Masakan, Hiburan, Lokasi Unik dan Yang Khas Lainnya di Timur Tengah

Setiap negara di manapun di dunia pasti mempunyai sesuatu yang berbeda dengan negara lainnya, apalagi dari kawasan yang terdiri dari beberapa negara. Ada ciri-ciri tersendiri. Wilayah Eropa pasti memiliki sesuatu yang berbeda dengan negeri-negeri di Asia termasuk Indonesia dan juga benua Amerika. Misalnya makanan, adat istiadatnya dan alam lingkungannya. Tapi meskipun berbeda, tidak mengurangi minat negara dari kawasan lain untuk mengunjungi, menikmati bahkan terinspirasi akan hal-hal yang ada di luar wilayah mereka. Seperti yang berikut yang berada di negara-negara Timur Tengah yang beberapa diantaranya menjadi ciri khas di kawasan tersebut :

Ilustrasi Timur Tengah
1. Masjidil Haram.
Ini adalah mesjid terbesar di dunia. Umat Islam yang hendak menunaikan rukun Islam yang ke lima yaitu ibadah haji akan pergi ke kota Mekah di mana Mesjidil Haram itu berada. Ada satu lagi ibadah lain yaitu Haji Umroh yang juga harus mengunjungi mesjid yang sangat bersejarah tersebut. Di dalam Masjidil Haram ada sebuah bangunan yang berbentuk kubus yang terletak di tengah-tengah bangunan yang dinamakan Ka’bah. Ka’bah menjadi arah kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia ketika melakukan ibadah sholat.
2. Kisah Seribu Satu Malam.
Dari dunia hiburan, Kisah 1001 Malam adalah kumpulan cerita rakyat Timur Tengah yang sudah terkenal sejak lama. Kisah 1001 Malam dalam istilah bahasa Inggris diseb]ut juga “Arabian Nights”.
3. Ali Baba.
Adalah kisah rakyat yang termasuk salah satu kisah Seribu Satu Malam. Judul lengkapnya adalah Ali Baba and The Fourty Thieves atau ALi Baba dan Empat Puluh Pencuri. Telah ditampilkan kembali dalam berbagai media, khususnya film untuk anak-anak.
4. Kebab.
Untuk penggemar masakan khas Timur Tengah, makanan ini dikenal berasal dari Turki dan Persia. Namun menurut ahli bahasa, Sevan Nisanyan, kata kebab aslinya berasal dari Arab yaitu kabab yang artinya daging panggang. Kebab juga sudah terkenal dan banyak dijual di Indonesia. Cara membuat kebab tergantung jenisnya. Biasanya di masak di atas bara api dalam bentuk seperti sate, jenis kebab lainnya tidak. Kebab disajikan dalam bentuk potongan daging atau makanan laut, kadang-kadang juga dengan buah-buahan dan sayuran sebagai pelengkapnya.
5. Kurma.
Ini adalah makanan yang berbentuk buah yang sudah banyak dikenal. Pohonnya termasuk salah satu jenis palem dan banyak tumbuh di kawasan Timur Tengah. Kuliner buah ini biasanya semakin banyak dijual ketika bulan Ramadhan tiba. Kurma diyakini sangat baik untuk berbuka puasa dan gula yang terkandung di dalamnya menyehatkan.

