Nama Kota-Kota Besar Di Timur Tengah

Wilayah yang terkenal kaya akan minyak yaitu Timur tengah, mempunyai kota-kota dengan arsitektur gedung yang modern. Salah satu bukti adalah gedung pencakar langit tertinggi di dunia ada di sana, yaitu di kota Dubai Uni Emirat Arab yang dinamakan Burj al-Khalifa. Meski demikian, modernisasi yang terjadi di sana tidak menghilangkan budaya asli arab yang eksotis dan tetap ditonjolkan. Untuk lebih lengkapnya berikut daftar kota-kota di Timur Tengah :

Kota di Timur Tengah dalam tulisan Arab
1. Dubai. Adalah kota terbesar dan paling padat di Uni Emirat Arab. Lokasi di sebelah tenggara Teluk Persia dan menjadi ibukota Uni Emirat Arab. Di sana juga ada beberapa gedung pencakar langit tertinggi di dunia salah satunya yaitu Burj Khalifa. Dubai menjadi kota termahal ke 22 di dunia dan termahal di wilayah Timur Tengah, demikian menurut sebuah catatan. Bandara di Dubai bernama Dubai International Airport. Bandara ini bandara paling sibuk ketiga di dunia. Bandara yang lain yaitu Al Maktoum. Mempunyai satu landasan khusus untuk pesawat A380 dan akan menjadi bandara terbesar di dunia dengan lima landasan, empat terminal dengan kapasitas 160 juta penumpang dan 12 juta ton kargo.
2. Mekah. Kota suci umat Islam ini menjadi tujuan utama di wilayah Timur Tengah, umat Islam dari seluruh dunia datang ke Masjidil Haram di Mekah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yaitu haji. Di tengah mesjid terbesar di dunia itu ada bangunan berbentuk kubus yang dinamakan Ka’bah, menjadi kiblat arah untuk ibadah sholat bagi kaum muslimin seluruh dunia. Di kota Mekah juga ada satu tower yang terkenal yaitu Abraj Al-Bait Tower dan menjadi bagian dari Makkah Royal Clock Tower Hotel. Terletak kurang lebih 600 meter dari Mesjidil Haram. Untuk transportasi udara, Kota Mekah hanya mempunyai bandara kecil Mecca East Airport dan harus melalui bandara King Abdulaziz International di kota Jeddah yang berjarak kurang lebih 100 km dari pusat kota.
3. Kuwait City. Negeri di Timur Tengah yang dijuluki negerinya para Emir juga tidak ketinggalan membangun kota yang modern. Adalah Kuwait City yang merupakan kota terbesar di Kuwait sekaligus menjadi ibukota negara Kuwait. Sebagai kota terbesar Kuwait City menjadi kota budaya, politik dan pusat ekonomi Kuwait. Untuk mendukung semua itu, Kuwait City memiliki bandara internasional Mina Al-Shuwaik (Shuwaik Port) dan Mina Al Ahmadi (Ahmadi Port). Kota Kuwait adalah salah satu kota yang berhawa paling panas di dunia dengan suhu sekitar 45 derajat Celcius karena lokasinya dikelilingi oleh gurun di sekitar teluk Arab.
 
4. Riyadh. Riyadh adalah ibukota kerajaan Saudi Arabia. Posisi Kota ini terletak di semenanjung Arab, Beberapa gedung pencakar langit sedang dibangun. Kingdom Tower juga merupakan salah satu simbol modernnya kota yang termasuk ke dalam 50 kota yang paling aman di dunia. Bandara udara kota ini bernama King Khalid International Airport (KKIA) di sebelah utara pusat kota. Untuk transportasi darat ada infrastruktur jalan tol, jalur kereta, metro, bis. Jalur keretanya akan bisa menghubungkan kota Riyadh dengan kota Jeddah dan Mekah serta beberapa wilayah di utara Saudi Arabia.
5. Muscat. merupakan ibukota Oman, salah satu negara Timur tengah yang terletak di tepian Laut Arab. Pegunungan Al-Hajar mendominasi lingkungan kota Muscat dan juga umumnya wilayah negara Oman. Perekonomian Muscat didominasi oleh perdagangan terutama minyak. Beberapa perusahaan besar di sana menjadi mitra perusahaan-perusahaan yang sudah terkenal dari seluruh dunia seperti elektronik dan otomotif. Untuk transportasi udara, kota Muscat memiliki bandara yang bernama Muscat International Airport yang melayani tujuan wilayah Timur Tengah, beberapa negara Asia dan Eropa. Untuk transportasi umum di darat, di kota Muscat ada bis Baiza dan Taxi untuk menuju daerah-daerah sekitar kota. Destinasi wisata di Muscat misalnya Al Alam Palace, Musium Nasional dan Pelabuhan Sultan Qaboos.
6. Teheran merupakan ibukota Iran dan juga termasuk provinsi Tehran adalah kota terbesar ke tiga di Timur Tengah. Terletak tidak jauh dari pegunungan Alborz. Teheran adalah kota terpadat penduduknya di Iran dan juga di Asia Barat, menempati urutan 29 di dunia dan juga kota metropolitan terbesar kedua di Timur Tengah. Kota Teheran memiliki bandara internasional Mehrabad and Khomeini.
7. Istanbul. Istanbul yang dalam sejarah masa lalu terkenal dengan nama Byzantium adalah ibukota dari negara Turki dan menjadi kota terpadat sekaligus sebagai pusat ekonomi, budaya dan pusat sejarah. Istanbul merupakan kota di Eurasia yaitu sebagian masuk Eropa dan sebagian masuk Asia. Terletak di antara laut Hitan dan Laut Marmara. Memiliki bandara yang bernama Istanbul Atatürk International yang sebelumnya bernama Yesilköy yang berada di urutan ke lima sebagai bandara tersibuk di Eropa. Nama Ataturk sendiri digunakan untuk menghormati presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk.

