Kumpulan Kata Gaul Sepakbola

Sama seperti kata-kata gaul sehari-hari, istilah gaul di sepakbola juga terus bertambah dari masa ke masa, dari jaman dulu hingga kekinian.. Berikut contoh-contohnya :
1. Tos-tosan. Ini istilah pernah dipakai untuk menyebut adu tendangan penalti, di mana pertandingan masih sama-sama kuat.
2. Tendangan dua belas pas. Istilah lama ini adalah nama lain untuk tendangan penalti.
3. Main sabun. Seperti nggak nyambung dengan main bola. Tapi kata-kata ini pernah ada, tentang gambaran permainan sepakbola yang kurang sportif. Kedua tim nggak bermain sebagaimana mestinya, nggak serius bahkan pura-pura, hasil skornya diatur. Salah satu penyebabnya misalnya mau menghindar pada pertandingan berikut yang harus melawan tim kuat. Dua kesebelasan bermain curang dan sebagainya.
4. Sepakbola gajah. Kata gaul ini sempat terkenal. Artinya tidak jauh berbeda dengan main sabun. Contoh : salah satu tim dengan sengaja mengalahkan dirinya sendiri, bahkan pernah dalam satu pertandingan, seorang pemain secara terang-terangan menendang bola masuk ke dalam gawang timnya sendiri.
5. Libero. Adalah seorang pemain bertahan yang posisinya ada di tengah tapi dia punya kemampuan menyerang ke depan. Cara bermain seperti itu dipopulerkan oleh pemain Jerman Barat, Franz Beckenbauer pada tahun 1974.
6. Poros halang. Ini juga istilah lama yang artinya seorang pemain belakang yang posisinya berada di tengah.
7. Tarkam. adalah istilah yang dipakai untuk pertandingan sepakbola yang tidak resmi.
8. Gaprak. Kata ini adalah istilah teknis bermain sepakbola tapi tidak resmi dan termasuk kata-kata gaul yang artinya menghadang dengan kasar untuk memblok bola yang sedang dibawa pemain lawan.
9. Sengkat. Kalau di istilah resmi sama juga tekel atau jegal. Menghentikan pemain lawan yang sedang berlari membawa bola dari belakang. Termasuk kata-kata gaul juga.
10. WO. Dipakai setelah kata menang, menang WO. Artinya menang tanpa bertanding. Lawan tandingnya tidak hadir pada saat jadwal bermain yang ditetapkan.
11. Tendangan pisang. Sebuah tendangan di mana bola melayang ke arah gawang secara melengkung.
12. Anak gawang. Ini pernah ada di jaman dulu. Para anak-anak remaja yang ada di sisi lapangan saat pertandingan, tugasnya untuk membantu kelancaran pertandingan. Misalnya memungut bola yang keluar jauh dari lapangan permainan.

Lebih Lengkap dari Istilah dan Kata Percakapan Gaul Sehari-hari

Kumpulan Artikel Dari Dunia Olahraga Sepakbola

Hiburan Musik dan Lagu-lagu Tema Sepakbola Piala Dunia F I F A

Sekilas Informasi & Opini dari Arena Sepakbola Dunia

Sekilas Informasi & Opini dari Arena Sepakbola Dunia
Olimpiade, Lomba Balap Otomotif dan Artikel-2 Tentang Olahraga Lain
 

