Kelebihan dan Kelemahan tim-tim di piala dunia serta ciri-ciri permainannya

Hallo, Bolamania

Beberapa tim nasional berikut pernah menjuarai piala dunia sepakbola. Meski mereka pernah memenangkan trofi tertinggi untuk salah satu cabang olahraga terpopuler tersebut, namun negara-negara itu memilki kelebihan dan kelemahan serta ciri-ciri bermain yang tentu berbeda. DImulai dari yang pernah juara sebanyak lima kali yaitu tim Samba :

1. Brasil. Tim ini memiliki permainan gaya latin. Seperti apa sih gaya sepakbola latin itu ? Sepakbola gaya latin adalah yang dimainkan oleh kebanyakan tim-tim di benua Amerika Latin. Kelebihannya adalah banyaknya variasi permainan. Kualitas individunya di atas rata-rata pemain negara lain. Meski sepakbola adalah permainan tim, tapi gaya Brasil lebih banyak menampilkan improvisasi individu. Ketika mereka punya peluang untuk melakukan serangan balik (counter attack), kemungkinan besar gol akan tercipta. Meskipun begitu tetap saja mereka memiliki kelemahan, yaitu di sektor pertahanan. Penguasaan bola dari tim Brasil harus tinggi dan harus lebih lebih sering. Karena kalau tidak, ketika Brasil berhadapan dengan tim yang karakter bermainnya sama, akan sangat bereisko terutama di pertahanan. Ciri-ciri permainan Brasil, di menit-menit awal mereka lebih terlihat menunggu dan seolah-olah belum menemukan irama permainan.

 
2. Jerman. Julukan tim Panser memang pantas untuk tim ini. Bukan telat panas tapi memiliki kekuatan yang disebut dengan staying power. Fisik pemain-pemainnya memang lebih stabil hingga babak kedua berakhir bahkan hingga dua kali perpanjangan waktu. Mental yang kuat dan ditunjang fisik kuat menjadi modal yang berharga untuk bertanding di lapangan hijau. Itulah sebabnya ketika tim Jerman harus menghadapi adu penalti, mereka tetap pede. Rekor Jerman dalam hal adu penalti di piala dunia adalah 100% menang. Ciri-ciri lain tim panser adalah bermain efisien, tidak serumit permainan Brasil atau Spanyol. Tapi tim Panser mempunyai kelemahan. Skill individu pemain mereka kalah sama Brasil dan Argentina dan beberapa tim juara asal Eropa lainnya, meski ada beberapa yang di atas rata-rata. Dengan kondisi demikian maka Jerman sangat rentan terhadap serangan balik. Pemain-pemain belakang tim Jerman walaupun berpostur tinggi tapi kurang terlalu gesit. Contohnya ketika mereka berhadapan dengan Spanyol di semi final piala dunia 2010. Gol yang dibuat oleh Charles Puyol adalah kecerdikannya memanfaatkan lengahnya lini belakang Jerman. Kelemahan lainnya adalah setelah unggul, mereka seperti terlena dan mabuk kemenangan sehingga kurang antisipasi terhadap serangan yang tak terduga dari lawannya termasuk serangan balik tadi.
Dari rekor-2, yang spektakuler hingga yang misteri-2 di piala dunia, di sini.
3. Italia. Dikenal sebagai tim dengan pertahanan terbaik di dunia. Bukan cuma itu, Italia juga memiliki ciri permainan menyerang yang sangat mematikan. Tim Azzuri banyak memiliki striker yang tajam. Kelemahannya hanyalah di fisik. Para pemain Italia setelah memasuki separuh babak kedua akan terlihat sangat menurun yang mengakibatkan banyak perubahan pola permainan, tidak seperti di babak pertama. Jika saja Italia tidak punya system pertahanan yang bagus, maka Italia tidak bisa bersaing dengan para juara dunia yang lain.
4. Argentina. Seperti kesebelasan Amerika Latin lainnya, Argentina memainkan sepakbola dengan permainan kompak dipadu dengan skill individu yang sangat baik. Kelebihan tim nasional Argentina adalah solidnya kerjasama antara pemain. Kalau tim yang dijuluki tim Tango ini dalam keadaan kompak, maka peluang untuk menjuarai piala dunia akan semakin terbuka. Adakah kelemahannya ? Ada ! Yaitu sangat tergantungnya Argentina terhadap seorang figur pemain. Pemain itu bisa disebut dengan jenderal lapangan tengah. Jenderal lapangan tengah ini disebut dengan playmaker. Tanpa seorang playmaker, maka permainan tim Argentina menjadi kurang terarah bahkan menurun. Setelah Diego Maradona pensiun, prestasi tertinggi timnas Argentina menjadi runner-up di piala dunia Brasil 2014.
5. Uruguay. Terakhir mereka juara sudah lama sekali yaitu pada tahun 1950 di Brasil. Sama seperti kesebelasan Argentina dan Brasil, gaya permainan Uruguay sangat mengandalkan semangat individu pemain. Barangkali regenerasi pemain-pemain Uruguay kurang berjalan mulus, maka sejak tahun 1950, Uruguay tidak diperhitungkan lagi di piala dunia. Bagaimana di piala dunia kali ini ?

