Maksud Kata Istilah Yang Umum Di Usaha Percetakan


Dalam praktek di lapangan bisa saja berbeda pengertiannya dengan arti kata yang resmi. Seperti daftar kata dan istilah berikut di bawah ini :
A3 : Salah satu ukuran kertas HVS. Umumnya berukuran 32 cm x 48 cm atau 29,7 cm x 42 cm. Adapula A3 plus yang ukurannya sedikit lebih besar. Harga untuk cetak dengan kertas A3 lebih mahal karena tidak semua printer bisa memproses kertas tersebut. Selain HVS, beberapa jenis bahan, seperti sticker dan kertas untuk photo, ada juga yang menggunakan media berukuran A3.
A4 : Kertas HVS yang berukuran 21 cm x 29,7 cm. Jenis kertas HVS ukuran A4 ini paling banyak dipakai untuk administrasi, memo dan lain-lain termasuk di percetakan yang sifatnya ringan. Harga pasti lebih murah dibanding kertas A3 misalnya. Bahan untuk cetak photo dan sticker juga ada yang berukuran A4.
Advertising : Artinya adalah Iklan atau periklanan. Asal katanya adalah “advertise”. Kata yang berasal dari bahasa Inggris ini umum dipakai untuk nama bisnis percetakan, mengikuti nama tokonya. Misalnya “Kreativisual Advertising” atau SAL Advertising. Kenapa advertising atau periklanan dipakai untuk mengikuti nama usaha percetakan ? Karena layanan produk cetak, banyak untuk keperluan iklan dan promosi. Misalnya : Kartu nama, banner, spanduk, brosur, sticker, umbul-umbul, neon boks.
Cetak : Kata dasar dari percetakan. Ini adalah sebuah kata kerja. Proses cetak ada yang cara digital ada juga dengan cara biasa. Berapa harga cetak ? Mau cetak undangan ? Brosur ? Cetak Banner ? Atau sampul rapor ? Tentu berbeda-beda.
 
Informasi Lengkap Harga dan Layanan Jasa Percetakan dan Desain. Silahkan Sentuh Di Sini.
 
Corel Draw : Salah satu aplikasi atau software yang umum digunakan di usaha percetakan. Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk membuat objek dan image vektor.
Perusahaan pengembang aplikasi ini adalah Corel Corporation.
Cover : Dalam usaha percetakan, kata bahasa Inggris ini artinya sampul yang digunakan di bagian depan dan belakang buku, kitab, rapor dan cetakan yang banyak halamannya. Bahan cover ada yang keras/kaku (hard) dan lunak (soft).
Customer : Artinya adalah pelanggan jasa percetakan. Kata customer juga dipakai di bisnis lain di luar percetakan.
Design : Dalam bahasa Indonesia adalah desain. Khusus untuk percetakan, arti dan maksud kata ini adalah merancang bentuk objek menggunakan bermacam-macam alat ke sebuah media. Alatnya misalnya pensil, pulpen, spidol dan komputer. Medianya misalnya kertas dan plastik bahkan media online. Kata design ini banyak juga dipakai menjadi pelengkap nama perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan. Misal : Kreativisual Design dan Printing, AMG Design and Printing. Harga jasa untuk pembuatan desain, bervariasi, tergantung tingkat kesulitan, untuk design apa dan banyaknya jumlah yang dipesan. Orang yang tugasnya mendesign disebut designer atau desainer.
 
Tentang Layanan Jasa Design Grafis dan Setting di Percetakan. Sentuh Di Sini Selengkapnya.
 
