Nama, Kata dan Istilah Terkenal Tahun 2020

Halo pembaca,

Di tahun 2020 ini sepertinya tidak ada lagi informasi yang hangatnya melebihi berita tentang wabah penyakit pernafasan yang diakibatkan oleh virus Corona. Bagaimana tidak, pandemi yang secara tak terduga tersebut nyaris melumpukan hampir seluruh aktifitas manusia di berbagai bidang. Baiklah, berikut daftar nama, kata dan istilah yang menjadi terkenal karena berhubungan dengan pandemi tersebut dan banyak juga nama-nama populer lainnya di luar istilah pandemi :
Corona : Nama ini menjadi sangat akrab bagi hampir semua orang. Virus ini sangatu berbahaya dan menular.
Covid-19 : Ini kependekan dari Corona Virus Disease 2019 yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti : Wabah Virus Corona 2019.
Karantina : Ruangan khusus untuk seseorang yang dicurigai terkena virus corona. Kalau untuk sebuah wilayah, karantina ini adalah daerah yang ditutup dari keluar masuknya orang.
Masker : Salah satu alat penutup wajah dari mulai hidung sampai mulut untuk menghindari masuknya debu kotor termasuk virus Corona.
Alex Rins : kembali menambah daftar juara baru seri MotoGP 2020 setelah memenangi lomba balapan yang berlangsung di sirkuit Aragon Spanyol pada 18 Oktober 2020. Alex Rins adalah rider Spanyol yang membalap di tim Suzuki.
APD : Singkatan dari Alat Pelindung Diri. APD digunakan oleh para tenaga medis yang bertugas menangani pasien yang terjangkit virus Corona.
Bayer Munchen : adalah klub sepakbola asal Jerman yang berhasil menjuarai liga Champion Eropa 2020 di Lisbon, Portugal. Itu adalah sukses yang spesial karena berlangsung di masa pandemi Covid-19. Di partai puncak, mereka mengalahkan wakil Prancis, Paris Saint Germain.
Beirut : Kota di kawasan Timur Tengah yang diguncang sebuah ledakan besar di bulan Agustus 2020. Beirut adalah ibukota dari negara Libanon.
Brad Binder : Pebalap asal Afrika Selatan yang pertama dari tim KTM yang sukses juara lomba MotoGP yang sempat ditunda karena pandemi Covid-19. Lomba itu berlangsung di sirkuit Brno Rep. Ceko.
Donald Trump : Presiden Amerika Serikat di masa pandemi Covid 19, di tahun 2020.
Eddie Van Halen : Pendiri group rock Amerika Serikat, Van Halen meninggal dunia tanggal 6 Oktober 2020. Gitaris kharismatis era 80-90 an yang bernama asli Edward Lodewijk Van Halen tersebut menderita kanker tenggorokan yang kemudian menjalar ke bagian tubuh lainnya.
Joan Mir : Pembalap Spanyol dari tim Suzuki akhirnya berhasil menjadi juara dunia balap motor MotoGP 2020 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol 15 November 2020. Meski tidak menaiki podium tapi poin Mir sudah tidak terkejar lagi oleh rider lain. Di lomba sebelumnya yang juga berlangsung di Valencia, Joan Mir sukses menjadi juara seri. Untuk seri kedua 15 Nov tersebut yang jadi juara seri adalah pembalap Italia dari tim Petronas Yamaha yaitu Franco Morbidelli.
Joe Biden : terpilih menjadi presiden Amerika Serikat untuk periode 2021 – 2025, setelah menang pilpres atas Donald Trump.
Kamala Harris : adalah wanita pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang menjabat sebagai wakil presiden. Dia adalah wakil dari presiden Joe Biden.
Kobe Bryant : Pemain bola basket salah satu klub NBA Amerika Serikat, LA Lakers, meninggal dunia akibat helikopter yang ditumpanginya mengalami kecelakaan pada bulan Januari 2020.
LA Lakers : adalah klub bola basket NBA yang juara di musim 2020 setelah berhasil mengalahkan klub Miami Heat.
Lewis Hamilton : berhasil jadi juara dunia lomba balap Mobil Formula-1 atau F1 di Istanbul, Turki, 15 November 2020. Pembalap tim Mercedes asal Inggris tersebut telah mengumpulkan poin yang tidak mungkin terkejar lagi oleh peserta lain.
Lockdown : Penguncian. Masyarakat tidak boleh ada yang keluar dan tidak boleh ada yang masuk ke wilayah tertentu.
Social Distancing : Berasal dari bahasa Inggris yang artinya : Jaga jarak dari pergaulan orang banyak.
Physical Distancing : Juga berasal dari bahasa Inggris yang artinya jarak antar tubuh orang. Untuk menghindari tertular dan menularkan virus, seseorang harus jaga jarak dengan orang lain, minimal 2 meter.
Lauk Daon : Kata ini adalah plesetan dari lockdown. Lauk Daon berarti salah satu menu makanan berupa daun-daunan.Entah siapa yang pertama kali memlesetkannya lalu populer di media sosial, misalnya : WhatsAPP.
PSBB : Ini adalah singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Pemerintah Indonesia memberlakukan PSBB untuk menghambat dan memutus rantai penularan virus Corona.
ODP : Singkatan dari Orang Dalam Pengawasan.
PDP : Pasien Dalam Pengawasan.
OTG : Orang Tanpa Gejala.
Zone Merah : Daerah yang penduduknya banyak terjangkit virus corona.
Wuhan : Kota besar di negara Cina di mana kasus Covid-19 pertama kali ditemukan.
Cuci Tangan : Pekerjaan yang kelihatannya ringan tapi justru inilah salah satu protokol kesehatan yang penting.
Pandemi : Wabah penyakit yang melanda seluruh dunia
Stay at Home : Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya “Tinggal di rumah”
Di rumah saja : Kata-kata sederhana ini menjadi populer di Indonesia sejak mewabahnya Covid-19. Kata-kata itu merupakan anjuran serius kepada masyarakat untuk tinggal di rumah selama masih ada wabah corona.
Hand Sanitizer : Cairan khusus pembersih tangan.
Jaga jarak : Dengan orang lain, minimal 2 meter.
Wash your hand : Kalimat ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya “cuci tanganmu”
Isolasi : Kondisi tertutup dari dunia luar karena sedang terjangkit virus.
Herd Immunity : Sekelompok orang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Ini sempat menjadi ide untuk meredam penyebaran Covid 19.
Airborne : Istilah ini digunakan untuk virus Corona yang melayang-layang di udara.
WHO : Singkatan dari World Health Organization. Adalah salah satu organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi masalah kesehatan di dunia.
New Normal : Kebiasaan baru beraktifitas yang dilakukan seperti ketika menghindari virus corona, misalnya rajin cuci tangan, jaga jarak (physical distancing), memakai masker, menghindari kontak fisik, menghindari kerumunan ramai orang.
Itulah beberapa nama, kata dan istilah yang di tahun 2020 menjadi tidak asing lagi karena terkait dengan pandemi virus corona atau Covid19.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.