Medali Yang Diperoleh Kontingen Peserta Pesta Olahraga


Dalam pesta olahraga Olimpiade, bentuk hadiah yang menjadi simbol untuk diserahkan kepada atlit pemenang dengan tim yang juara pada acara penyerahannya adalah dalam bentuk medali. Demikian juga untuk event olahraga tingkat asia, yaitu Asian Games dan SEA Games. Ada tiga macam medali yaitu, emas untuk juara pertama, perak untuk juara kedua dan medali perunggu untuk yang juara ketiga. Untuk selengkapnya berikut penjelasannya :
1. Medali emas. Dalam bahasa Inggris disebut dengan gold medal. Seorang atlit dan beberapa orang atlit yang berarti beregu yang berhasil memenangkan pertandingan final, baik yang sifatnya lomba atau tanding akan menerima medali emas.
2. Medali Perak. Medali ini diserahkan kepada atlit dan tim yang menempati posisi kedua, juara kedua karena di babak final dikalahkan oleh atlit peraih medali emas. Bahasa Inggris dari medali perak adalah silver medal.
3. Medali Perunggu. Atlit yang berada di posisi ketiga atau juara ketiga menerima medali ini. Medali perunggu dalam bahasa Inggrisnya adalah bronze medal.
Ada beberapa kondisi yang berbeda :
1. Jika juaranya adalah regu (berregu), misalnya cabang bulutangkis ganda putra yang ada dua orang, maka medali yang dikalungkan ada dua buah. Jika dalam satu regu, misalnya tim bola voli yang berjumlah lebih dari dua orang, maka medali yang diberikan sesuai dengan banyaknya jumlah tim tersebut. Tapi meskipun jumlahnya lebih dari satu medali, secara perhitungan untuk kontingen negara yang bersangkutan tetap dihitung satu.
Contoh : Pasangan ganda putri bulutangkis Indonesia berhasil meraih medali emas. Medali yang diberikan kepada dua orang tersebut memang berjumlah dua buah. Tapi untuk kontingen Indonesia tetap tercatat dapat tambahan satu medali emas saja bukan dua emas.
Contoh lainnya : Tim bola voli putri Amerika Serikat yang berhasil mendapat medali emas. Satu tim bola voli ada 12 orang pemain, termasuk cadangan, maka ketika dilakukan penyerahan medali ada dua belas anggota yang dikalungkan. Tapi untuk perhitungan keseluruhan, kontingen Amerika Serikat tercatat hanya menambah satu medali emas saja dari cabang bola voli putri, jadi bukan dua belas.
2. Jika yang juara adalah satu orang atlit, tapi di satu cabang olahraga yang melombakan beberapa kategori. Misalnya cabang olahraga renang dan atletik. Siapa saja atlit yang berhasil meraih medali emas untuk beberapa nomor kategori, maka untuk perhitungan secara keseluruhan untuk kontingen negara yang bersangkutan, jumlahnya sesuai dengan ada berapa nomer kategori yang dimenanginya. Seorang perenang jika dia berhasil juara di nomor gaya bebas 50 meter, gaya dada 100 meter dan gaya kupu-kupu 200 meter, atlit itu mendapat tiga medali emas dan untuk negaranya dicatat juga tiga medali emas.
 

Serba-Serbi Pesta Olahraga Lainnya :
Olympic Games

Ajang pesta Olahraga terbesar di dunia Olimpiade 2020 dilangsungkan di Tokyo, Jepang pada tahun 2021. Diikuti oleh kontingen dari hampir seluruh negara di dunia. Olimpiade pertama diadakan di kota Athena, Yunani.

Yang dimaksud pesta olahraga adalah penyelenggaraan banyak cabang olahraga sekaligus di waktu dan lokasi yng telah ditunjuk, seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games dan Event Olahraga Persemakmuran dan juga PON atau Pekan Olahraga Nasional yang ada di Indonesia. Pesta olahraga tersebut biasanya diadakan setiap empat tahun sekali.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.