Lain Piala Eropa, Beda Pula Piala Dunia. Di Mana Bedanya ?


Halo, Fans Olahraga

turnamen sepakbola

Sekedar ingin berbagi tentang perbedaan antara turnamen piala Eropa dengan piala dunia FIFA. Langsung saja yah, kalau piala Eropa itu adalah kejuaraan atau turnamen sepakbola yang diselenggarakan oleh UEFA yaitu Asosiasi Sepakbola Uni Eropa. UEFA adalah singkatan dari Union of European Football Associations. Turnamen sepakbola piala Eropa tersebut hanya bisa diikuti oleh kesebelasan dari negara-negara Eropa saja. Meski begitu, tidak semua negara Eropa bisa ikut kejuaraan piala Eropa. Yang ikut adalah yang memenuhi syarat dengan ikut kualifikasi terlebih dahulu. Kalau Indonesia boleh ikut serta nggak ? Hmm…pastinya nggak lah ! Indonesia kan negara yang terletak di benua Asia, bukan Eropa. Indonesia hanya cukup jadi penonton saja. Bagaimana dengan Brasil dan Argentina ? Kedua tim yang pernah juara dunia tersebut juga tidak bisa ikut piala Eropa karena negaranya berada di benua Amerika Selatan,
 
Info Negara-negara Yang Pernah Memenangi Piala Eropa. Sentuh Di Sini !
 
Lalu piala Dunia FIFA ? Ini adalah kejuaraan atau turnamen sepakbola yang diselenggarakan oleh FIFA. FIFA adalah singkatan dari Fédération Internationale de Football Association. Hmm … ternyata bahasa Perancis. Maka kalau ditranslate ke bahasa Inggris menjadi : International Federation of Association Football. Badan tertinggi olahraga sepakbola seluruh dunia. Acara sepakbola Piala Dunia diikuti oleh negara-negara dari seluruh dunia, dalam arti tidak semua negara ikut lho yah, tapi kesebelasan atau tim nasional yang lolos kualifikasi sesuai zona masing-masing. Yaitu zona Asia, Afrika, Eropa, Amerika dan Oceania. Nah kalau untuk piala dunia, barulah tim nasional Indonesia bisa ikut serta, tapi dengan syarat harus lolos terlebih dahulu dari kualifikasi zona Asia.
Perbedaan yang lain antara ajang piala Eropa dan piala dunia adalah banyaknya jumlah group di babak penyisihan. Untuk piala Eropa, dari 24 kesebelasan yang ikut, mereka terbagi ke dalam enam group, sementara piala dunia dari 32 kesebelasan, terbagi ke dalam delapan group. Masing-masing group, baik piala Eropa maupun piala Dunia ada empat kesebelasan. Nah dengan perbedaan jumlah group inilah, maka muncul perbedaan lain yaitu : Karena menurut regulasi putaran final dimulai dari babak 16 besar atau perdelapan final, maka jumlah group di turnamen piala Eropa yang ada 6 group, kurang untuk memenuhi kuota 16 besar atau perdelapan final. Maka untuk memenuhi kuota 16 besar tersebut, diambillah empat kesebelasan tambahan yang menjadi juara ketiga yang terbaik dari seluruh group. Ada kriteria khusus untuk syarat jadi juara ketiga terbaik. Itulah perbedaan piala Eropa dengan piala dunia dari sisi jumlah group yang berpengaruh terhadap babak perdelapan final atau enam belas besar.
 
Di 4 Level Final Inilah, Tensi Pertandingan Mulai Memanas, Dramatis dan Melelahkan ! Sentuh Di Sini !
 
Ada perbedaan lagi yaitu untuk laga semi-finalnya. Kalau piala dunia FIFA, dari empat kesebelasan yang bertanding, dua tim yang kalah masih punya satu pertandingan lagi nanti, yaitu perebutan juara ketiga. Dan dua kesebelasan yang menang akan tampil di partai puncak atau grand final untuk perebutan juara satu alias gelar juara dunia. Jadi di piala dunia ada pertandingan untuk posisi juara ketiga. Ada yang menilai bahwa perebutan juara ketiga itu tidak menarik lagi atau kurang bergairah, tapi ada juga yang menilai bahwa menjadi juara ketiga itu cukup membanggakan, terutama bagi tim-tim yang bukan unggulan. Lalu bagaimana di turnamen piala Eropa ? Beda ! Sesuai peraturan, di kejuaraan sepakbola piala Eropa tidak ada pertandingan perebutan juara ketiga. Dari empat semi-finalis, dua kesebelasan yang kalah tidak ada pertandingan berikutnya, hanya dua tim yang menang yang akan bertanding lagi pada grand final untuk perebutan juara pertama. Juara Piala Eropa.
Di masa-masa mendatang, kemungkinan-kemungkinan perubahan aturan atau regulasi bisa saja terjadi. Misalnya untuk piala Dunia tahun 2026 yang pesertanya akan ditambah dari 32 kesebelasan menjadi 48 kesebelasan. Tentunya pengaturan pembagian groupnya beda lagi. Bukan cuma regulasi saja, turnamen piala Eropa 2020 pun “tampil beda”, yaitu diselenggarakan di sebelas negara. Itu yang pertama kalinya terjadi di sebuah kejuaraan sepakbola. Dan nggak menutup kemungkinan dengan hadirnya teknologi, akan berpengaruh terhadap sistem pertandingan di kejuaraan piala Eropa dan piala Dunia FIFA. Misalnya teknologi artificial intelligence yang disingkat AI. Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang memungkinkan bisa bekerjasama dengan manusia, bahkan bisa menjadi pengganti manusia, contohnya robot.
 

