Olahraga Untuk Sehat Jasmani Dan Rohani

Di sebuah pertandingan olahraga ada banyak pelajaran untuk dijadikan contoh yang positif untuk diterapkan ke dalam urusan-urusan di luar bidang olahraga. Dengan olahraga orang bisa menjadi sehat jasmani. Walaupun cuma sekedar berjalan kaki, bisa juga disebut berolahraga, apalagi bila dilakukan secara rutin akan banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kabarnya jalan kaki malah lebih baik daripada olahraga berlari-lari.
Memulai olahraga awalnya malas, apalagi sengaja untuk berolahraga. Bagaimana cara menyiasatinya ? Dengan dibarengi rutinitas lainnya, misalnya ketika berangkat atau pulang dari kantor, kampus atau darimanapun, sempatkan berjalan kaki sejauh ratusan meter. Tapi ini juga berat, apalagi ketika teman-teman yang lain naik kendaraan dan cepat sampai, kita sendirian malah jalan kaki, kesannya, seperti nggak punya kendaraan, dibilang ngiritlah atau sedang kehabisan ongkos dll. Sebagian karyawan di kompleks gedung perkantoran, ada yang berniat olahraga dengan cara ketika tiba di kantor sengaja tidak naik lift, tapi mereka menggunakan tangga darurat untuk mencapai ruang kerjanya. Mungkin cara olahraga begitu lebih ringan, meski untuk mendapatkan hasil perlu dilakukan secara rutin.
Demikianlah dan memang semua aktifitas yang dilakukan untuk sebuah hal yang baik memang berat untuk melakukannya terutama ketika memulainya, termasuk olahraga untuk sehat jasmani. Itu contoh olahraga yang bisa menjadikan sehat jasmani.
Olahraga bisa juga menjadikan rohani menjadi sehat. Misal dalam sebuah arena pertandingan olahraga atau dalam sebuah kompetisi. Di sana banyak aturan-aturan juga regulasi yang harus ditaati oleh semua yang terlibat dalam suatu pertandingan. Pemain, wasit, pelatih, tim official, panitia dan para penonton. Siapapun yang melanggaru aturan-aturan dan regulasi harus mendapat sangsi, nggak peduli yang melanggar itu pemain yang terkenal, pemain bintang atau tim yang hebat, semuanya akan mendapat hukuman yang sesuai. Bahkan ketika pertandingan telah usaipun, tim atau seorang atlit nggak boleh langsung pulang, ada lagi yang perlu ditaati, misalnya victory lap di cabang lomba otomotif, konferensi pers, pembagian medali atau hadiah dan barangkali juga kewajiban moral lain, yaitu ucapan terima kasih kepada fans/penggemar yang telah memberikan dukungan penuh atas kesuksesan mereka, karena tanpa fans atau penonton pendukung, atlit pemenang bukan apa-apa.
Hal semacam itu bisa melatih orang atau atlit dan tim untuk selalu sadar bahwa mereka tidak bisa berbuat seenaknya dalam arena pertandingan atau kompetisi. Dampaknya dapat merusak suasana pertandingan yang kondusif, merusak tontonan yang sudah menjadi bisnis, seperti media televisi atau juga akan merugikan sponsor-sponsor yang memasang iklan di sekeliling lapangan misalnya. Dan lagi kalau suasana pertandingan kacau balau, penonton akan kapok untuk datang ke stadion. Kalau pertandingan jadi kacau, sponsor jelas jadi rugi dan selanjutnya mereka tidak mau lagi menanamkan modalnya untuk berpromosi dengan memasang iklan di sekeliling lapangan.
Efek positif lain dari aturan-aturan itu bisa menciptakan manusia-manusia yang taat dan menghormati aturan-aturan demi kepentingan bersama, mereka sadar bahwa ada kepentingan lain yang lebih utama selain kepentingan mereka sendiri.
Hadirnya seorang kepala negara atau presiden di stadion untuk menyaksikan langsung pertandingan juga akan berdampak positif. Pemimpin dan rakyat jadi terasa lebih dekat. Ini biasanya di pertandingan pembukaan dan di pertandingan final.
Kondisi dan prestasi olahraga juga bisa menggambarkan jasmani dan rohani yang sehat sebuah negeri. Contohnya negara Cina yang ekonominya sedang booming, prestasi olahraganya yang juga hebat. Pada pesta olahraga Olimpiade tahun 2008, CIna berhasil menggeser Amerika Serikat dalam perolehan medali. Di cabang renang biasanya Amerika Serikat mendominasi perolehan medali, tapi kemudian China lebih unggul dari negara kuat lainnya, termasuk Amerika Serikat. Meski belum jaminan juga prestasi bagus olahraga suatu negara menggambarkan hebatnya negara itu, misalnya bidang ekonomi. Contohnya sebelum negara Uni Soviet terpecah-pecah dan masih menjadi super power tandingan Amerika Serikat, prestasi olahraganya juga sangat mendominasi, terutama dalam Olimpiade.

 

PLM12.com

Sport Asia, MotoGP, Sepakbola Dan Olimpiade dll

Kabar Info Peristiwa Sepanjang Tahun Ini.

Panorama & Fenomena Indonesia.

DUNIA ISLAM

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

I k l a n

 


Sepakbola

Turnamen sepakbola piala dunia FIFA pertamakali diadakan di benua Afrika yaitu pada tahun 2010. Negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Afrika Selatan.

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita.