Kawasan Timur Tengah dan olahraga kelas dunia

Negara-negara yang ada di wilayah Timur Tengah dalam prestasi olahraganya khususnya tingkat juara dunia, kurang diperhitungkan. Namun di kawasan yang kaya akan minyak tersebut ada beberapa negara yang dalam beberapa tahun terakhir ini sukses di dunia olahraga, bukan prestasi juara dunianya tapi sebagai tuan rumah atau penyelenggara kejuaraan.
Negara yang pertama dianggap sukses sebagai penyelenggara event kelas dunia adalah Qatar. Pada tahun 2004, untuk pertama kalinya kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang ngetop dengan sebutan MotoGP digelar di kota Doha yang adalah ibukota Qatar. Nama sirkuit yang menggelar event tersebut adalah Losail. Yang istimewa dari lomba balap otomotif roda dua itu adalah yang pertama kali diadakan di sebuah negara Timur Tengah. Dan untuk yang pertama kalinya pula sepanjang sejarah balap motor, acara dilangsungkan pada malam hari. Pada waktu itu yang menjuarai kelas utama MotoGP Qatar adalah pembalap asal Spanyol, Sete Gibernau.

Daftar Nama-nama Kota di Negara-negara di Kawasan Timur Tengah

Daftar Lima Negara-negara Terbesar di Timur Tengah

Berikut adalah Kota-kota di Timur Tengah Yang Sangat Istimewa

Jenis Wisata Yg Bisa Menjadi Inspirasi Untuk Liburan

Entertainmen – Fenomena – Serba-serbi – Kata-kata dan Istilah Gaul
Entertainmen – Fenomena – Serba-serbi – Kata-kata dan Istilah Gaul
 


Event kelas dunia lainnya di Qatar pada tahun 2022, di mana untuk yang pertamakalinya di wilayah Timur Tengah, kejuaraan sepakbola piala dunia FIFA diselenggarakan.
Negara Timur Tengah yang ketempatan ajang kelas dunia lainnya yaitu Bahrain. Olahraga kelas dunia apa yang menunjuk Bahrain menjadi tuan rumah ? Masih dari otomotif yaitu kejuaraan balap mobil Formula 1 atau yang populer disebut F1. Pada tahun 2004 di Bahrain International Circuit atau Sirkuit Sakhir menjadi tuan rumah lomba adu kecepatan jet darat roda empat alias mobil F1 itu dan itulah pertama kalinya Formula satu digelar di negara Timur Tengah. Yang memenangkan balapan saat itu adalah pembalap asal Jerman, Michael Shumacher dari tim Ferari.
Setelah Bahrain, negeri Timur Tengah lain yang juga menggelar kejuaraan balap mobil F1 adalah Uni Emirat Arab. Adalah sirkuit Yas Marina yang terletak di kota Abu Dhabi menjadi ajang kebut-kebutan otomotif roda empat itu. Event pertama Formula 1 di Uni Emirat Arab berlangsung pada tahun 2009 dan yang memenangkan lombanya adalah pembalap asal Jerman, Sebastian Vettel.
Sebetulnya ada penyelenggaraan olahraga lain yang pernah berlangsung di kawasan Timur Tengah yaitu di negara Iran dan Qatar, yaitu pesta olahraga Asia, Asian Games. Asian Games di Iran pada tahun 1974, sementara yang di Qatar pada tahun 2006. Namun event tersebut dari sisi prestasinya hanya tingkat Asia, meski bisa saja di beberapa cabang olahraga ada yang mencetak rekor dunia.
Negara-negara kecil di Timur Tengah telah sukses menggelar event besar olahraga kelas dunia.