Kata-kata dan Istilah yang ada di balap motor MotoGP

Hallo MotoGP Fans !

Berikut adalah kata-kata dan istilah yang biasa dipakai dalam lomba balap motor, khususnya motoGP. Sebagian merupakan istilah teknis dan yang lainnya non-teknis dan kebanyakan masih dari bahasa Inggris. Ada juga beberapa kata istilah yang merupakan kata gaul dan sering diucapkan oleh presenter di televisi. Kenapa sih harus pakai kata istilah gaul segala ? Tentu biar lebih asik dan seru !
Akselerasi : ..Percepatan sebuah motor balap yang diukur dengan waktu dan jarak. Misalnya jarak 100 meter bisa dicapai oleh sebuah motor dalam waktu 5 detik. Jika jarak 100 meter bisa dicapai dalam waktu 4 detik, maka akselerasi motor itu dinilai lebih baik. Istilah lain akselerasi ini dalam bahasa gaul biasanya disebut “Tarikan” Misal : “Motor itu tarikannya kencang !…
Battle for… Pertarungan untuk posisi tertentu. Misal : battle for 3rd. Artinya pertarungan untuk merebut posisi ketiga. Jarak antar pembalap biasanya amat rapat. Bisa melibatkan 2 pembalap atau 3 bahkan empat orang. Semakin banyak tentu semakin seru.
Besut, besutan, membesut : ..Meski jarang digunakan, tapi kata istilah ini pernah digunakan untuk laporan dunia olahraga, misalnya sepakbola dan juga lomba motoGP. Misalnya : “Jorge Lorenzo dengan besutannya, Ducati Desmosedici, berhasil menjadi juara seri Mugello”.
Bumpy. Kondisi lintasan sirkuit yang agak berbukit turun naik. Contoh misalnya di sirkuit Philip Island, Australia. Trek balap yang seperti ini akan jadi tantangan tersendiri untuk seorang pembalap.
Burn out. Aksi seorang pembalap yang melakukan putaran roda belakang hingga mengeluarkan kepulan asap putih. Aksi ini biasanya dilakukan setelah seorang pembalap berhasil menjadi yang tercepat pada penentuan pole position.
Champion : Kata benda yang artinya sang juara. Kalau World Champion artinya Sang Juara Dunia. Kata ini berasal dari bahasa Inggris.
Championship : Ini juga sebuah kata benda. Arti kata yang berasal dari bahasa Inggris ini adalah kejuaraan.
Chicane : Tikungan lintasan yang berbentuk huruf S. Misalnya yang ada di sirkuit Suzuka Jepang. Jadi ketika seorang pembalap berbelok kanan masuk tikungan tersebut, ketika akan keluar tikungan, motor belum belum berdiri tegak sudah harus belok ke kiri di tikungan selanjutnya.
Corner : Kata yang asal bahasa Inggris ini artinya posisi sudut atau pojok. Tapi di lomba balap Motograndprix digunakan untuk menyebut sebuah tikungan di sirkuit. Misalnya : “Last corner” artinya adalah tikungan terakhir atau fast corner yang berarti tikungan cepat.
Crash : Kata ini dipakai untuk menyebut motor balap yang jatuh dan rusak parah. Boleh dibilang juga hancur dan tidak bisa digunakan lagi untuk berlomba.
Kelas para raja. Ini sebutan untuk balap motor kelas utama MotoGP tapi khusus di Indonesia saja lho ya. Kalau di luar negeri ? Tentu saja berbeda.
Gravel. Area yang dipenuhi pasir yang ada di beberapa sisi lintasan sirkuit. Salah satu gunanya adalah agar jika ada pembalap yang nyasar keluar lintasan trek, maka bisa memperlambat laju motor yang sebelumnya dalam kecepatan tinggi. Dan jika keluar treknya dalam kondisi jatuh, gravel ini bisa mengurangi resiko cedera fatal.
Wet Race. Balapan yang dilangsungkan dalam kondisi hujan. Banyak pengamat menilai, dalam wet race selain strategi tim, faktor non teknis bisa saja membalikkan perkiraan awal siapa yang memenangi balapan. Misalnya seorang rider yang meskipun dia tidak menggunakan motor yang terbaik tapi karena berani melibas trek basah terutama di tikungan, bisa saja dia yang memenangkan balapan.
Wheelie. Aksi pembalap yang mengangkat roda depan motornya. Untuk apa melakukan aksi wheelie ? Untuk sekedar gaya dan berekpresi kemenangan dihadapan fans dan penonton. Wheelie dibaca wili.
Fastest lap. Waktu tercepat yang dicapai untuk satu putaran. Berbeda dengan Lap Record, Fastest lap ini bukan pemecahan rekor baru dan untuk setiap satu putaran yang dibuat oleh pembalap akan tercatat dan ditampilkan sehingga bisa dilihat oleh official maupun penonton termasuk penonton TV
Hairpin. Tikungan yang bentuknya melengkung 180 derajat. Misalnya di srkuit Sepang Malaysia. Hairpin itu artinya adalah tusuk konde, di mana di bagian atasnya membentuk lengkungan 180 derajat. Jadi trek menikung sampai berbalik arah.
Down. Jatuh. Biasanya dipakai untuk menyebut seorang pembalap yang terjatuh dari motor sewaktu berlomba.
Getting wide. Motor yang jalannya melebar di tikungan. Dengan begitu akan sangat mudah disalip oleh pembalap lain di belakangnya. Kata “getting wide” tersebut biasa diucapkan seorang komentator acara lomba balap Motogp.
Top speed. Kecepatan tertinggi yang mampu dicapai oleh sebuah motor di trek lurus. Bukan untuk satu putaran lap. Meski begitu, motor yang mampu menembus catatan top speed, belum tentu menjadi pemenang lomba. Sirkuit-sirkuit yang bisa mengembangkan kecepatan tertinggi sebuah motor balap misalnya : Sirkuit Sepang Malaysia, Mugello dan Monza di Italia dan Catalunya Spanyol.