13. Jenderal lapangan tengah. Pemain ini bertindak sebagai motivator pemain lain. Disebut lapangan tengah katena posisinya sebagai gelandang. Di samping sebagai kapten kesebelasan, pemain ini juga menjadi motor serangan.
14. Tim kuda hitam. Sebutan bagi kesebelasan yang kurang diperhitungkan keberadaannya di sebuah turnamen tapi bisa membuat kejutan.
15. Tim underdog. Sama dengan tim kuda hitam, tim yang kurang diunggulkan tapi tim ini bisa saja membuat kejutan dengan mengalahkan tim favorit.
16. Jago kandang. Sebutan untuk kesebelasan yang sering menangnya cuma di stadion sendiri sebagai tuan rumah. Ketika main di kandang lawan, sering kalah.
17. WAG.Singkatan dari Wife And Girlfriend. Pacar atau isteri para pemain yang nonton di stadion. Mereka meberikan semangan kepada pasangannya yang sedang berlaga di lapangan hijau.
18. Nobar. Ini kata gaul yang merupakan kependekan dari nonton bareng. Muncul pertama ali ketika ada final sepakbola di Eropa, misalnya final liga Champion atau piala Eropa dan beberapa pertandingan yang mempertemukan tim favorit.
19. Big match. Istilah awalnya dipakai untuk pertandingan yang mempertemukan dua tim papan atas, namun sebuah tivi memakainya untuk memberi judul acaranya dengan nama Big Match.
20. Merumput. Artinya seorang pemain bola yang bermain untuk klub tertentu. Contoh : “Luis Suarez pernah merumput di Stadion Anfield”. Maknanya Luis Suarez pernah bermain untuk klub Liverpool.
21. Gocek. Sebuah istilah lama yang artinya melewati pemain lawan dengan cara meliuk-liuk sambil membawa bola.
22. Gacul. Teknik menendang bola menggunakan ujung sepatu yang berefek bolanya langsung melambung ke atas.
23. Jemput bola Yaitu tindakan seorang striker yang mundur ke daerah belakang pertahanan timnya untuk mengambil bola sendiri karena dia sulit mendapatkan umpan sama sekali dari rekan setimnya yaitu para pemain tengah.
24. Sepakbola negatif. Biasanya terjadi di pertandingan antara kesebelasan yang jauh unggul secara teknik dibanding lawannya yang kalah kelas, sehingga tim yang kalah kelas tersebut bermain hanya bisa bertahan tanpa bisa menyerang karena takut kebobolan dan takut kalah.



25. Gol semata wayang. Seperti sebutan untuk anak tunggal, anak semata wayang. Gol semacam ini artinya adalah satu-satunya gol yang tercipta dalam satu pertandingan hingga selesai, yaitu 1-0.
26. Hasil kacamata. Pertandingan sepakbola yang berakhir dengan hasil seri, 0-0.
27. Tendangan first time Tendangan yang dilakukan secara spontan oleh seorang pemain dari umpan rekan setimnya.
29. Macan kotak penalti. Striker yang jago mencetak gol di daerah penalti tim lawan, sangat ditakuti oleh pemain belakang musuh.
30. Duel udara. Aksi perebutan bola dengan menyundul yang dilakukan dua orang pemain berbarengan.
31. Kampiun. Kata lain dari juara, baik juara turnamen ataupun juara liga.
32. Tim gurem. Kesebelasan yang dianggap kurang ngetop, kurang terkenal karena prestasinya yang kurang bagus.
33. Angkat koper. Kata gaul ini digunakan untuk menyebut tim yang telah tersisih dari turnamen dan harus pulang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Biasanya tersingkir di babak penyisihan.
34. Gantung sepatu. Arti dari sebutan ini yaitu pemain yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia persepakbolaan, berniat untuk tidak bermain bola lagi, entah karena alasan cedera parah berkepanjangan, karena faktor usia dan alasan lainnya.
35. Arsitek. Sebutan keren lain untuk seorang pelatih atau juga manajer dari sebuah klub kesebelasan sepakbola, baik klub maupun tim nasional sebuah negara.
36. Bobol, membobol, kebobolan. Kalau di dalam perbankan, arti kata ini adalah kecolongan duit yang ada di rekening, maka di dunia sepakbola, artinya memasukkan bola ke gawang atau gawangnya kemasukan bola.
37. Palang pintu. Ini adalah istilah untuk seorang penjaga gawang, palang pintu terakhir pertahanan tim.
38. Diving. (Baca : dayving). Artinya adalah aksi pemain yang menjatuhkan dirinya secara sengaja (pura-2 jatuh) di dekat pemain lawan agar terlihat oleh wasit seperti ditekel, padahal tidak. Pemain tersebut mengharapkan mendapatkan hadiah tendangan penalti…
39. Canon Ball. Istilah yang pernah dipakai di tahun 90-an yang artinya sebuah tendangan keras yang mengarah langsung ke gawang.
40. Bola liar. Bola yang datangnya secara tak sengaja, tak terrencana dari sebuah arah dan menjadi sebuah peluang untuk menjadi gol.
41. Talenta. Seperti juga di bidang lain seperti seni, sains dan lain-lain, di sepakbola kata sifat ini artinya adalah bakat, berbakat.
42. Kick and rush. (Baca : kik en rasy). Istilah ini dipakai untuk menyebut gaya khas sepakbola Inggris. Namun karena makin banyak pemain dan pelatih dari luar Inggris yang bermain dengan style yang berbeda yang turun di liga Primer, maka gaya kick and rush sudah tidak terlalu sering lagi dimainkan.
43. Spesialis bola mati. Digunakan untuk menyebut seorang pemain yang jago dalam mengambil tendangan bebas ke arah gawang, termasuk tendangan penalti.