Sekilas Lima Negara Terbesar Yang Terletak di Wilayah Timur Tengah

Kota-2 di Timur Tengah & Event Olahraga Kelas Dunia

Yang Paling Istimewa dari Bahrain dan Qatar di tahun 2000-an

Yang Paling Istimewa dari Bahrain dan Qatar di tahun 2000-an
Berita Informasi Timur Tengah dan Peristiwa Internasional Lainnya Sepanjang Tahun ini

Daftar Kata & Istilah Yang Berhubungan dengan Perkotaan
 


8. Sharjah. Adalah kota terbesar ketiga setelah Dubai dan Abu Dhabi dan juga terpadat ketiga di Uni Emirat Arab yang menjadi salah satu dari metropolitan Dubai-Sharjah-Ajman yang berlokasi di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di semenanjung Arab. Kota Sharjah adalah pusat kebudayaan dan industri dan berkontribusi untuk pendapatan negara Uni Emirat Arab. Kota Sharjah memiliki bandara yang bernama Sharjah International Airport yang setiap harinya melayani penerbangan menuju Lebanon, Yordania, Inggris, Belanda, Ukraia, India, Mesir, Syria, Pakistan, Bangladesh, Saudi Arabia, Iran, dll. Transportasi di Sharjah lainnya yaitu jalan tol yang terhubung ke beberapa kota utama di Uni Emirat Arab seperti Dubai, Fujairah, Ajman, dll.
9. Kairo. Adalah ibukota dari negara Mesir dan merupakan kota terbesar di negeri piramid tersebut. Di wilayah Timur Tengah, Kairo adalah kota dengan wilayah metropolitan terbesar. Berlokasi di dekat delta sungai Nil, Kairo menjadi pusat politik dan budaya Mesir. Universitas yang paling terkenal di sana adalah Al-Azhar. Kota Kairo memiliki bandara internasional yang bernama Cairo International Airport yang berlokasi di Heliopolis sebelah utara Mesir dan menjadi bandara tersibuk kedua di Afrika setelah bandara Tambo International di Johannesburg.
10. Abu Dhabi. Adalah ibukota Uni Emirat Arab dan menjadi kota terpadat kedua di Uni Emirat Arab. Sebagai sebuah ibukota negara, Pusat pemerintahan, politik, kebudayaan, komersial dan aktifitas industri berada di sana. Abu Dhabi memiliki bandara yang bernama Abu Dhabi International Airport dan menjadi bandara tersibuk kedua di Uni Emirat Arab. Terletak di tenggara semenanjung Arab, Teluk Persia. Kota Abu Dhabi adalah sebuah pulau dan dihubungkan melalui jembatan Maqta dan Mussafahhe ke wilayah-wilayah Uni Emirat Arab lainnya. Transportasi umum lainnya di kota ini adalah bis, taksi dan ferry untuk tujuan di dalam kota dan menuju airport atau bandara. Salah satu event tahunan olahraga otomotif kelas dunia yaitu balap mobil Grand Prix Formula-1 atau F-1 juga ada di kota Abu Dhabi. Di sirkuit yang bernama Yas Marina, tontonan hiburan balap mobil bergengsi tersebut digelar dan menjadi salah satu balapan Formula-1 yang berlangsung pada malam hari.
11. Ankara. Kota terbesar kedua di Turki setelah kota Istanbul. Selain sebagai ibukota Republik Turki, Ankara adalah kota industri dan komersial yang penting di Turki. Bandara utama yang ada di Ankara bernama Esenboga International Airport, yang terletak di timur laut kota. Transportasi lainnya adalah : Infrastruktur jalan tol, kereta subway, Metro, kereta ekspres TCDD HT65000, komuter dan jenis transportasi publik lainnya yang bisa menghubungkan ke kota-kota utama di Turki seperti Istanbul, Balikesir, Izmir, Kars, Eskisehir dan lain-lain.
12. Doha. Kota ini adalah ibukota dari negara Qatar dan kota terpadat. Letaknya di pantai Teluk Persia, sebelah timur wilayah negara Qatar. Selain sebagai ibukota negara, Doha juga menjadi pusat ekonomi negara Qatar. Pada tahun 2011, di majalah Fortune, Doha termasuk 15 kota baru yang terbaik untuk bisnis. Ekonomi utamanya berasal dari minyak dan industri gas alam. Bandara di kota ini bernama Doha International yang dibangun untuk salah satu tujuannya yaitu industri pariwisata. Transportasi lainnya antara lain : Metro System, Jalan tol dan komuter. KOta Doha juga termasuk istimewa untuk olahraga bergengsi internasional karena terpilih sebagai penyelenggara event-event : Lomba balap motor MotoGP di sirkuit Losail yang berlansung setiap tahun, pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2006 dan akan menjadi tuan rumah kejuaraan sepakbola piala dunia FIFA pada tahun 2022.
13. Jeddah. Kota ini termasuk ke dalam propinsi Mekah dan kota terbesar di propinsi tersebut. Jedah adalah pintu gerbang menuju kota Mekkah dan Madinah, Arab Saudi. Letaknya di pantai laut Merah, sebelah barat Saudi Arabia. Kota Jedah juga merupakan ibukota komersial negara Arab Saudi. Fokus ekonominya di sektor investasi dan sains. Transporasi di Jeddah melalui bandara King Abdulaziz International Airport yang salah satu terminalnya khusus untuk melayani jemaah haji dari seluruh dunia. Transportasi lainnya adalah : Seaport atau pelabuhan laut Jeddah, lokomotif ekspres, Haramain yang melayani rute Mekah, Medinah dan Jeddah sendiri. Lalu ada jalan tol yang menghubungkan Mekah, Riyadh dan Dammam di pantai timur.
 