Doff : Ini istilah untuk efek permukaan yang dihasilkan yang tampilannya buram atau istilah umumnya “ngeblur”, tidak mengkilap. Karena sudah lama ? Tidak ! Efek doff itu bikinan baru tapi memang seperti itu. Efek doff juga digunakan untuk hasil laminating.
DP : Sebuah singkatan dari down payment. Artinya adalah uang muka tanda jadi. Untuk produk layanan percetakan tertentu dibutuhkan DP. Berapa besarnya DP yang harus dibayar oleh customer untuk order cetakan ? Yang pasti berbeda-beda.
Finishing : Proses pengerjaan terakhir untuk sebuah produksi barang cetakan. Dalam dunia bisnis percetakan, finishing bisa saja pekerjaan packing atau pengepakan, membungkus, merapikan hasil cetakan, misalnya spanduk yang harus ada mata ayamnya dan pekerjaan lain untuk persiapan pengiriman order cetakan ke customer. Kata Finishing berasal dari bahasa Inggris yang artinya penyelesaian, penyempurnaan. Kata dasarnya adalah finish.
Folio : Sebuah ukuran kertas yang sedikit lebih panjang dari kertas A4. Folio sama juga ukuran F4.
Glossy : Efek mengkilap. Misalnya laminating glossy, berarti melapisi permukaan agar menghasilkan efek jadi mengkilap.
Hard Cover : Sampul untuk buku, raport dan kitab yang keras dan kaku karena dibuat dari bahan yang tebal, misalnya bahan karton yang tebal dan kardus.
HVS : Ini singkatan dari kata bahasa Belanda yaitu Houtvrij Schrijfpapier yang artinya kertas tanpa serat kayu. HVS adalah salah satu jenis kertas dan termasuk yang terbanyak dipakai, untuk aktivitas bisnis, pendidikan, sosial dan administrasi lainnya.
 
Tentang Jasa Cetak Aneka Dokumen, Formulir Administrasi, dll. Sentuh Di Sini Selengkapnya.
 