BREAKING LINKS !…
Daftar Nama-nama Kota di Negara-negara di Kawasan Timur Tengah

Event-event Olahraga Berkelas Dunia di Timur Tengah

Info Singkat Tentang 5 Negara Terbesar Yang Ada di Kawasan Timur Tengah

Bingung Mau Liburan Kemana ? Baca Yang Berikut Sebagai Ide Untuk Berlibur

Kabar Kejadian & Peristiwa Internasional Sepanjang Tahun ini
 

Serba-Serbi Timur Tengah

6. Air Zam zam.
Sumber air zamzam ada di dalam Masjidil Haram di kota Mekah, Saudi Arabia. Kurang lebih 20 meter sebelah timur Ka’bah. Jutaan peziarah yang juga sedang menunaikan ibadah haji yang datang tiap tahun meminum air ini. Sempat beredar peringatan dari British Food Standards Agency yaitu semacam Pengawas Makanan Resmi Inggris yang menyatakan bahwa mata air zamzam mengandung zat arsenik yang berbahaya. Namun saat itu juga Council of British Hajjis atau Dewan Haji Inggris menyatakan tidak setuju dengan pernyataan itu dan menyatakan bahwa meminum air zamzam aman bagi kesehatan. Lalu diperkuat lagi oleh pernyataan otoritas Arab Saudi dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Group Laboratories of CARSO-LSEHL di Lyon, Perancis dengan mendapat lisensi dari Kementerian Kesehatan Perancis, bahwa batas zat arsenik yang terkandung dalam air zamzam yang diambil dari sumbernya sangat rendah, lebih rendah dari batas maksimum yang diijinkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO).
7. Unta.
Hampir semua orang pasti kenal dengan hewan ini. Unta adalah hewan yang penting di Timur Tengah. Binatang tersebut ada cirinya yang khas yaitu punuk di punggungnya. Punuk yang adalah tumpukan lemak itu digunakan oleh unta ketika makanan sedang jarang dan setelah lemak dipakai, punuk akan mengecil. Pendapat bahwa seekor unta menyimpan cadangan air di punuk mereka mungkin berhubungan dengan fakta bahwa unta bisa bertahan dalam waktu lama tanpa air di gurun, meski kemampuan ini terkait dengan meminum banyak air dalam sekali minum. Karena sudah ada kendaraan modern, unta yang dahulunya menjadi alat transportasi sudah jarang digunakan lagi dan hanya dimanfaatkan untuk jalan-jalan berwisata di kawasan Timur Tengah dan hiburan lainnya. Selain untuk dinaiki seperti kuda, unta juga dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi.
8. Minyak.
Komoditi ini adalah andalan perekonomian beberapa negara di kawasan Timur Tengah, Arab Saudi, Kuwait, Irak, Iran dan Uni Emirat Arab. Cadangan minyak di wilayah ini salah satu yang paling besar di dunia. Karena energi ini masih sangat vital bagi seluruh negara di dunia, maka banyak negara investor yang menanamkan modalnya di beberapa negara Timur Tengah untuk mengeksplorasi minyak bumi.
9. Teluk Persia.
Wilayah laut ini adalah sebagian dari kawasan Timur Tengah. Meskipun sebagian, tapi Teluk Persia adalah yang paling terkenal di seluruh dunia, karena di sinilah segala kabar tentang Timur Tengah paling banyak terutama politik. Beberapa peristiwa besar termasuk perang Irak-Iran selama 8 tahun dan perang Teluk menyusul aneksasi Irak atas Kuwait tahun 1991 terjadi di sana. Negara-negara Arab yang berbatasan laut dengan teluk Persia adalah Iran, Oman, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Bahrain, Kuwait dan Irak.

Dari sekian banyak kota-kota yang ada di wilayah Timur Tengah, ada salah satu kota yang sangat bersejarah terutama bagi tiga agama di dunia yaitu Islam, Nasrani dan Yahudi, itulah Yerusalem. Salah satu yang terkenal di sana khususnya bagi umat Islam adalah Masjid Al-Aqsha. Kota Yerusalem terletak di antara laut Mediterania dan Laut Mati. Kota Yerusalem juga adalah salah satu kota paling tua di dunia.
11. Aladdin.
Adalah salah satu cerita rakyat Timur Tengah yang menjadi salah satu dari kumpulan kisah Seribu Satu Malam. Judul filmnya yang terkenal termasuk ke Indonesia adalah “Aladin and The Magic Lamp” atau Aladin dan Lampu Ajaib.
12. Sinbad.
Kembali dari dunia hiburan. Sinbad adalah seorang pelaut yang digambarkan dalam cerita berjudul “The Seven Voyages of Sinbad the Sailor”.Sebetulnya kisah ini bukan termasuk bagian dari 1001 Malam, namun beberapa penterjemah asal Eropa yang salah satunya bernama Antoine Galland menambahkannya.
13. Tursina.
14. Universitas Al-Azhar.
Mesir memiliki sebuah universitas yang menjadi salah satu universitas tertua di dunia. Nama universitas itu adalah Al-Azhar yang berada di kota Kairo, ibukota Mesir. Tempat menimba ilmu pengetahuan yang terkenal ini pasti banyak yang berminat dari seluruh dunia.
Dan masih banyak lagi yang khas dan unik lainnya dari Timur Tengah. Seperti juga kawasan lain di dunia, Timur Tengah masih tetap menarik dengan ciri tersendiri.
 

Serba-Serbi Lainnya :
Sekilas Tentang Kota-kota Besar di Indonesia dan Provinsinya

Daftar Nama-nama Kota di Tiongkok

Kota-kota Besar Yang Terkenal Lainnya di Seluruh Dunia

Kata & Istilah-2 Yang Berhubungan dengan Perkotaan

Tips-tips dan Pedoman-pedoman bagi Anda Yang akan bepergian Mengisi Liburan

Kamus Kata-kata dan Istilah Gaul Yang Berhubungan dengan hari Libur

Istilah-2 Terkait Dengan Kota
Singkat Peristiwa dan Kejadian di Dunia dan Indonesia Sepanjang tahun ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Dunia Islam (Islam World)

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


Gedung Pencakar Langit

Burj Khalifa
Salah satu bangunan tertinggi di dunia yang ada di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Tingginya kurang lebih 900 meter.

Negara-negara Yang Termasuk Wilayah Timur Tengah : Arab Saudi, Mesir, Irak, Iran, Turki, Suriah, Israel, Yaman, Yordania, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Palestina, Lebanon, Siprus. Satu-satunya negara Timur Tengah yang terletak di benua Afrika adalah Mesir. Wilayah laut yang sangat strategis di Timur Tengah adalah : Terusan Suez dan Teluk Persia.