Kota Doha dan Kejuaraan Balap Motor MOTOGP

Kota Doha yang adalah juga ibukota negara Qatar semakin meriah dan menjadi perhatian penggemar olahraga khususnya cabang otomotif, karena untuk pertama kalinya lomba balap motor MotoGP pada tahun 2004 diselenggarakan di kawasan Timur Tengah.
Kalender tahunan balapan roda dua tingkat dunia itupun terus bergulir di sana hingga beberapa tahun kemudian. Apa lagi yang menarik di acara tahunan itu ?
Kalau di sirkuit-sirkuit MotoGrandprix lain yang resmi ditunjuk oleh panitia, pertarungan berlangsung di siang hari dengan terpaan teriknya matahari, maka di Sirkuit Losail Qatar, kebut-kebutan antar jago balap motor prototype tersebut digelar pada malam hari dan menjadi yang pertama kalinya sepanjang sejarah lomba MotoGP.
Itu benar-benar layaknya seperti hiburan malam. Barangkali untuk para penikmat hiburan malam, MotoGP bisa menjadi alternatif lain. Pastinya para maestro balap yang telah terbiasa turun berlaga di waktu siang hari menemukan tantangan baru, harus menyesuaikan diri dengan kondisi malam hari dengan hanya bantuan penerangan lampu yang terpasang di sekeliling sirkuit, bukan sinar matahari dan tidak jauh dari lokasi arena ada gurun yang sering menebarkan pasir karena tiupan angin.
Settingan motorpun perlu stelan khusus artinya berbeda dengan settingan motor untuk siang hari. Siapa pembalap yang berhasil menjadi juara di sirkuit Losail ? Adalah rider asal Spanyol, Sete Gibernau. Spaniard dari tim Yamaha mengungguli jawara yang sering menjadi musuh bebuyutannya kala itu yaitu jagoan asal Italia, “The Doctor” Valentino Rossi.
Sebetulnya ada acara kejuaraan otomotif kelas dunia lain yang lebih dulu berlangsung di wilayah Timur Tengah, tapi bukan balap motor, melainkan lomba balap mobil Formula 1 atau F1, itupun bukan di Qatar tapi di negara Timur Tengah lain, Bahrain dan Uni Emirat Arab. Baca Lebih Lengkap Pagelaran tingkat dunia apalagi yang berlangsung di Doha Qatar !

 

Tentang MotoGP Lainnya :
Ada 4 pembalap yang sudah juara berkali-2. Siapa yang terbaik ? Baca di sini !


Apa yang akan terjadi jika Marc Marquez ganti merk motor ?

3 Negara Berikut eksis terus di balapan MotoGP, apa saja peran mereka ?

Tentang Nomor 1 di tunggangan sang juara

Serba-serbi dari event kejuaraan balap motor kelas primer MotoGrandprix

Mengenal kata-kata & istilah yang ada di acara lomba MotoGP

Istilah di MotoGP
Musik dan Lagu Yang Berikut, Paling Cocok Untuk Menyambut Sang Juara

Kumpulan Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


lomba motor

Pembalap-pembalap Yang Pernah Menjuarai Lomba Balap Motor MotoGP : Valentino Rossi (Italia) – Marc Marquez (Spanyol) – Jorge Lorenzo (Spanyol) – Casey Stoner (Australia) – Niki Hayden (Amerika Serikat)

Negara-negara Yang Sering Menggelar Event MotoGP : Spanyol – Qatar – Italia – Jerman – Belanda – Argentina – Perancis – Inggris – Amerika Serikat – Republik Ceko – Malaysia – Cina – Jepang dan Australia. 2 Negara yang terbanyak menjadi tuan rumah adalah Spanyol dan Italia, masing-masing tiga kejuaraan di tiga sirkuit.