Late Brake. Memperlambat pengereman menjelang tikungan. Misalnya titik pengereman normal 5 meter menjelang tikungan, tapi melakukannya, 4 meter menjelang tikungan. Rider yang lebih berani biasanya unggul di kondisi ini.
Rider. Berasal dari bahasa Inggris yang artinya pengendara. Di MotoGP dipakai untuk menyebut seorang pembalap.
Tunggangan. Sebutan lain untuk motor yang dipakai untuk membalap.
Victory lap. Satu putaran yang harus dilakukan oleh seluruh pembalap yang mengikuti lomba setelah lap terakhir selesai.
Slick tyre. Ban yang botak. Dipakai ketika balapan dalam kondisi lintasan kering alias sedang tidak hujan. Kenapa bannya harus botak ? Itu agar permukaan ban bisa menapak secara maksimal ke aspal trek, dengan begitu laju motor balap jadi lebih kencang.
Groove tyre. Ban beralur. Digunakan untuk balapan dalam kondisi basah hujan. Berbeda dengan ban botak, untuk kondisi basah diperlukan ban yang ada alur-alurnya di permukaannya. Gunanya apa ? Yaitu untuk mengurangi efek aquatic dari air hujan yang membanjiri trek sirkuit. Apa itu efek aquatic ? Efek di mana motor akan mengambang di atas air yang akhirnya sangat berbahaya karena licin. Untuk mengurangi itu maka dibuatlah ban beralur atau groove tyre tersebut, agar ban tetap bisa menggigit aspal meski tidak semaksimal ban botak untuk trek kering.
Wet tyre. Ban khusus yang dipergunakan untuk balapan dalam kondisi basah atau hujan. Sebetulnya ban ini sama juga dengan groove tyre. Wet tyre artinya ban basah.
Paddock. Markas tim balap yang ada di sirkuit.
Pit Lane : Ini bukan jalur untuk balap. Jalur ini arahnya menuju ke padock tim. Sesuai peraturan resmi, kecepatan motor balap di jalur ini maksimal harus 60 kilometer saja. Jika melebihi itu, akan terkena sangsi. Jalur ini digunakan jika ada pembalap yang keluar dari lomba untuk menuju ke markas timnya (paddock).
Straight Line : Jalur balap ini bisa juga disebut dengan trek lurus dan panjang. Mau menjajal sampai berapa kecepatan maksimal motor alias top speed ? Bisa di tes di straight line ini !
Umbrella girl. Para wanita dari masing-masing tim yang berada di sebelah pembalap menjelang start. Untuk lebih jelasnya, kalau melihat para pembalap yang sedang kumpul di posisi masing-masing, silahkan lihat wanita-2 yang sedang berdiri memegang payung terkembang di sebelahnya. Mereka itulah umbrella girl.
Maskot. Lambang kejuaraan. Di event olahraga lain seperti Olimpiade dan Piala Dunia FIFA juga ada yang disebut maskot.
Teammate. Rekan satu tim seorang pembalap.
Spaniard. Sebutan untuk orang Spanyol.
Jalur Balap atau Racing Line. Titik posisi yang paling pas untuk dilalui motor balap baik di tikungan, menjelang tikungan maupun di trek lurus agar menghasilkan catatan waktu sesingkat mungkin dalam satu lap. Jadi jalur balap itu bukan trek balap.
Rookie..Kata ini dipakai untuk seorang atlit pendatang baru yang prestasinya sangat mengesankan. Di lomba MotoGP digunakan juga untuk pembalap yang baru naik kelas, misalnya kelas utama, di penampilan pertamanya langsung menjadi juara dunia. Contoh : Marc Marquez.
Hattrick :..Seperti juga di cabang sepakbola, di MotoGP, istilah ini digunakan untuk juara tiga kali beruntun.
Selebrasi :..Berasal dari bahasa Inggris Celebration yang artinya perayaan. Seorang pembalap yang berhasil menjadi juara baik seri maupun juara dunia, biasanya melakukan aksi dihadapan penonton untuk merayakan kemenangannya.
Gap : ..Jarak antara pembalap di depan dengan pembalap lainnya yang ada di belakangnya atau sebaliknya. Dalam balapan, gap pada umumnya diukur dengan catatan waktu. Contoh : Posisi Marc Marquez berada 2,5 detik di depan Valentino Rossi.
Tim Satelit : ..Sebuah tim balap yang didukung oleh pabrik tapi difasilitasi mesin dan sparepart motor sepesifikasi tahun lalu.
Tim pabrikan : ..Berbeda dengan tim satelit, tim pabrikan ini didukung penuh oleh pabrik dengan fasilitas mesin motor dan sparepart spesifikasi terbaru. Jelaslah tim pabrikan jauh lebih baik jika dibanding dengan tim satelit.
Nyemplak : ..Kata ini berasal dari bahasa gaul yang artinya menaiki sebuah benda dengan kondisi dari mulai selangka, kedua belah kaki terpisah. Orang yang menaiki motor atau sepeda, bisa disebut dengan nyemplak. Kata ini kadang-kadang digunakan oleh seorang presenter di acara motogp.
Lap Record : ..Catatan waktu tercepat yang berhasil dicapai oleh seorang pembalap dalam satu putaran atau lap di satu sirkuit. Lap record ini akan dicatat bila waktu tercepat yang dibuat seorang rider bisa melewati catatan lap tercepat sebelumnya atau catatan rekor tahun lalu.
Chunk tyre. Keadaan ban yang sobek. Meski masih bisa dipakai tapi sangat berresiko. Lambat laun memang harus menghentikan balapannya.