14. Baghdad. Sebagian kota-kota di Timur Tengah ada yang berada di wilayah Asia Barat. Salah satunya adalah kota Baghdad. Kota ini adalah ibukota negara Irak. Lokasinya ada di sepanjang sungai Tigris yang membelahnya menjadi dua, sebelah timur dinamakan Risafa dan sebagian seberang sungai di baratnya disebut dengan Karkh. Bagdad yang merupakan kota terbesar kedua terbesar di dunia Arab setelah Kairo adalah pusat kebudayaan, intelektual dan komersial di dunia Islam. Untuk transportasi bia udara, kota Baghdad memiliki bandara yang bernama Baghdad International Airport.
15. Tel Aviv. Kota ini letaknya di sepanjang garis pantai laut Mediterania dan menjadi ibukota dan juga adalah sentra ekonomi dan pusat teknologi negara Israel. Untuk transportasi udara, kota Tel Aviv mempunyai bandara yang bernama Ben Gurion International Airport. Transportasi lainnya adalah kereta dan fasilitas jalan tol yang terhubung ke beberapa wilayah di sekitar kota.
16. Damaskus. Kota yang menjadi ibukota negara Suriah ini letaknya di barat daya Suriah. Kota Damaskus adalah kota metropolitan. Bandara utama di kota Damaskus adalah Damascus International Airport kurang lebih 20 km dari pusat kota yang melayani penerbangan menuju beberapa kota Timur Tengah hingga beberapa wilayah Asia.
17. Beirut. Lokasi kota ada di semenanjung di pantai Mediterania Libanon. Sebagai ibukota negara Lebanon tentu saja Beirut adalah kota terbesar di negeri itu. Beirut tercatat sebagai salah satu kota tertua di dunia karena sudah didiami oleh penduduk sekitar lebih dari 5000 tahun yang lalu. Untuk transportasi udara, kota Beirut mempunyai bandara yang bernama Beirut–Rafic Hariri International Airport. Jenis transportasi lain yang ada di sana adalah bis yang terhubung ke kota lain di Lebanon dan juga bisa ke kota besar di negeri tetangganya yaitu Suriah termasuk ibukota Damaskus.
 

sepakbola piala dunia

MINI NEWS TIMUR TENGAH 2019 !
Qatar terpilih menjadi tuan rumah piala dunia sepakbola FIFA tahun 2022 mendatang. Dengan demikian Qatar adalah negara di kawasan Timur Tengah pertama yang menjadi penyelenggara turnamen kelas dunia tersebut. Stadion Khalifa di kota Doha menjadi salah satu lokasi pertandingan. Event populer lain selain piala dunia sepakbola di Qatar adalah lomba balap motor Motograndprix atau MotoGP yang dijadwalkan berlangsung bulan Maret tahun ini.