44. Sudden Death. Sistem yang pernah diterapkan di turnamen sepakbola. Dikenal dengan sebutan “Golden Goal”. Sistem ini untuk mengakhiri pertandingan saat perpanjangan waktu 2 x 15 menit, bila ada salah satu tim berhasil menciptakan gol di menit ke berapapun, maka saat itu juga pertandingan diakhiri dan tim tersebut ditetapjan menjadi pemenang.
45. Selebrasi. Kata ini berasal dari bahasa Inggris yaitu celebration (Baca :selbresyen), artinya perayaan. Seorang pemain setelah mencetak gol biasanya melakukan aksi selebrasi yang unik sesuai gaya masing-masing.
46. Staying Power. Istilah ini untuk menyebut gaya khas yang dimainkan oleh tim nasional Jerman. Identik dengan fisik yang tidak kenal lelah.
47. Venue. Tempat yang bisa dikunjungi, baik stadion maupun tempat-tempat lainnya ketika turnamen berlangsung.
48. NgeFans. Kata sifat yang berarti “senang dengan sesuatu atau seseorang” Misalnya : “Gue ngeFans sama pemain nomer 10 itu”
49. Pemain flamboyan. Istilah ini digunakan untuk menyebut seorang pemain yang hebat, bukan cuma hebat tapi juga ganteng dan banyak digandrungi oleh para wanita. Bukan hanya di olahraga sepakbola tapi juga di caang olahraga lainnya. Contoh pemain flamboyan : Cristiano Ronaldo dan David Beckham.
50. Temperamen. Sebuah kata sifat yang artinya seseorang yang memiliki karakter galak dan mudah bertindak keras terhadap orang lain. Di sepakbola pemain model begitu juga disebut pemain temperamen. Meski begitu biasanya mereka termasuk pemain-pemain hebat.
51. Macan Asia. Ini adalah sebuah julukan khusus untuk tim nasional Indonesia di era 70 hingga 80-an. Yang namanya macan adalah hewan yang ditakuti. Demikian juga tim sepakbola Indonesia saat itu memang sangat disegani di tingkat Asia.
52. Bunuh diri. Dipakai untuk menambahkan kata gol, jadi gol bunuh diri. Ini istilah lama di dunia sepakbola yang artinya adalah gol yang dibuat oleh salah seorang pemain ke dalam gawang timnya sendiri termasuk kiper, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Dalam bahasa Inggris disebut Own Goal.
53. Counter Attack. (Baca : Kauntertek) Istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang kalau di sepakbola artinya adalah serangan balik.
54. Set piece. (Baca : setpis) Ini juga berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini biasanya digunakan untuk menyebut sebuah gol yang tercipta karena hasil kerjasama yang apik dari beberapa pemain dalam satu tim.
55. Bersarang. Kata ini digunakan untuk menyebut bola yang masuk ke dalam gawang akibat gol. Contoh : Kiper memungut bola yang bersarang di gawangnya.

 
56. Menyarangkan. Berbeda dengan bersarang, menyarangkan artinya bisa juga membuat gol. Contoh : Striker timnas Inggris, Harry Kane berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan sebanyak tiga kali.

57. Pemain jangkar. Istilah ini dipakai untuk menyebut seorang pemain hebat karena kemampuannya memimpin sebuah tim. Sama seperti jenderal lapangan tengah, pemain ini mampu mengendalikan permainan dan mengatur serangan.

