Liburan dan Kata-Kata Istilah Yang Berhubungan Dengannya

tujuan liburan kemana saja tapi bukan itu saja, karena banyak juga berlibur karena lain hal.

Di hari liburan, bermacam-macam acara diadakan. Ada yang jauh-jauh hari sudah mempersiapkan acara di hari libur itu. Tapi ada juga libur yang tibanya mendadak tanpa diduga-duga. Dan ada juga karena alasan kesehatan maka hari libur bukan untuk jalan-jalan tapi untuk beristirahat. Berarti libur itu nggak selalu identik dengan senang-senang. Lalu apa lagi yang lain yang berhubungan dengan libur ? Berikut daftar kata dan istilah yang berhubungan dengan libur yang beberapa diantaranya adalah kata istilah gaul :
1. Cuti. Kata ini sama juga dengan libur tapi perbedaannya adalah kalau istilah cuti digunakan di kantor-kantor yang resmi dan sudah menjadi hak karyawan. Cuti ada beberapa macam yang nanti akan dijelaskan setelah beberapa jenis liburan berikut ini.
2. Libur Panjang atau ada juga yang menyebut dengan Long Weekend (Baca : Long Wiken) Libur ini biasanya jatuhnya di akhir pekan, misalnya hari Sabtu dan Minggu. Dan misalnya pada hari Jum’atnya kebetulan tanggal merah, maka liburnya jadi bertambah tiga hari. Atau hari Seninnya kebetulan juga tanggal merah. “Liburan yang model begini nih yang ditunggu-tunggu !” Mau traveling ? Atau jalan-jalan ke luar negeri ? Atau tur keliling Indonesia ? Atau … di rumah aja ?.. Baiklah ! “Happy long weekend..!”
 
Macam-Macam Liburan Panjang dan Long Weekend di Indonesia. Silahkan Sentuh Di sini !
 
3. Pre atau Prei. Kata ini berasal dari bahasa Inggris Free (Baca : fri) yang artinya bebas, tidak terikat oleh aktifitas apapun. Kata pre atau prei ini sudah sejak lama dipakai untuk pengganti kata libur, baik terencana ataupun mendadak.
4. Holiday. Sebuah kata dari bahasa Inggris yang artinya liburan. Meski kata bahasa asing namun ada juga orang Indonesia yang memakai kata ini. Holiday identik dengan berlibur untuk bepergian.
5. Bolos. Istilah kata bolos ini digunakan oleh seseorang atau beberapa orang, seperti murid atau pegawai yang tidak masuk sekolah atau kerja tanpa minta ijin dari guru atau bosnya. Libur jenis ini jelas beresiko terkena sanksi.
6. Off. Kata ini juga berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini digunakan di beberapa kantor dan tempat aktifitas bisnis lain untuk menggantikan kata libur. Seperti juga dengan kata “holiday” dan “break”, pengucapan dan penulisannya sama dengan aslinya. Kata OFF termasuk kata-kata gaul orang Indonesia yang diambil dari bahasa Inggris apa adanya. Yang dimaksud apa adanya adalah seperti yang ada di…
 
Daftar Kata-kata Gaul Berikut Ini !
 
7. Dibebastugaskan. Istilah ini adalah jenis libur juga. Boleh dibilang liburan yang tidak disengaja. Misalnya seseorang karena dia sedang ada urusan pribadi yang serius dengan pihak lain dan dikhawatirkan urusan itu bisa mengganggu konsentrasinya ketika sedang melakukan pekerjaannya, maka atasannya memerintahkan orang itu untuk berhenti dulu dari aktifitas kegiatan di kantornya. Berapa lama libur dibebaskan tugas ini ? Tergantung urusan pribadinya itu. Kalau bisa cepat selesai maka masa liburnya juga cepat. Tapi kalau lama, liburannya jadi lama dan kalau terlalu lama akan beresiko terjadi pemecatan.
8. Mangkir. Kata ini kurang lebih sama dengan bolos. Libur sendiri tanpa ijin resmi, tanpa memberitahu. Konsekuensinya pasti sangsi hukuman.
9. Car Free Day. Liburan ini khusus untuk jalan raya perkotaan. Jalan protokol di kota Jakarta “diberi keringanan untuk istirahat”, di mana pada hari itu kendaraan baik mobil ataupun motor tidak bisa memasukinya. Maklum, setiap hari pada jam sibuk selalu penuh sesak dengan kendaraan alias macet. Liburan jalan raya biasa diberlakukan pada hari Minggu dan hari besar lainnya. Ditutup pada jam 6 pagi hingga jam 10 atau jam 11.00, untuk digunakan warga masyarakat beraktifitas jalan-jalan serta berolahraga. Pemerintah kota memang harus kreatif dalam memelihara kota termasuk fasilitas jalan protokol
 