Berita & Peristiwa dari Timur Tengah & Internasional Lainnya di Tahun Ini

 
18. Yerusalem. Adalah salah satu kota paling penting di wilayah Timur Tengah karena ada keterkaitan erat dengan agama Islam, Nasrani dan Yahudi. Letaknya di antara laut Mediterania dan Laut Mati. Kota Yerusalem juga adalah salah satu kota paling tua di dunia.
19. Sana. Adalah kota yang menjadi ibukota negara Yaman. Seperti juga Beirut dan Yerusalem, kota ini adalah salah satu kota tertua di dunia. Dan dengan letaknya di posisi 2300 meter, kota Sana adalah salah satu kota ibukota tertinggi di dunia. Pada tahun 1986, kota Sana ditetapkan oleh PBB sebagai situs warisan dunia atau World Heritage Site karena keunikannya itu. Bandara yang ada di kota Sana bernama Sana’a International Airport yang melayani jalur domestik dan juga insternasional. Jenis transportasi lainnya di Sana antara lain : Taksi dan dababs yang berupa minibus yang berkapasitas 10 penumpang.
20. Amman. Selain sebagai ibukota negara Yordania, kota Amman juga kota yang terpadat penduduknya, sekaligus menjadi pusat ekonomi, politik dan budaya nasional. Amman menjadi kota di wilayah Timur Tengah yang paling banyak ke lima yang dikunjungi.
21. Manama. Ini kota terbesar yang sekaligus menjadi ibukota dari Bahrain. Menjadi pusat perdagangan penting di Teluk Persia. Transportasi udara di kota Manama melalui bandara Bahrain International Airport yang berlokasi di Muharraq Island. Selain melayani rute penerbangan di wilayah Timur Tengah khususnya Teluk Persia, bandara ini juga melayani rute internasional seperti Eropa, Asia, Afrika dan Amerika Utara.
22. Nicosia. Kota ini adalah ibukota dari negara Siprus yang terletak di Eropa tenggara dekat Turki. Ada dua bandara yang ada di Nikosia yaitu Larnaca International Airport dan Paphos International Airport.
23. Cyprus Utara. Di Siprus Utara, kota ini menjadi pusat ekonomi, politik dan kebudayaan.
24. Tarim. Kota ini letaknya di lembah Hadramaut di selatan negara Yaman. Kota Tarim adalah kota yang bersejarah dan diakui menjadi pusat akademi, hukum dan ilmu-ilmu keagamaan dan pendidikan Islam. Misalnya Dar al-Mustafa yang terkenal sebagai institut studi pengetahuan Islam. Sebuah perpustakaan yang bernama al-Kaf yang menyertai masjid Al-Jame-a juga ada di Tarim. Ribuan manuskrip tentang Islam dari mulai hukum, Sufi, Pengobatan, astronomi, perkebunan, biografi, sejarah, matematika, filsafat, logika, ada di perpustakaan yang dikunjungi ribuan orang per tahunnya tersebut. Di kota ini banyak sekali warga dari keturunan nabi Muhammad SAW. Bandara udara terdekat dengan kota Tarim ada di kota Seiyun, sekitar 30 km jaraknya. Penerbangan internasional yang dilayani bandara ini hanya menuju Jeddah di Saudi Arabia dan Dubai serta Abu Dhabi di Uni Emirat Arab.

Update …

 
 

Yang Lainnya :
Sekilas Tentang Lima Negara Terbesar yang Terletak di kawasan Timur Tengah

Kota-kota di Timur Tengah dan Event Olahraga Kelas Dunia

Kota-kota di Indonesia dan Fenomena Fantastis Lainnya

Kata & Istilah-2 Terkait dengan Perkotaan

Tips-tips dan Pedoman-pedoman bagi Anda Yang akan bepergian Mengisi Liburan

Fenomena Sosial Bahasa : Kamus Kata-kata dan Istilah-istilah Yang Berhubungan dengan hari Libur

Kamus Kata dan Istilah-istilah yang Terkait dengan daerah Perkotaan
Singkat Peristiwa dan Kejadian di Dunia dan Indonesia Sepanjang tahun ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Dunia Islam (Islam World)

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


Gedung Pencakar Langit

Burj Khalifa
Salah satu bangunan tertinggi di dunia yang ada di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Tingginya kurang lebih 900 meter.

Negara-negara Yang Termasuk Wilayah Timur Tengah : Arab Saudi, Mesir, Irak, Iran, Turki, Suriah, Israel, Yaman, Yordania, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Palestina, Lebanon, Siprus. Satu-satunya negara Timur Tengah yang terletak di benua Afrika adalah Mesir. Wilayah laut yang sangat strategis di Timur Tengah adalah : Terusan Suez dan Teluk Persia.