Nama-Nama Playmaker Hebat Di Tim Sepakbola

Kerjasama yang kompak antar pemain di sebuah tim sepakbola memang bisa menentukan kemenangan pertandingan. Tapi kadang-kadang kompak saja belum cukup, karena bisa saja lawan menerapkan strategi bermain bola yang pas untuk merusak kekompakan. Di sebuah tim sepakbola, seorang pemain yang menonjol dan biasanya menjadi kapten kesebelasan, amat diperlukan kehadirannya. Perannya sebagai kapten dibutuhkan untuk menjaga kekompakan antar pemain (karena seorang kapten harus disegani oleh pemain lainnya), juga sebagai penentu permainan dan pengatur serangan atau motor serangan. Pemain itu disebut juga playmaker. Tanpa playmaker, tim sepakbola akan kehilangan bentuk permainan. Playmaker adalah pemain yang berpengalaman di semua level. Contoh beberapa pemain sepakbola top kelas dunia yang berperan sebagai playmaker sekaligus sukses meraih juara piala dunia antara lain :

 
1. Diego Maradona. Legenda asal Argentina ini memang pemain yang kontroversial. Namun di samping aksinya yang amat manarik perhatian publik, pemain bernomor 10 ini menjadi motivator rekan-rekannya dan berhasil mengantarkan tim Tango Argentina meraih gelar juara dunia untuk kedua kalinya pada tahun 1986 di Meksiko.
2. Lothar Matthaus. Dialah pemilik rekornya sebagai pesepakbola yang pernah main di lima turnamen piala dunia yaitu tahun 1982, 1986, 1990, 1994 dan 1998, caps nya itu sulit disamai oleh pesepakbola manapun. Lothar Mathaus bertindak sebagai kapten dan pengatur serangan untuk Jerman Barat pada tahun 1990. Tim Panser berhasil menjadi juara dunia untuk yang ketiga kalinya di Italia.
3. Carlos Dunga. Di masa pemain kharismatis inilah, Brasil menjadi sebuah tim sepakbola yang sangat perkasa di dunia. Selama delapan tahun mulaii tahun 1994 sampai tahun 2002, tim Samba memiliki banyak sekali pemain bertalenta hebat termasuk Dunga sendiri. Sukses Carlos Dunga diraih pada tahun 1994, ketika Selecao merengkuh juara dunia keempat kalinya di piala dunia Amerika Serikat.
4. Zinedine Zidane. Prestasi playmaker banyak sekali prestasinya. Dia mampu mengantarkan Perancis juara piala dunia pertama kalinya di Perancis dan piala Eropa di tahun 2000. Zidane juga sangat diandalkan oleh klub-klub liga yang pernah mengontraknya, antara lain : Bordeaux, Juventus dan Real Madrid. Sebagai pelatihpun juga terbilang oke, Real Madrid yang ditukanginya menjadi juara piala Champions Eropa pada tahun 2016 dan 2017.
5, Andrea Pirlo. Pemain terbaik piala dunia 2006 di Jerman adalah Fabio Canavaro. Tapi Andrea Pirlo adalah gelandang kreatif yang menciptakan serangan-serangan Italia. Dia menjadi inspirator di tim Azzurri dan bersama tim Italia, Pirlo mengangkat trofi piala dunia FIFA dan menjadi gelar keempat bagi Italia..
6. Xavi Hernandez. Andres Iniesta, Xavi Hernandez dan Sergip Busquets adalah trio asal Spanyol yang sangat disegani lawan-lawannya dari tim lain. Tapi yang paling pas bertindak sebagai playmaker adalah Xavi Hernandez. Bahu-membahu bersama pemain lain, Spanyol sempat merajai dunia sepakbola selama delapan tahun. Spanyol berhasil menjuarai piala Eropa berturut-turut pada tahun 2008 dan tahun 2012. Sebelumnya tim Matador juga menjadi kampiun piala dunia pada tahun 2010 di Afrika Selatan.
7. Andres Iniesta. Xavi Hernandez mengundurkan diri dari timnas, meninggalkan Andres Iniesta dan Sergio Busquets serta pemain Spanyol lain, tapi Iniesta masih mampu bermain brilyan tanpa Xavi, baik di timnas maupun di klub Barcelona.
Bagaimana dengan pemain timnas Indonesia ?
Playmaker atau pemain kunci di era sepakbola sekarang tidak seperti era sepakbola sebelumnya. Seperti juara dunia tahun 2014, tim Jerman, tuan rumah Brasil, Argentina dan lainya. Mereka banyak yang mengandalkan seorang pemain yang hebat namun belum memiliki tipe sebagai seorang playmaker.

 

Baca Yang Lainnya :
Sepakbola Piala Eropa Antar Negara dan Negara-Negara Yang Pernah Menjadi Juara

Piala Dunia FIFA, Tim Yang Pernah Juara & Info Lainnya

Sepakbola Olimpiade & Kesebelasan-2 Yang Pernah Mendapatkan Medali Emas

Kejuaraan Sepakbola Asia dan Event-2 nya

Event Sepakbola Lainnya (Asia, Afrika, Amerika Latin dan juga Indonesia)

Hiburan Lagu dan Video Musik Dari Lapangan Hijau Sepakbola

BOLA DARI AMERIKA, ASIA, AFRIKA dan… dari dalam negeri, Indonesia.
Serba-Serbi Lain Dari Sepakbola. Yang Unik Hingga Yang Misteri

Kumpulan Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


Lapangan Bola

5 Klub Teratas Juara Liga Champions Eropa : Real Madrid, Spanyol – AC Milan, Italia – Liverpool, Inggris – Bayer Munchen, Jerman dan Barcelona, Spanyol.

Acara-2 Resmi Sepakbola : Turnamen Piala Dunia FIFA, Turnamen Piala Eropa UEFA, Piala Champions Eropa, Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Liga Seri-A Italia, Piala Dunia Antar Klub, Piala Champions Asia, Piala Afrika, Copa Amerika, Piala Libertadores, Sepakbola SEA Games, Sepakbola Asian Games, Piala Konfederasi dll.