Misteri-misteri dari sepakbola piala dunia

Selama delapan puluh tahun lebih kejuaraan sudah diadakan, juara piala dunia silih berganti masih untuk negara-negara dari benua Eropa dan Amerika Latin, meski piala dunia sudah diadakan di benua Asia yaitu Korea Selatan Jepang dan benua Afrika yaitu di Afrika Selatan. Mungkinkah akan terjadi sesuatu yang lain ketika di piala dunia tahun 2022 di Qatar juaranya dari benua selain Eropa dan Amerika Latin ?
Brasil adalah pemegang rekor terbanyak supremasi sepakbola dunia dengan lima gelar, namun ternyata semuanya itu didapatnya ketika World Cup di selenggarakan di bukan negara Brasil. Di Eropa sudah pernah, di Amerika Serikat sudah pernah, di benua Asia juga pernah. Mereka belum pernah sekalipun juara di negeri sendiri.
Belanda yang terkenal dengan julukan tim Oranye adalah pencipta sepakbola gaya menyerang yang disebut dengan Total Football. Di jaman legenda mereka yaitu Johan Cruyff, total football adalah gaya bermain sepakbola yang spektakuler. Klub-klub Belanda pada waktu itu beberapa kali sukses menjuarai piala Champions Eropa. Namun ternyata dengan gaya sepakbola yang menyerang itu belumlah cukup untuk memberikan gelar juara dunia bagi Belanda. Mereka hanya sukses beberapa kali masuk grand final. Tim Oranye butuh sesuatu yang lain untuk bisa menjuarai piala dunia.
Amerika Serikat, Rusia dan Cina adalah tiga negara adidaya di dunia olahraga. Sejak puluhan tahun yang lalu dominasi mereka di dunia olahraga terutama Olimpiade, tak terbantahkan. Tapi sepertinya untuk yang satu-satunya cabang olahraga yaitu sepakbola, mereka belum bisa berbicara banyak di pentas internasional. Jangankan untuk jadi juara dunia, untuk lolos ke putaran final pun, mereka yang adidaya malah sering tidak berdaya.
Benarkah angka sepuluh itu adalah angka yang spesial ?…Yang pasti, empat pemain berikut yaitu : Pele dari Brasil, Diego Maradona asal Argentina, Lothar Matthaus dari Jerman dan Zinedine Zidane asal Perancis adalah mantan pemain sepakbola dengan catatan rekor dan prestasi yang dia atas rata-rata pemain kelas dunia lainnya. Mereka berempat adalah pemain bernomer sepuluh.
Inggris disebut-sebut sebagai pelopor sepakbola modern. Kompetisi sepakbolanya yang disebut Liga Primer adalah liga sepakbola terhebat di dunia. Kabar terakhir, mulai musim 2019, Amazon akan menjadi pemegang hak siar seluruh tayangan kompetisi itu. Tapi ternyata Inggris baru sekali menjadi juara dunia yaitu pada tahun 1966, itupun diwarnai dengan kontroversial. Dan menurut sebuah survey, peluang Inggris di piala dunia Rusia tidak terlalu besar, bahkan tidak lebih baik dari Peru. Inggris juga belum pernah menjuarai sepakbola piala Eropa.
Ini juga sebuah misteri. Brasil dan Jerman adalah dua negara yang selalu tampil konsisten di piala dunia. Sesuai dengan kondisi wilayah negara mereka yang bertolak belakang, Brasil yang negeri di wilayah tropis pernah juara dunia di negara yang beriklim dingin yaitu di Swedia pada tahun 1958, sebaliknya Jerman adalah negeri di wilayah dingin yang pernah menang piala dunia di negara tropis yaitu di Brasil pada tahun 2014. Para juara piala dunia dari yang pertama. Mana yang terbaik ?
Masih tentang Brasil dan Jerman. Sepakbola masih belum jauh dari mereka. Sejak selesainya perang dunia kedua, hanya butuh sembilan tahun bagi Jerman untuk bisa menjuarai piala dunia yaitu pada tahun 1954. Padahal dampak perang dunia tersebut sangat menghancurkan Jerman. Khusus Brasil, lima tahun setelah perang usai yaitu pada tahun 1950, berhasil menjadi runner-up.
Partai puncak atau grand final juga bisa menyimpan misteri, karena saat itulah sesuatu yang tidak terduga bisa muncul. Seperti yang terjadi di final piala dunia 2014 di Brasil, di mana Mario Goetze yang selalu menjadi pemain cadangan Jerman, malah menjadi penentu kemenangan timnya dengan gol tunggal di dua kali perpanjangan waktu. Di final itu juga, Lionel Messi dengan beberapa kali penghargaan sebagai pemain terbaik dunia, tidak bisa berbuat banyak untuk timnya yaitu Argentina.
Sepakbola Indonesia yang pernah mempunyai slogan yang berbunyi “Menuju Pentas Dunia” untuk sementara hanya bisa “Menghadirkan Pentas Dunia”. Acara-acara dan tayangan sepakbola internasional di tivi, menjadi hiburan tersendiri bagi penggemar sepakbola di tanah air. Bagaimana dengan pentas dunia untuk timnas Indonesia ? … Yang pasti kelihatannya acara sepakbola Indonesia makin enak ditonton dan makin seru. Jarang terdengar lagi berita tawuran. Entah itu sebuah misteri atau bukan.
Nantikan misteri-misteri lain dari piala dunia sepakbola.

 

Baca Yang Lainnya :
Sepakbola Piala Eropa Antar Negara dan Negara-Negara Yang Pernah Menjadi Juara

Piala Dunia FIFA, Tim Yang Pernah Juara & Info Lainnya

Sepakbola Olimpiade & Kesebelasan-2 Yang Pernah Mendapatkan Medali Emas

Kejuaraan Sepakbola Asia dan Event-2 nya

Event Sepakbola Lainnya (Asia, Afrika, Amerika Latin dan juga Indonesia)

Hiburan Lagu dan Video Musik Dari Lapangan Hijau Sepakbola

BOLA DARI AMERIKA, ASIA, AFRIKA dan… dari dalam negeri, Indonesia.
Serba-Serbi Lain Dari Sepakbola. Yang Unik Hingga Yang Misteri

Kumpulan Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


Lapangan Bola

5 Klub Teratas Juara Liga Champions Eropa : Real Madrid, Spanyol – AC Milan, Italia – Liverpool, Inggris – Bayer Munchen, Jerman dan Barcelona, Spanyol.

Acara-2 Resmi Sepakbola : Turnamen Piala Dunia FIFA, Turnamen Piala Eropa UEFA, Piala Champions Eropa, Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Liga Seri-A Italia, Piala Dunia Antar Klub, Piala Champions Asia, Piala Afrika, Copa Amerika, Piala Libertadores, Sepakbola SEA Games, Sepakbola Asian Games, Piala Konfederasi dll.