58. Motor serangan. Yang namanya motor adalah alat untuk mendorong dan menggerakkan. Demikian juga di sepakbola, pemain yang menjadi motor serangan adalah pemain yang punya kemapuan menciptakan kreasi-kreasi serangan untuk tim yang dipimpinnya. Kalau dalam bahasa Inggris, disebut juga dengan playmaker. Contoh playmaker : Luca Modric, Andres Iniesta, Mesut Ozil dan lain-lain yang biasanya adalah pemain tengah.
59. Subur. Artinya adalah menghasilkan banyak. Dipakai juga untuk menyebut seorang pemain depan yang banyak menciptakan gol dalam satu musim atau dalam satu turnamen. Contoh : Lionel Messi adalah pencetak gol tersubur di klub Barcelona Spanyol.
60. Goal Getter. Berasal dari bahasa Inggris untuk menyebut seorang pemain yang menjadi target untuk menciptakan gol. Goal getter itu identik dengan seorang striker.
61. Mistar Gawang. Tiang gawang.
62. Blunder. Kesalahan yang tidak perlu terjadi dari seorang pemain yang mengakibatkan kerugian bagi timnya. Misalnya seorang kiper salah menendang bola dan malah mengarah ke pemain lawan, sehingga pemain lawan itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang. Blunder bisa juga antisipasi yang kurang tepat dari seorang pemain.
63. Pemain kunci. Pemain yang paling penting dalam sebuah tim. Pemain kunci ini kurang lebih sama dengan pemain jangkar dan play maker.
64. Gibol. Kependekan dari penggila bola yang artinya penggemar fanatik olahraga sepakbola.
65. Bolamania. Sama artinya dengan gibol yaitu penggemar fanatik sepakbola.
66. Trio. Tiga orang pemain yang kompak dan menjadi andalan di dalam satu tim kesebelasan. Biasanya trio ini terdiri dari pemain belakang atau bek lalu pemain tengah atau gelandang dan striker atau penyerang.
67. Tridente. Kata ini berasal dari bahasa Italia. Tridente maknanya sama dengan trio. Tapi Italia memakai kata tridente untuk menyebut tiga orang pemain depan yang menjadi striker. Jadi satu tim kesebelasan ada tiga striker. Contoh tridente : Christian Vieri, Alesandro Del Piero dan Francesco Totti di timnas Italia atau di klub Barcelona pernah ada tiga striker sekaligus yaitu Lionel Messi, Neymar dan Luiz Suarez.
68. Veteran. Di dalam kamus, veteran artinya bekas pejuang atau tentara. Tapi di dunia sepakbola, kata veteran dipakai untuk menyebut seorang pemain masa lalu yang sudah tidak bermain lagi. Pemain veteran adalah pemain yang umurnya sudah tua. Pemakaian lain misalnya : veteran piala dunia yang artinya mantan pemain di piala dunia.
69. Jersey. Di sepakbola, istilah ini digunakan untuk menyebut kaos yang digunakan pemain bola atau kostum pemain bola. Misalnya : Luca Modric menggunakan jersey nomer 10.
70. Borong. Artinya membuat lebih dari satu gol di dalam satu pertandingan. Misalnya : Hary Kane dari timnas Inggris memborong tiga gol dalam pertandingan perempat final.
71. Assist. Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya membantu. Kalau di sepakbola, kata assist berarti bantuan. Contoh pemakaian : Gol Antoinne Griezman di babak pertama tercipta melalui assist dari Olivier Giroud. Kata assist ini juga dipakai di beberapa cabang olahraga lain seperti bola basket.
72. Dewi Fortuna. Istilah ini digunakan sebagai pengganti kata keberuntungan. Misalnya : Timnas Jerman meskipun menguasai jalannya pertandingan dan banyakmenciptakan peluang gol, namun ternyata tidak berhasil memenangkan pertandingan melawan Korea Selatan. Dewi fortuna belum memihak kepada tim Panser Jerman.
73. Starter. Pemain yang selalu menjadi pilihan pertama seorang manajer pelatih di setiap pertandingan. Kecuali kalau pemain itu cedera, akumulasi kartu kuning dan performanya menurun.
74. Dirigen. Dirigen lapangan tengah sama artinya dengan jenderal lapangan tengah. Pemain ini menjadi kapten kesebelasan sekaligus sebagai pengatur serangan kesebelasan sepakbola.
Kata-kata gaul di atas bukanlah kata atau istilah resmi dalam teknis sepakbola. Munculnya karena mengikuti trend yang sedang terjadi. Istilah dalam sepakbola bisa juga pengaruh dari kata-kata gaul sehari-hari. Beberapa diantaranya sudah tidak digunakan lagi hingga muncul istilah baru lagi.
75. Solo Run. Aksi seorang diri dari pemain yang berusaha untuk mencetak gol dengan melewati beberapa pemain lawan.
76. Tendangan salto. Tendangan yang dilakukan sambil menjatuhkan diri dan dengan posisi membelakangi kiper lawan.
77. Target man. Ini biasanya adalah seorang striker atau pemain depan. Karena dia yang paling menonjol diantara pemain lain, maka dialah yang sangat diharapkan untuk mencetak gol kemenangan bagi sebuah tim.
78. Mobile. (Baca: mobail) Kemampuan seorang pemain yang mampu bermain dengan sangat baik di semua posisi ketika sedang dalam pertandingan.
79. Heading Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya menuju, tapi di olahraga sepakbola arti kata heading adalah sundulan. Misalnya : heading yang keras = sundulan yang keras.
80. Menanduk Asal katanya adalah tanduk yang artinya salah satu bagian dari kepala salah satu jenis hewan, kata kerjanya menanduk. Tapi di sepakbola kata menanduk berarti sama juga menyundul bola. Tandukan = Sundulan.
81. Bomber Ini adalah salah satu julukan lain dari seorang pemain penyerang atau striker di satu tim sepakbola. Bomber paling subur = striker paling subur.
82. Group Neraka Sebuah group di turnamen sepakbola yang beberapa kesebelasan di dalamnya adalah tim-tim favorit atau unggulan. Misalnya Jerman, Italia, Spanyol dan Rusia berada di group F. Karena lebih banyak tim kuatnya, maka group itu disebut group neraka. Bisa dipastikan salah satu tim favorit akan tersisih.
83. Real Final Berasal dari bahasa Inggris yang artinya “final sesungguhnya”. Misalnya di turnamen piala dunia, partai finalnya mempertemukan dua tim favorit, bukan antara tim favorit melawan tim kejutan.