6. Inggris. Sejak dulu tim ini terkenal dengan gaya kick and rushnya. Umpan panjang dan serangan yang cepat selalu menjadi ciri-ciri permainan mereka yang khas. Namun setelah banyaknya pemain-pemain asing yang merumput di liga Primer Inggris, sedikit banyak berimbas ke gaya permainan tim nasionalnya. Gaya kick and rush yang sangat menguras energi yang selama ini menjadi gaya mereka juga mengalami penyesuaian. Kelebihan lain adalah Inggris banyak memiliki striker yang tajam dari masa ke masa. Geoff Hurst, Gary Lineker, Paul Gascoigne, Alan Shearer, Michael Owen, Wayne Rooney dan Jamie Vardy adalah sederet pemain depan yang pernah dimiliki the Three Lions. Sepak terjang mereka sangat ditakuti oleh lawan-lawan. Kelemahan Inggris hanya di mental para pemain-pemain. Jika mental sudah menurun maka akan sangat berpengaruh ke fisik pemain dan permainan.
7. Perancis. TIm yang pernah juara dunia tahun 1998 dan 2018 ini memiliki banyak sekali pemain-pemain berbakat. Peranan beberapa pemain tengah di Perancis juga sangat membantu prestasi mereka. Perancis pernah memiliki trio atau tiga orang pemain yang menjadi kunci timnya. Yang terkenal adalah trio Michelle Platini, Jean Tigana dan Alain Girese di era 80-an lalu Zinedine Zidane, Didier Deschamps dan Bixente Lizarazu di era 90-an kemudian di erak Hugo Lloris, Paul Pogba, Olivier Giroud dan Kylian Mbappe. Prestasi tinggi dengan permain-pemain bertalenta, membuat Perancis sempat dijuluki sebagai Brasilnya Eropa pada tahun 80-an. Untuk kelemahan Perancis, juga terletak pada mental dan ketergantungan akan seorang jenderal lapangan juga ada pada tim Perancis.

8. Spanyol. Kelebihan tim ini adalah penguasaan bola atau ball possession yang tinggi. Pemain-pemain Spanyol punya kelebihan dalam permainan dari kaki ke kaki. Kalau dulu, permainan Spanyol terpengaruh oleh gaya bermain latin, maka di era 2000-an sudah berbeda. Mereka punya ciri-ciri tersendiri. Kelemahannya adalah, tim yang dijuluki Matador ini juga sangat tergantung oleh beberapa pemain lapangan tengah yang handal. Tebukti setelah Xavi Hernandez mengundurkan diri dari tim nasional, permainan Spanyol tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada periode 2008 hingga 2012, gaya permainan Spanyol yang hebat adalah hasil kreasi dari trio mereka yaitu Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Sergio Busquets. Bisa dibilang trio ini adalah ruhnya permainan Spanyol pada masa itu.

 
Ada kesebelasan yang bagus dalam menyerang tapi lemah di pertahanan. Ada tim yang kuat bertahan tapi secara fisik kalah dibanding tim lain. Ada tim yang skuadnya kuat secara fisik dan mental, namun skillnya kalah dibanding tim lain. Ada kesebelasan yang bertaburan talenta yang bagus namun kocar kacir karena tidak ada playmaker yang diandalkan. Ada tim yang punya ciri-ciri khas dalam bermain tapi lemah di hal lain. Begitulah sepakbola.

 

Baca Yang Lainnya :
Sepakbola Piala Eropa Antar Negara dan Negara-Negara Yang Pernah Menjadi Juara

Piala Dunia FIFA, Tim Yang Pernah Juara & Info Lainnya

Sepakbola Olimpiade & Kesebelasan-2 Yang Pernah Mendapatkan Medali Emas

Kejuaraan Sepakbola Asia dan Event-2 nya

Event Sepakbola Lainnya (Asia, Afrika, Amerika Latin dan juga Indonesia)

Hiburan Lagu dan Video Musik Dari Lapangan Hijau Sepakbola

BOLA DARI AMERIKA, ASIA, AFRIKA dan… dari dalam negeri, Indonesia.
Serba-Serbi Lain Dari Sepakbola. Yang Unik Hingga Yang Misteri

Kumpulan Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Gaya Hidup dan Sosialita

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


Lapangan Bola

5 Klub Teratas Juara Liga Champions Eropa : Real Madrid, Spanyol – AC Milan, Italia – Liverpool, Inggris – Bayer Munchen, Jerman dan Barcelona, Spanyol.

Acara-2 Resmi Sepakbola : Turnamen Piala Dunia FIFA, Turnamen Piala Eropa UEFA, Piala Champions Eropa, Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Liga Seri-A Italia, Piala Dunia Antar Klub, Piala Champions Asia, Piala Afrika, Copa Amerika, Piala Libertadores, Sepakbola SEA Games, Sepakbola Asian Games, Piala Konfederasi dll.