Rossi Marquez

OPINI MOTOGP
Rossi & Marquez


Grid. Barisan posisi start pembalap yang akan memulai balapan. Di lomba motoGP barisan posisi para pembalap masing-masing ada 3. Grid yang terdepan diisi oleh rider yang start dari pole position, start dari posisi kedua dan yang ketiga. Grid kedua diisi oleh rider yang start dari posisi keempat, kelima dan keenam. Dan seterusnya.
Pole Position. Posisi paling depan untuk lomba balap. Pole position ini ditentukan di babak kualifikasi.
Pole Setter. Pembuat pole position. Artinya pembalap yang membuat pole position. Contoh pemakaian : Rekor pole setter terbanyak untuk satu musim balapan masih dipegang oleh Valentino Rossi dengan 10 pole position (Misalnya).
Jump Start. Start seorang pembalap yang menyalahi aturan. Misalnya lampu hijau start belum menyala tapi pembalap tersebut sudah menggeber motornya lebih dulu.
Regulasi. Peraturan teknis di lomba balap yang dibuat oleh badan resmi penyelenggara balap motor MotoGP. Istilah regulasi juga digunakan untuk seluruh kejuaraan otomotif lain selain MotoGP.
Single Seater. Motor balap yang rancangan joknya hanya bisa diduduki oleh satu orang saja. Di dalam lomba resmi pasti menggunakan motor dengan single seater.
Juara MotoGP