Yang Lainnya Yang Terkait Dengan Perkotaan. Silahkan Sentuh Di Sini !
 
10. Cuti Bersama. Libur ini rutinnya saat tiba hari raya, misalnya Lebaran, termasuk dua hari tanggal merah yang ada di kalender. Lamanya adalah enam hari. Banyak perusahaan-perusahaan yang menutup kantor atau pabrik dari kegiatan bisnisnya dan meliburkan hampir seluruh karyawannya selama waktu yang ditetapkan untuk merayakan hari raya.
11. Break. Berasal dari bahasa Inggris (Baca : brik). Kata atau istilah ini biasanya digunakan menyebut istirahat sejenak dari acara pertemuan, kurang lebih 15 menit. Misalnya meeting atau rapat, seminar dan lainnya. Contohnya : coffee break dan lunch break. Meski begitu kata break ada yang menggunakan untuk menyebut liburan biasa.
12. Aplusan. Istilah libur ini tidak resmi. Digunakan untuk mereka-mereka yang kerjanya bergiliran atau shift. Bisa juga dipakai oleh para pedagang yang jika salah seorang dari mereka pulang kampung, maka temannya yang dari kampung datang untuk menggantikannya berdagang di kota. Periode waktu gilirannya biasanya kurang lebih tiga bulan.
13. Hari Kejepit. Ini istilah misalnya pada hari Senin jatuhnya pas tanggal merah lalu hari Selasa masuk biasa, kemudian hari Rabunya tanggal merah lagi. Maka yang disebut istilah hari kejepit adalah hari Selasanya. Di hari kejepit inilah ada beberapa pegawai yang libur tidak masuk kerja karena merasa tanggung. Hari kejepit ini termasuk istilah gaul. Ada juga yang merubah kata tersebut menjadi HarpitNas, singkatan dari Hari Kejepit Nasional. Ada-ada saja yah istilah gaul, hari kok bisa kejepit ? He he he..tapi memang begitulah realitanya. Oh ya, soal istilah gaul yang “ada-ada aja” seperti hari kejepit tadi, berikut daftar kata-kata gaul yang juga ada-ada aja. Maksudnya ? .. silahkan
 
Baca yang berikut untuk selengkapnya.
 
