Merek Jualan Kuliner Dengan Nama-Nama Kota di Indonesia


Entah aslinya memang dari kota tersebut atau bukan, tapi kuliner dan kue-kue berikut memang sudah melekat dengan nama kota-kota di Indonesia, dalam arti sudah menjadi merk jualan di kota-kota dan wilayah lain. Ini beberapa diantaranya :
Tahu Sumedang. Tahu asal muasalnya dari berbagai daerah. Tapi untuk merk jualan tahu di banyak kota-kota di Indonesia dengan nama sebuah kota, tahu Sumedang yang paling banyak terlihat.
Warung Tegal. Ini memang bukan nama dan jenis makanan, tapi kalau orang mendengar dan juga melihat nama warung tegal, sudah pasti terbayang akan aneka makanan dari mulai nasinya dan macam-macam lauk pauknya. Dan tidak ketinggalan juga, soto ayam. Sekarang-sekarang ini sudah tidak ada yang menyebut dan memakai nama warung tegal lagi karena lebih pas dengan menyebut warteg saja, jadinya singkatan. Tegal adalah nama salah satu kota di provinsi Jawa Tengah.
 
Selengkapnya Nama-Nama Kota Ibukota Propinsi di Indonesia. Sentuh Di Sini
 
Dan Indonesia pun Memiliki Puluhan Kota Pantai Dari Sabang Sampai Merauke. Selengkapnya Sentuh Di Sini
 
Nasi Padang. Ini sudah menjadi makanan favorit orang Indonesia di mana saja berada. Nasi padang. Cuma nasi aja ? Pastinya nggak lah. Satu porsi nasi padang terdiri dari nasi, kuah, daging rendang padang dan sayuran plus sambel. Ada dua macam sambalnya, yang dibuat dari cabe hijau dan dari cabai merah. Semuanya itu pastinya dengan resep masakan khas Padang. Di samping daging rendang ada pilihan lauk lainnya, misalnya ayam goreng dan ikan. Selain nasi padang, rumah makannya juga menggunakan nama kota di Sumatera Barat tersebut yaitu rumah makan padang.
Siomay Bandung. Di kota Bandung biasanya orang menyebutnya dengan batagor yang adalah singkatan dari baso tahu goreng. Tapi banyak para penjual kuliner yang memakai kuah bumbu kacang ini menamai jualannya dengan nama siomay bandung, ada juga dengan nama siomay ikan khas bandung. Siomay terdiri dari baso, kol, kentang, telor dan ada juga yang menyediakan paria atau pare yang meski pahit tapi bisa membuat aroma masakan menjadi berbeda.
Lapis Surabaya. Yang khas dari kue ini adalah lapisannya yang berbeda. Kalau lapis legit lapisannya kecil-kecil dan berwarna kecokelatan maka lapis surabaya warna yang paling khas adalah kuning cerah dan cokelat tua. Diantara lapisannya itu diolesi selai.
Bika Ambon. Bentuknya sama dengan kue bolu tapi dagingnya kenyal tidak gembur seperti kue bolu. Meskipun kenyal tapi bukan berarti alot. Teksturnya seperti berserat serat mirip daging. Tetap empuk digigit. Namanya juga kue. Aroma dan rasa manisnya khas dan unik. Seperti apa sih rasanya ? Anda harus memakannya dan silahkan menilai. Karena susah untuk menjelaskan rasa khas bika ambon. Warnanya kuning terang dan seperti berminyak. Meski namanya memakai nama kota di propinsi Maluku yaitu Ambon, darimana asal muasalnya kue ini ? Kue bika ambon layak dinilai lebih enak dari kue bolu.
Gudeg Yogya. Bahan utamanya adalah nangka. Kuliner ini memiliki rasa yang agak manis. Memang kalau bicara tentang masakan gudeg pasti akan mengaitkan dengan nama sebuah kota yaitu Yogyakarta, ibukota dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg disantap bersama nasi dan lauk pauk lain.
Martabak Bangka. Yang paling enak dari kuliner ini adalah isinya. Martabak ada yang berisi cokelat kacang, keju dan kombinasi cokelat keju. Selain martabak Bangka, tidak sedikit pula yang melabeli jualan martabaknya dengan nama kota Bandung, jadi martabak Bandung. Sementara itu kota Bangka adalah sebuah kota yang ada di propinsi Bangka Belitung,
 
Selengkapnya Nama-Nama Kota Ibukota Propinsi di Indonesia. Sentuh Di Sini
 
Dan Indonesia pun Memiliki Puluhan Kota Pantai Dari Sabang Sampai Merauke. Selengkapnya Sentuh Di Sini
 
Bakwan Malang. Awal munculnya sempat booming karena berbeda dengan bakso dan mie ayam yang sudah dikenal saat itu. Yang khas dari bakwan Malang adalah kerupuk pangsit dan baso tahunya. Malang adalah salah satu kota di propinsi Jawa Timur.
Bubur Ayam Cirebon. Kota Cirebon dalam beberapa tahun terakhir makin terkenal dengan kuliner ini. Meski nggak semua bubur berasal dari Cirebon, tapi sudah banyak bubur ayam yang nama jualannya menggunakan nama kota yang dijuluki Kota Udang tersebut.
Dodol Garut. Ini termasuk kue dan terbuat dari beras ketan. Kota Garut sempat terkenal dengan cemilan dodol ini. Warna dodol biasanya adalah cokelat dan dibungkus kertas tipis. Garut adalah salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Barat.
Masih banyak lagi kuliner yang dalam merek jualannya memakai nama kota di Indonesia, misalnya : Soto Kudus, Asinan Betawi, Sate Madura, Pempek Palembang dan lain-lain. Tentunya makanan atau kuliner tersebut memiliki cita rasa khas masing-masing.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.