Negara Jepang di Lomba Balap Motor MotoGP

Hallo MotoGP fans !

Sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa negara dengan julukan Matahari Terbit, Jepang adalah salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia. Merek-merek kendaraan dari jenis mobil dan motor yang hampir seluruh dunia mengenalnya adalah hasil kreasi mereka. Bahkan di dunia olahraga otomotif, mesin-mesin balap buatan Jepang boleh dibilang mendominasi, khususnya di lomba balap motor seperti MotoGrandprix atau MotoGP. Honda, Yamaha, Suzuki selalu tampil di arena MotoGP. Satu merk motor buatan Jepang lain lagi yaitu Kawasaki, meski dalam beberapa tahun terakhir tidak ikut serta.
Untuk merek motor, yang paling paling banyak juara tentu saja motor Honda. Bahkan dalam dua puluh tahun terakhir termasuk masa-masa lomba masih bernama GP500 karena menggunakan mesin 500 cc, juara dunia kontruktor terbanyak adalah tim Honda, terutama tim Repsol Honda. Michael Doohan, Valentino Rossi, Nicky Hayden dan Marc Marquez adalah para juara dari tim Repsol Honda.

Honda adalah pabrik motor terbesar di dunia sejak tahun 1959. Pendiri Honda adalah Soichiro Honda. Motor produksi yang pertama pada tahun 1949 bernama D-Type. D itu kependekan dari Dream
Merk motor asal Jepang lainnya yang menjadi saingan berat tim Honda adalah Yamaha. Tim dengan logo garpu tala pernah juara MotoGP ketika dikendarai oleh rider asal Italia Valentino Rossi dan pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo. Bahkan Rossi membawa tim Yamaha mencetak hattrick pada tahun 2003, 2004 dan 2005.
Yamaha Motor berdiri pada tahun 1955. Pada awalnya motor Yamaha adalah salah satu divisi dari perusahaan yang memproduksi piano, organ dan berbagai alat musik yang bermarkas di Hamamatsu Jepang dan didirikan pada tahun 1887.
Sementara itu motor kontestan MotoGP asal Jepang lainnya yaitu Suzuki pernah juara ketika bersama Kenny Robert Jr dari Amerika Serikat, tapi ketika itu kapasitas mesinnya masih 500cc dengan system dua langkah pada tahun 2000. Setelah Kenny Roberts Jr penampilannya makin menurun, prestasi tim Suzuki terus tertinggal dari tim Honda dan Yamaha.
Suzuki pertama kali memproduksi sepeda motor pada tahun 1952. Pendiri Suzuki yang awalnya memproduksi mensin industri tekstil adalah Michio Suzuki pada tahun 1909.

Semenjak era MotoGP dimulai yaitu pada tahun 2002, hanya motor merk Ducati asal Italia saja yang berasal dari luar Jepang yang pernah juara yaitu pada tahun 2007 ketika dikendarai oleh Casey Stoner asal Australia.
Meski dominasi merk motor asal Jepang di arena balap motor MotoGP terus berlangsung dari tahun ke tahun, tapi sayangnya tidak diimbangi dengan prestasi para pembalap asal Jepang sendiri, kecuali di kelas yang lebih kecil yaitu Moto2 dan sewaktu lomba balapan masih bernama GP500, yaitu kelas 250cc dan 125cc. Para rider asal Jepang yang turun di kelas para raja kurang bersinar. Bahkan di beberapa tahun musim terakhir kejuaraan balap motor MotoGP, pembalap Jepang tidak ada yang turun membalap di lomba tersebut. Ada beberapa pembalap Jepang yang cukup terkenal sebelumnya meski belum pernah juara dunia, misalnya : Tetsuya Harada di kelas 250 cc, Haruchika Aoki kelas 500cc, Sinya Nakano 250 cc, Norifumi Abe dan Tadayuki Okada untuk kelas utama 500cc. Nama yang terakhir disebutkan adalah pernah juara lomba GP500 di seri sirkuit Sentul Indonesia pada tahun 1997. Sementara Tetsuya Harada pernah juara kelas 250 cc dan Norifumi Abe juga pernah juara beberapa seri di lomba GP500.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Alasan Juara-2 MotoGP Terkini Nggak Mau Pakai No.1 di Motornya

Tiga Negara Inilah Yang Masih Terus Eksis di Event Balap MotoGrandpriX !

Serba-Serbi Yang Seru dari Sirkuit Lomba Adu Cepat Roda 2 MotoGP

Index Artikel-artikel arena MotoGRANDPRIX dari P L M 1 2 dot C O M

Acara MotoGP. Daftar Kata-kata dan Istilah-2
 

PLM12.com

Informasi & Opini Arena Olahraga Lain

Fenomena – Entertainmen – Serba-Serbi.

Gaya Hidup – Istilah & Bahasa Gaul & Keseharian

Cara-cara, Kiat-Kiat, Solusi, Tips & TRIK

B L O G dan W E B S I T E

 


Sekilas Lomba Balap Motor MotoGP :
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang populer disebut MotoGP diselenggarakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan otomotif roda dua paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Sirkuit-2 itu antara lain : Losail Qatar – Buenos Aires Argentina – Jerez Spanyol – Le Mans Perancis – Mugello Italia – Catalunya Spanyol – Assen Belanda – Donnington Park Ingris – Sachsenring Jerman – Brno Republik Ceko – Monza Italia – Austin Amerika Serikat – TWin Ring Motegi Jepang – Sepang Malaysia – Philip Island Australia – Valencia Spanyol. Khusus sirkuit Losail di Qatar, balapan digelar pada malam hari. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.