14. Ganti hari. Ini ada hubungannya dengan hari kejepit. Ganti hari adalah libur yang dialihkan ke hari lain. Misalnya di kalender, hari Senin libur (tanggal merah), Selasa masuk, lalu hari Rabunya libur lagi, maka untuk antisipasi banyaknya yang tidak masuk di hari Selasa (karena hari kejepit), maka hari Selasa diliburkan dan sebagai gantinya, hari Rabu yang aslinya libur tanggal merah menjadi masuk seperti biasa. Ada juga perusahaan yang meliburkan hari Selasa yang seharusnya masuk, lalu sebagai gantinya, hari Sabtu yang biasanya libur, ditetapkan hari kerja biasa, harus masuk. Jadi sebagai pengganti hari Selasa.
15. Ganti hari bukan karena hari kejepit. Seorang karyawan bisa saja memilih hari liburnya. Caranya ? Yaitu bikin kesepakatan dengan teman kerjanya yang satu tim. Misalnya ada salah satu karyawan yang harus masuk kerja pada hari Minggu. Tapi karena di hari Minggu itu dia ada keperluan pribadi, maka dia minta temannya untuk menggantikannya masuk di hari Minggu itu. Sebagai gantinya, temannya itu liburnya dirubah di hari lain. Jadi ini juga yang disebut dengan istilah ganti hari.
16, Libur Terus. Ini hanya istilah candaan yang dipakai oleh orang yang sehari-hari tidak punya pekerjaan atau tidak punya jadwal kegiatan yang banyak.
17. Cuti Hamil. Jenis liburan ini dibuat oleh perusahaan untuk memberikan kesempatan kepada karyawatinya yang sedang hamil 7 bulan menjelang 8 bulan untuk tidak masuk kerja selama dua bulan dan sebulan setelah kelahiran anaknya.
18. Cuti Haid. Karena alasan kesehatan yang bisa mengganggu aktifitas di kantor, biasanya perusahaan membuat peraturan untuk memberi kesempatan kepada karyawatinya untuk beristirahat dan libur selama dua hari pada saat datang bulan atau menstruasi.
19. Hari Libur Nasional. Selain liburan Hari raya dan keagamaan lainnya ada juga libur nasional, misalnya peringatan hari kemerdekaan, peringatan hari buruh atau mayday dan hari-hari bersejarah lainnya.
20. Lagi Merah. Ini salah satu istilah gaul. Makna kata “Lagi Merah” ini seperti Cuti Haid yang telah disebutkan di atas. Tapi ada bedanya, yaitu ini kata istilah gaul. Jadi kalau ada seorang perempuan yang sedang datang bulan lalu ada temannya yang nggak tau, misalnya bertanya : “Lho kok nggak kerja sih, emang libur apaan ?” ” atau “Lah kok nggak sholat sih, kamu ?” Maka jawabannya adalah : “Aku lagi merah”. Bahkan kemudian istilah “Lagi Merah” tersebut dipersingkat lagi menjadi “Lagi M”
21. Libur Lebaran. Salah satu liburan yang paling panjang dalam setahun adalah liburan hari raya ini. Pihak manajemen perusahaan memberikan waktu cuti enam hari untuk merayakan hari Lebaran bersama keluarganya termasuk untuk pulang kampung bersilaturahmi dengan sanak famili yang lainnya.
 