Jpg : Adalah salah satu file extention hasil kreasi dengan aplikasi grafis dan foto. Di jaman serba online sekarang ini, file grafis jpg sering dipakai untuk komunikasi antara percetakan dengan customer. Misalnya customer mau pesan spanduk dan mengirimkan beberapa file foto lewat email atau whatsapp kepada pihak percetakan untuk diproses.
Laminating : Salah satu layanan percetakan agar kualitas hasil cetak lebih baik. Penampilan kertas yang dilaminating tentu lebih menarik dibanding kertas tanpa laminating.
NCR : Sejenis kertas untuk keperluan cetakan dokumen. Kertas NCR lebih tipis dari HVS. Barang cetakan seperti bon, nota dan faktur, memakai kertas jenis ini. Kertas NCR ada yang dibuat berwarna. Putih, merah, biru dan kuning. NCR adalah singkatan dari No Carbon Required.
Order : Artinya adalah pesanan. Percetakan lagi banjir order berarti lagi banyak pesanan. Kalau order lagi sepi berarti pesanan lagi sepi. Banyak atau sedikitnya order cetakan, tergantung dari banyak sebab.
Paper : Kata benda yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya kertas.
Photoshop : Seperti juga Corel Draw, aplikasi ini juga banyak digunakan di bisnis percetakan, tapi khusus untuk edit foto, gambar dan grafis lainnya terutama untuk menghasilkan kualitas warna yang lebih baik. Developer aplikasi Photoshop adalah Adobe.
Plano : Ukuran asli kertas dari pabrik dan masih lebar. Setelah tiba di toko kertas, barulah dipotong-potong sesuai ukuran standar pasar, seperti A4, A3, Folio dan lainnya, untuk dijual ke umum dengan harga tertentu.
Plat : Lembaran untuk master cetakan. Bahannya seperti lembaran tipis seng.
Ply :Lapis atau lapisan. Kata istilah ini untuk menyebut lembaran kertas yang berlapis. Misalnya ada kertas yang disebut kertas 2 ply itu artinya ada 2 lapis kertas dalam satu lembar. Kalau 3 ply berarti 3 lapis. Ply dalam istilah percetakan ada yang menyebut rangkap. Cetakan dengan kertas rangkap tersebut contohnya : Bon, Nota, Faktur dan Continuous Form. Semakin banyak rangkap kertas tentu harganya berbeda.
Poly : Teknik mencetak gambar dan huruf agar menghasilkan efek mengkilap seperti emas dan perak.
Price List : Istilah bahasa Inggris yang artinya daftar harga. Untuk apa price list atau daftar harga ? Untuk informasi kepada publik tentang harga-harga aneka produk layanan jasa percetakan. Dari harga yang murah sampai yang mahal, ada di price list.
Print : Kata kerja yang asalnya dari bahasa Inggris yang artinya mencetak atau cetak.
Printer : Alat atau mesin untuk mencetak, seperti mencetak dokumen, gambar, foto, label sticker dan barcode. Printer tipenya beraneka macam, dari yang untuk keperluan administrasi kantor biasa hingga untuk mencetak grafik ukuran besar dengan banyak warna atau true color. Biaya atau harga print untuk true colour tentu lebih mahal
Printing : Cetakan atau percetakan. Sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris. Kata dasarnya adalah print. Kata “printing” juga dipakai untuk nama sebuah percetakan, misalnya : AMG Printing & Design.
Rim : Satuan jumlah banyaknya lembar kertas. 1 rim banyaknya 500 lembar kertas. Paketan kertas yang dijual di pasaran adalah paket 1 rim.
Sablon : Teknik mencetak gambar dengan mempergunakan screen. Cetak sablon banyak dimanfaatkan untuk kain, kaos, plastik dan dus. Sebuah percetakan ada yang menyediakan layanan sablon plus desainnya, ada juga yang hanya melayani jasa design saja.
Separasi : Sebutan untuk proses cetak berwarna. Untuk cetak separasi perlu menggunakan master plat yang berbeda. Produk cetak separasi contohnya : Brosur dan kartu undangan
Setting : Ini istilah selain design dalam dunia percetakan untuk pembuatan gambar pesanan, seperti kartu nama, undangan, banner, ID card dan lainnya, untuk dicetak. Pekerjaan setting di usaha percetakan lebih simpel dari desain.
Sheet : Arti kata ini adalah lembar. Banyaknya kertas 100 sheet berarti 100 lembar.
Soft Cover : Kalau hard cover tadi adalah sampul yang keras maka kebalikannya adalah soft cover yaitu sampul yang lunak, artinya sampulnya terbuat dari bahan yang tipis yang mudah ditekuk bahkan ada juga yang mudah sobek. Harga soft cover tentu lebih murah dibanding dengan hard cover.
Vektor : Hasil desain image dan objek yang jika diperbesar hingga puluhan kali lipat bahkan lebih, tidak ngeblur, tidak pecah-pecah. Salah satu aplikasi atau software dengan fitur untuk vektor adalah CorelDraw.
Yasin : Ini salah satu produk utama layanan percetakan di Indonesia. Cetakan salah satu surat dalam Al Qur’an ini biasa dipesan untuk kegiatan ritual Islam. Selain surah Yaasiin, disertai pula beberapa surat Al-Qur’an dan kumpulan do’a-do’a.

Layanan Info Gratis Ini Dipersembahkan Oleh :
logo kreatif

Design – Printing – Digital Printing
– Web Design – Social Media
– Photography – Videography

Baiklah, itu beberapa kata dan istilah umum yang ada dan berhubungan dengan bisnis percetakan. Pengaruh pergaulan bisa saja membuat makna beberapa kata jadi sedikit berubah dari arti yang resmi.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Baca Yang Lainnya :

Berhubungan dengan percetakan dan iklan :Printing – Promosi – Advertising – Google Adsense – Offset – Publisher – Design – Layout – Sablon – Banner – Brosur – Name card – ID card – Klasifikasi – Colour – Souvenir – Spanduk – Company profile – Indoor – Outdoor – Laminating – Stempel.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.