Motor Tercepat Yang Beradu Cepat di Sirkuit

Itulah yang terjadi di salah satu lomba otomotif roda dua MotoGP. Tercepat bukan berarti kencang di trek lurus dengan top speed yang spektakuler yang bisa tembus 350 kilometer per jam, tapi juga stabil ketika memasuki tikungan, tidak melebar sewaktu berada di tikungan kemudian keluar dari tikungan dengan cepat pula.
Sirkuit-sirkuit yang menyelenggarakan lomba balap motor MotoGP, berbeda-beda karakternya. Ada sirkuit yang memiliki trek lurus yang panjang di pit lane, misalnya sirkuit Catalunya Spanyol, Mugello di Italia dan Sepang Malaysia. Motor-motor dengan power yang besar sangat unggul di sana. Ada juga sirkuit yang kondisi treknya berkelok-kelok, berliku-liku seperti sirkuit Assen Belanda. Keterampilan individu boleh jadi berpengaruh besar untuk menang di sirkuit yang menyelenggarakan lombamya pada hari Sabtu ini.
Lalu ada lagi sirkuit yang pendek dengan jalur yang sempit sehingga susah untuk menyalip atau overtake seperti di sirkuit Sachsenring Jerman dan Laguna Seca Amerika Serikat. Ada lagi satu sirkuit yang kondisinya sangat unik karena dipengaruhi oleh iklim alam sekitar yaitu sirkuit Philip Island Australia, di mana karena lokasinya nggak jauh dari pantai, maka hembusan anginnyapun sangat besar yang bisa mempengaruhi laju para rider di trek. Bagaimana dengan balapan di sirkuit Doha Qatar ? Benar ! Di sirkuit inilah satu-satunya lomba balapan berlangsung pada malam hari.

Antara Doohan, Rossi, Stoner dan Marquez, siapa yang terhebat ?

Informasi Hasil Lomba & Klasemen Pembalap MotoGP Tahun ini

Daftar Para Juara Lomba Motograndprix dalam 20 Terakhir

Daftar Kata & Istilah Yang sering digunakan di lomba MotoGP & Artinya.

Yang menarik lagi adalah sirkuit yang biasanya mendapat giliran terakhir dalam kalender tahunan balap motor MotoGP yaitu Sirkuit Valencia di Spanyol. Sirkuit ini seperti arena sirkus, penonton yang hadir bisa menyaksikan hampir semua bagian-bagian trek-trek sirkuit.
Motor-motor yang ikut berlomba di balap motor MotoGP adalah motor yang tidak dijual bebas di pasaran. Disebut dengan prototype. Motor-motor yang dipakai pembalap-pembalap seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, Lorenzo, Pedrosa dan lain-lain hanya untuk digunakan di sirkuit. Setting dan pengaturan teknisnya disesuaikan dengan kondisi sirkuit yang akan dipakai.
Dari beberapa merk motor yang berlaga di balapan MotoGP, Ducati Desmosedici pernah mencatat rekor kecepatan tertinggi yaitu 345 km per jam. Dengan top speed yang sangat membahayakan itu maka di tahun berikutnya pihak penyelenggara membuat regulasi untuk menurunkan kapasitas mesin menjadi 800cc dari sebelumnya yaitu 990cc. Teknologi otomotif memang terus berkembang dan kecepatan motor balap juga semakin kencang. Motor dengan kapasitas mesin 800cc pun, kecepatannya tidak terlalu jauh dengan mesin berkapasitas 990cc. Dalam kejuaraan lomba balap motor seperti MotoGP, untuk memenangkannya memang dibutuhkan motor yang sangat cepat melebihi pesaingnya dari pabrikan lain. Tapi kalau kecepatan motor terus meningkat dan bisa berresiko membahayakan para pembalap, maka istilah cepat itu jangan sampai mengesampingkan para ridernya.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Siapa lebih hebat dari empat pembalap juara ini ?

Marc Marquez pindah tim. Apa yang akan terjadi dengannnya nanti ?.

Arena Balap MotoGP & Istilah-2 Yang sering digunakannya.

Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.
Sepakbola : Piala Champions Eropa & Serba-serbinya.

Hiburan dari lagu-lagu tema Piala Dunia.
 

PLM12.com

Arena Olahraga & Serba-serbi Lainnya.

Life Style – Entertainmen – Sosialita – Kata-kata Gaul

Solusi – Kiat-2 – Tips dan Trik

Blog – Website – Media Sosial

 


Sekilas Lomba Balap Motor MotoGP :
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang populer disebut MotoGP diselenggarakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan otomotif roda dua paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Sirkuit-2 itu antara lain : Losail Qatar – Buenos Aires Argentina – Jerez Spanyol – Le Mans Perancis – Mugello Italia – Catalunya Spanyol – Assen Belanda – Donnington Park Ingris – Sachsenring Jerman – Brno Republik Ceko – Monza Italia – Austin Amerika Serikat – TWin Ring Motegi Jepang – Sepang Malaysia – Philip Island Australia – Valencia Spanyol. Khusus sirkuit Losail di Qatar, balapan digelar pada malam hari. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.