3 Macam Liburan Panjang di Indonesia Itu Apa Saja ? Sentuh Di Sini !
 
22. Libur Semester. Liburan ini khusus untuk pelajar dan mahasiswa yang telah selesai mengikuti kegiatan belajar di sekolah dan kampus dan juga telah mengikuti ulangan umum.
23. Cuti Hangus. Banyak perusahaan dalam satu tahun memberikan jatah kepada seluruh karyawannya hak cuti selama 12 hari. Yang 6 hari dipotong otomatis untuk hari raya Idul FItri atau Lebaran yang disebut dengan cuti masal atau cuti bersama. Sedangkan yang enam hari sisanya diambil kapan saja dalam masa setahun. Tapi jika selama setahun tersebut cuti untuk liburan tidak diambil maka jatah cutinya akan hangus. Dan untuk tahun berikutnya, hak cuti di luar cuti bersama, tetap enam hari.
24. Libur Bisa Juga Terjadi Karena Ada Peristiwa Penting. Waktu ada pemilihan umum di tanggal yang ditetapkan oleh pemerintah dan jatuhnya bukan di tanggal merah, seperti pilpres, pilkada, pilgub, maka seluruh warga negara diliburkan dari aktifitas rutinnya untuk hadir memberikan hak suaranya atau istilahnya nyoblos. Istilahnya pencoblosan suara.
25. Penghentian mendadak rutinitas alias diliburkan untuk sementara bisa juga dilakukan karena ada kejadian yang luar biasa. Misalnya gempa bumi, peristiwa bencana alam banjir yang menggenangi perumahan, gedung sekolah dan perkantoran serta situasi bencana darurat lainnya yang bisa saja bisa membahayakan keselamatan, akan membuat pejabat yang berwenang meliburkan aktifitas hingga keadaan menjadi kondusif lagi dan aman. Contoh lainnya : Pada tahun 2020, secara tak terduga,  seluruh dunia dilanda pandemi atau wabah penyakit menular yang diakibatkan oleh virus corona. Demi mencegah meluasnya penularan, pemerintah meliburkan berbagai aktifitas, dari mulai bisnis, pendidikan, sosial dan banyak lagi yang lainnya dan masyarakat diminta untuk tinggal di rumah. Cara lainnya yaitu lockdown, karantina wilayah.
26. Maintenance Day. Istilah ini juga untuk menyebut liburan. Di beberapa pabrik yang menggunakan mesin untuk proses produksi, ada jadwal tertentu untuk perawatan mesin. Jadi untuk beberapa hari, proses produksi dihentikan sementara untuk memberikan waktu perawatan mesin tersebut. Waktu Maintenance Day, semua karyawan produksi diliburkan, yang masuk kerja hanya bagian teknik maintenance saja.
27. Alpa. Tidak masuk tanpa ijin atau tanpa keterangan yang jelas. Kata ini biasanya ada di dalam buku rapor sekolah di mana ada 3 macam catatan tidak masuk sekolah yang terdiri dari “Ijin, Sakit dan Alpa”. Liburan ini juga berresiko nilai siswa jadi tidak bagus.
28. Leisure. Kata ini adalah kata bahasa Inggris yang artinya waktu luang, saat tidak ada pekerjaan. Berarti artinya sama dengan liburan.
29. Pakansi. Kata ini juga artinya liburan. Tapi pakansi sangat jarang digunakan untuk pergaulan di Indonesia. Barangkali ini adalah kata-kata gaul jaman dulu yang kurang asik diucapkan atau hal lainnya, sehingga tidak dipakai lagi. Atau mungkin ada diantara para pembaca yang masih memakai kata pakansi sebagai pengganti kata liburan ?
30. Jam Malam. Ini juga liburan spesial. Tapi ada bedanya, bahkan bertolak belakang. Jam malam adalah saat waktu di mana orang tidak diperbolehkan keluar bepergian di suatu kota atau wilayah. Siapa yang melarang ? Yaitu pihak berwenang. Istilah tepatnya adalah “Pemberlakuan Jam Malam”. Karena ada keadaan yang darurat, di malam hari orang tidak diperbolehkan beraktifitas apapun, kecuali diam di rumah saja. Berbedakan dengan liburan biasa ? Sampai kapan ? Sampai ada pengumuman resmi dari pihak berwenang tersebut.
 
“Mau Bermalam Di mana ? Ini Pilihannya Dari Yang Kecil sampai Yang Mewah !
 
31. Bulan Madu. Bahasa Inggrisnya adalah honey moon. Ini adalah acara yang sangat spesial bagi pasangan yang baru saja resmi menikah. “Memangnya bulan madu itu liburan juga ? Pastinya lah ! Masa baru nikah langsung kerja lagi ? Jalan-jalan doong..” Ada yang pergi bulan madu ke luar negeri dan ada pula yang merasa senang pergi honeymoon ke tempat yang eksotis di Indonesia.
 
“Tapi…Liburan Kali ini Asiknya Kemana Yaa..?” Sentuh Di sini saja untuk Inspirasinya !
 
32. Vacation. Ini juga kata dari bahasa Inggris yang artinya liburan. Tapi tidak seperti holiday yang sering dipakai untuk keseharian pergaulan di Indonesia, vacation sangat jarang digunakan.
33. Libur Paruh Musim. Ini salah satu istilah liburan khusus di dunia olahraga, sepakbola misalnya. Dalam setahun musim kompetisi setelah berjalan selama enam bulan, selalu ada penghentian kegiatan pertandingan untuk beberapa waktu. Misalnya di akhir tahun menjelang tahun baru atau karena adanya musim dingin yang tiba di benua Eropa. Jadi kompetisi diliburkan sementara dan dilanjutkan kembali pada waktu yang telah ditetapkan panitia.
34. Hols. Selain holiday, leisure dan vacation, kata ini adalah salah satu kata yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya liburan juga.
Pengaruh dari berbagai macam kondisi sosial termasuk perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, beberapa kata-kata yang berhubungan dengan libur di atas, mungkin sudah tidak dipakai lagi. Dari beberapa istilah libur yang disebutkan di atas, silahkan pilih, liburan manakah yang paling mengasyikkan ?
Oke SELAMAT BERLIBUR !! … Have a Nice weekend !!
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Baca Yang Lainnya :

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.