 
100. Bola Itu Bulat. Bola jika digelindingkan maka ketika berhenti bisa di posisi yang mana saja. Itu sebuah filosofi yang artinya segala kemungkinan dalam sebuah pertandingan bisa saja terjadi, terutama mengenai hasilnya.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Lain Sepakbola Lain Pula Lomba Balap Motor MotoGP dengan Kata-kata dan Istilahnya

Daftar Kata-Kata dan Istilah Berikut Pernah Ada dan Ngetop di Jaman Dulu

Keanehan Kata-kata dan Istilah Gaul Dari Masa Lalu hingga Jaman Now

Yang Lainnya Dari Bahasa dan Istilah Keseharian
Daftar Kata-kata Gaul dan Istilah Yang Dipakai Berhubungan Dengan Hari Libur

Yang Lainnya Dari Bahasa dan Istilah Keseharian
 

PLM12.com

Informasi & Opini Dari Arena Olahraga

Fenomena – Entertainmen – Serba-Serbi.

Life Style, Bahasa Gaul, Sosialita

Kiat-Kiat, Tips-Trik & Cara-cara

Tentang B L O G dan W E B S I T E

 


Dalam pergaulan sehari-hari, selain memakai kata-kata yang resmi seperti yang ada dalam kamus, masyarakat & juga komunitas tertentu menggunakan kata-kata & istilah yang tidak resmi, bahkan ada komunitas ekslusif memakai kata-kata dan istilah yang terdengar asing, meski akhirnya diterima dan dimengerti juga kemudian menjadi istilah sehari-hari. Kata-2 yang dipakai sehari-hari itu ada yang menyebutnya dengan istilah atau kata-kata gaul. Kata-kata dan istilah, dari waktu ke waktu akan terus mengalami perubahan. Yang bisa mempengaruhi perubahan istilah & kata-kata antara lain : Bahasa asing yang masuk, bahasa daerah yang unik, lucu dan enak diucapkan, teknologi komunikasi, komunitas tertentu yang menciptakannya, promosi produk di acara di media informasi yang ditayangkan berulang-ulang dalam waktu lama dan lainnya yang membuat istilah dan kata-kata jadi berubah. Hal-2 yang mempengaruhi perubahan istilah kata-kata gaul tadi ada yang saling berhubungan. Banyak dari kata-kata gaul & istilah sehari-hari yang digunakan di masyarakat, sudah jarang bahkan tidak pernah dipakai lagi. Entah karena sudah ada penggantinya atau memang sudah terlupakan. Tapi nggak sedikit juga ada kata-kata yang pernah ada di masa lalu, dipakai lagi di jaman sekarang.