Logo Plm12COM

Opini – Informasi Dari Arena Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – internasional – Indonesia – Dunia Islam -Entertainmen – Gaya Hidup – Solusi-solusi – Cara-Cara – Tips dan Trik – Istilah dan Kata-kata Gaul – B L O G

 

Bacaan Info Lainnya :

Info Selengkapnya Negara-negara Yang Pernah Memenangi Sepakbola European Cup.
 

Setelah Fase Penyisihan Group, Tantangan Berat Apalagi Yang Harus Dihadapi Tim Yang Lolos ? Sentuh Di Sini !

Perjalanan Sebuah Tim Untuk Lolos Fase Penyisihan Group. Sentuh Di Sini !

Inilah 11 Negara Yang Menjadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020. Sentuh Di Sini !

SERBA-SERBI SEPAKBOLA LAIN :

Ini Beberapa Klub Yang Pernah Sukses Hattrick Juara Piala Champions Eropa. Sentuh Di Sini !

Hiburan Untuk Sang Juara dan Juga Untuk Pembaca Lagu “We Are The Champions” dari QUEEN

Piala Champions Eropa dan Para Jawaranya Dari Musim ke Musim.

Kumpulan Kata-Kata & Istilah Gaul Untuk Sepakbola.

Julukan-Julukan Nama Hewan Untuk Tim-tim Sepakbola Indonesia dan Dunia.

Tendangan Penalti Yang Bisa Bikin Senang dan Sedih. Kenapa ? Silahkan Sentuh Di Sini Selengkapnya !

Logo Dari Organisasi Sepakbola Delapan Negara Juara Piala Dunia FIFA.

Kabar-Kabar Tentang Asia dan Afrika di Pentas Piala Dunia.

Rangking 10+ Teratas FIFA untuk Timnas Sepakbola Dunia Termasuk Indonesia.

Info Selingan ! Nama-2, & Kata-Kata Istilah Yang Populer Sepanjang Tahun Ini !

Sekilas Untuk Yang Nge-Fans Sama Tim Nasional Belanda dan Kroasia

Prestasi Klub-klub asal Inggris di Arena Piala Champions.

Lagu-lagu tema Untuk Piala Dunia dari yang pertama.

Sepakbola Olimpiade dan Tim-tim Yang Pernah Menggondol Medali Emas.

Sepakbola Asian Games dan Timnas Yang Pernah Meraih Medali Emasnya.

Inilah Pesepakbola Afrika Yang Pernah Menjadi Pemain Terbaik Dunia !

Ternyata … Tim Unggulan pun Pernah Merasakan Kekalahan Telak nan Pahit dari Lawannya.

Trio, Trisula, Tridente Berikut Pernah Menjadi Andalan Timnas Masing’2. Inilah mereka !

Jenderal Lapangan, Dirigen, Playmaker, Pemain Kunci. Inilah Mereka Yang pernah Bersinar di dunia sepakbola !

Kabarnya Pemain Bernomor 10 Itu Di atas Rata-2. Benarkah ?

Dari Turnamen Piala Eropa Bersama Timnas-2 Yang Pernah Menjadi Kampiun.

Sepakbola Lainnya :Piala Dunia, EURO, Asia, Afrika, Amerika & Olimpiade

Hiburan Video Lagu Dari Artis-Artis Tenar Indonesia & Luar Negeri.

Nama-nama dan Istilah Yang Terkenal Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.COM

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Serba-serbi, Kota-kota Dunia dll

Sepakbola, Balap MotoGP, Olimpiade & Yang Lainnya dari Olahraga.

Cara-cara, Kiat-kiat, Kumpulan Solusi, Tips & Trik

 

lap bola

Berhubungan dengan Sepakbola : Kompetisi – Liga – Turnamen – Kiper – Striker – Gelandang – Bek – Stadion – Wasit – Penalti – Sepak pojok – Playmaker – Kostum – Jersey – Hakim Garis – Suporter – Pelatih – Sponsor.

Negara-2 di Eropa : Inggris – Perancis – Belanda – Jerman – Italia – Rusia – Polandia – Swedia – Norwegia – Spanyol – Portugal – Austria – Swiss – Denmark – Finlandia – Yunani – Hongaria – Rumania – Bulgaria – Rep. Ceko – Serbia – Kroasia – Bosnia Herzegovina – Belgia – Luxemburg – Dll

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.