KEAJAIBAN DUNIA YANG KE-8

Kalau selama ini ada istilah yang ngetop yang disebut “7 KEAJAIBAN DI DUNIA”, yang dipakai untuk menyebut bangunan-bangunan bersejarah yang spektakuler dan unik, seperti Taj Mahal di India, Tembok Besar atau Great Wall di Cina dan lain-lain, maka ada lagi sebuah lokasi infrastruktur yang menurut banyak pengamat layak menjadi daftar keajaiban dunia yang ke-8. Itulah KARAKORAM ! Apa itu KARAKORAM ? Adalah sebuah jalan raya sepanjang 1300 km yang dibangun pada tahun 1959 untuk menghubungkan Provinsi Punjab di Pakistan dengan daerah Uyghur Xinjiang di China. Apa sih istimewanya jalan raya yang aslinya bernama N-35
Salah satunya adalah di beberapa bagiannya, jalan raya yang juga disebut dengan istilah “Jalan Persahabatan China Pakistan” tersebut dibangun di ketinggian 4714 meter di pegunungan Karakoram. “Ck ck ck … gunung Rinjani yang ada di NTB Indonesia yang tingginya 3417 meter saja, sulit didaki, apalagi Karakoram”. Well, mungkin situasinya berbeda. Dengan kondisi begitu, maka jalan raya Karakoram adalah salah satu jalan raya yang tertinggi di dunia. Lokasi ini juga menjadi tempat wisata yang terkenal. Sehubungan dengan kesulitan di waktu pembangunannya dan menimbulkan ratusan korban tewas, terutama di bagian yang paling tingginya, maka banyak yang menilai jalan raya Karakoram ini pantas masuk Daftar Keajaiban Dunia di urutan ke delapan.

(Referensi data : wikipedia.org)

 

gedung paling tinggi

YANG PALING TINGGI LAINNYA
Bangunan pencakar langit yang paling tinggi di dunia saat ini adalah Burj Khalifa yang ada di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Berapakah tingginya ? Yaitu 829 meter belum termasuk antena yang berada di puncaknya. (Bandingkan dengan Monas di Jakarta yang tingginya 132 meter). Burj Khalifa mulai dibangun tahun 2004 selesai tahun 2008. Diresmikan pada tahun 2010. Terdiri dari 163 lantai. Lift berjumlah 57 buah. Biaya pembuatan 1,5 milyar dolar AS.

Short Presented by : PLM12.COM.

Dunia Olahraga

Serba-serbi, Fenomena & Entertainmen

Life Style

Tips & Trik

B L O G
 

 

PLM12.com : Info Dunia – Teknologi Terkini – Panorama Indonesia – Dunia Islam – Opini Olahraga Sepakbola – Statistik Olimpiade – Asia & Indonesia Sport – Cerita-cerita Singkat dari MotoGP – Inspirasi dan Motivasi Yang Berhubungan Dengan Olahraga – Youtube Music Video – Entertainment – Iklan – Trik & Tips – Artikel – Sosialita.

 

logo website plm12

Contoh istilah-istilah di dalam lalulintas : Jalan protokol – Jalan TOL – Pedestrian – Traffic Light – Fly-Over – Jembatan Penyeberangan – Trotoar – Halte – Rambu-rambu – Rest Area – Jalur hijau – Perempatan – Pertigaan – Putaran – U-TURN – Under Pass – Parkir – SIM – Bahu jalan – Zebra Cross – Exit TOLL – dan lain-lain.