olahraga yang bersifat lomba, uji coba juga pasti dilakukan. Misalnya di cabang balap otomotif. Acara uji coba dilakukan untuk melihat performa seorang pembalap ketika mengendarai kendaraan dengan spesifikasi mesin keluaran baru.
5. Pertandingan Pemanasan. Ini pertandingan pembukaan yang waktunya berdekatan dengan jadwal pertandingan resmi. Di Inggris ada pertandingan yang disebut Charity Shield yang diadakan menjelang kompetisi utama Liga Primer. Charity Shield mempertemukan juara liga melawan juara piala FA.
6. Lomba. Jenis acara olahraga ini adalah beberapa peserta diharuskan tiba di satu posisi yang telah ditetapkan oleh panitia lomba sesuai regulasi. Umumnya dimulai dari garis yang disebut Start dan berakhir di garis Finish. Lomba ini karena berusaha mencapai tujuan lebih dulu, dan bukan seperti pertandingan yang harus saling berhadapan, maka resiko fisik bersinggungan, kecil. Kecuali terjadi tabrakan beruntun yang diakibatkan kendaraan di depan mengalami kecelakaan misalnya. Lalu pembalap yang di belakangnya tidak bisa mengendalikan kendaraannya diikuti oleh pembalap yang lainnya hi ngga terjadilah insiden tabrakan beruntun. Contoh olahraga lomba adalah : Lomba balap motor MotoGP, balap mobil F1, lomba lari maraton, lomba renang, lomba dayung dll. Yang dinilai dari sebuah olahraga lomba adalah catatan waktu tercepatnya.
7. Turnamen. Event olahraga ini menggunakan system penyisihan/gugur. Artinya siapapun atlit atau tim yang kalah, maka tidak bisa ikut acara turnamen kejuaraan lagi. Bagi yang menang harus terus ikut untuk bertanding melawan pemenang lainnya. Jadi prinsip turnamen adalah harus menang kalau mau juara.

plm12

Fenomena Sosial – Opini Olahraga – Tips & Trik – Hiburan – Sekilas Info

Contoh turnamen : Piala Dunia Sepakbola, Piala Eropa atau piala Asia. Namun turnamen ini diawali dengan babak penyisihan di mana sebuah tim masih berkesempatan maju ke sistem gugur, melakukan dua pertandingan lagi jika di pertandingan pertama mengalami kekalahan. Setelah lolos dari babak penyisihan inilah, seorang atlit atau tim memasuki babak enam belas besar, di mana kalau mereka mau sukses, harus menang. Dari mulai babak ini dan seterusnya, sering terjadi pertarungan panas dengan tensi tinggi.
8. Kompetisi. Ini adalah acara olahraga yang biasanya berlangsung setiap tahun. Seperti kompetisi sepakbola Indonesia, lalu ada Liga Primer Inggris, Seri-A Italia dan kompetisi Bola basket NBA Amerika Serikat. Berbeda dengan turnamen, kalau ajang kompetisi ini tergantung point atau nilai klasemen akhir yang dikumpulkan setiap klub peserta dan mereka harus menjalani sekian banyak game. Sebuah tim bisa saja kalah di satu pertandingan, tapi kalau nilainya masih tertinggi dibanding peserta lain, maka tim itu masih tetap bertengger di posisi atas klasemen. Jadi penentuan juara kompetisi ditentukan oleh nilai klasemen akhir. Sering juga terjadi sebuah klub sudah ditetapkan sebagai juara kompetisi meski masih menyisakan beberapa pertandingan lagi. Itu bisa terjadi karena nilai klub tersebut sudah jauh meninggalkan klub lainnya, terutama klub yang berada di posisi kedua. Umumnya kompetisi sepakbola di seluruh dunia, menganut sistem seperti itu.
9. Pesta Olahraga. Ini disebut juga Multi Event. Pesertanya ? Banyak ! Namanya juga pesta. He he he. Bisa diikuti oleh negara-negara di satu benua bahkan untuk seluruh dunia. Olimpiade adalah multi event yang diikuti oleh kontingen dari hampir seluruh negara di dunia. Untuk Asian Games hanya diikuti oleh negara-negara yang ada di benua Asia saja. Multi Event berarti pesta olahraga untuk berbagai cabang olahraga. Hadiahnya adalah medali emas, perak dan perunggu. Ada hadiah lainnya ? Pastinya ! Pesta olahraga antar bangsa-bangsa kan bisa mengharumkan negeri ke seluruh dunia, itu kalau menang. Jadi atlit yang berprestasi, pantas dapat bonus khusus dari negeri tercinta.
Baiklah, demikian beberapa macam pertandingan olahraga di berbagai event. Masih ada lagi yang lain, tapi secara umum seperti yang telah disebutkan itulah yang dikenal.
 

Event-Event Olahraga Dunia :
logo website plm12

Daftar Nama Organisasi Olahraga : FIFA – UEFA – PSSI – PBSI – ATP – AFC – NBA – IOC – FIA – FIM – PGA – WBC – IBF – WBA – WRC – WTA – FIBA – CAF – CONMEBOL – CONCACAF – WBO – OPBF

Sepakbola – Bulu tangkis – tenis – renang – atletik – otomotif – golf – gulat – tinju – karate – pencak silat – yudo – taekwondo – kempo – bola basket – rugby – balap kuda – maraton – panahan – menembak – dayung – angkat besi – binaraga – dirgantara – gerak jalan – tenis meja – sepak takraw – selancar ombak – selancar angin – yoga – lempar lembing – lempar cakram – tolak peluru – bola voli – lompat galah – lompat jauh – terjun payung – panjat tebing – ski air – ski es – polo air – loncat indah – UFC – hockey – polo – gantole – diving.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.