3 JUARA MOTOGP + 1 JUARA GP500
Rossi, Marquez, Stoner & Doohan. Siapakah Kira-kira Yang Terbaik Di Antara Mereka ?

Two Seater atau Double Seater. Motor balap yang joknya dirancang untuk dua orang. Jadi motor balap tersebut bisa dinaiki oleh dua orang. Motor balap double seater ini digunakan untuk acara eksebisi saja atau ajang promosi di luar balapan resmi seperti biasanya. Misalnya panitia acara mengadakan acara eksebisi dan memberikan kesempatan kepada para penonton untuk bisa mencoba ikut membonceng motor balap yang dikendarai oleh anggota panitia yang biasanya mantan pembalap terkenal.
Debut : Yang pertama kali. Artinya baru pertama kali turun ikut lomba balapan. Pembalap yang baru pertama kali turun berlomba disebut debutan. Misalnya : Debut Marc Marquez di lomba MotoGP pada tahun 2103. Artinya : Pertama kali Marc Marquez di lomba MotoGP pada tahun 2013. Kata debut juga biasa dipakai di olahraga lain dan juga pentas lain seperti hiburan musik dan film.
Jurdun : Adalah singkatan dari juara dunia. Istilah ini sering digunakan para penggemar balap motor khususnya MotoGP di media sosial. Mau memakai singkatan ini untuk arena yang lain ?
Win : Artinya menang atau memenangkan. Kata kerja ini berasal dari bahasa Inggris.
Won : Bentuk lampau (past tense) dari win yang artinya juga menang.
Winner :Juga berasal dari bahasa Inggris yang artinya pemenang. Kata ini termasuk kata benda.
Free Practice :Latihan bebas. Dilakukan sebelum kualifikasi.
Oke MotoGP fans, beberapa kata istilah yang telah disebut di atas diantaranya adalah istilah umum untuk dunia otomotif khususnya balap termasuk untuk kata gaulnya. Dan bisa saja berubah mengikuti perkembangan jaman. Sebagai catatan, penggunaan kata gaul bisa juga untuk keperluan promosi atau untuk membuat suasana acara jadi lebih santai
 
Update …
 

Balap Motor

Lomba Balap Motor MotoGP
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix diadakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.

Berikut adalah daftar para pembalap yang pernah memenangi lomba balapan ini dalam 20 tahun terakhir.

 

Baca Yang Lainnya :
Lain Balap Motor Lain Pula Sepakbola dengan Kata Gaul & Istilahnya. Baca Di Sini

Lagu Paling Pas Untuk Menyambut Sang Juara dari Queen

Ini alasan kenapa para rider tidak mau menggunakan nomor 1 di motornya

Musik dan Lagu-2 Untuk Tema Piala Dunia

Gimana sih Lagu-2 Era thn 80-an ? Lebih Merdukah ? Baca Saja Yang Berikut !

Sepakbola Piala Dunia FIFA dan Urut-urutan Negara Yang Pernah Menjadi Juara dari Yang Terbanyak

BOLA DARI AMERIKA, ASIA, AFRIKA dan… dari dalam negeri, Indonesia.
Kumpulan Kejadian dan Peristiwa Yang Terjadi Sepanjang Tahun Ini
 

PLM12.com

Panorama Indonesia

Dunia Islam (Islam World)

SportAsia, Balapan Motor MotoGP, Olimpic & Yang Lainnya dari Olahraga.

Inspirasi, Motivasi, Tips & Trik

Internasional, Kata-kata Gaul, Kota-kota Dunia dll

 


lomba balap motor

Pembalap-pembalap Yang Pernah Menjuarai Lomba Balap Motor MotoGP : Valentino Rossi (Italia) – Marc Marquez (Spanyol) – Jorge Lorenzo (Spanyol) – Casey Stoner (Australia) – Niki Hayden (Amerika Serikat).

Negara-negara Yang Sering Menggelar Event MotoGP : Spanyol – Qatar – Italia – Jerman – Belanda – Argentina – Perancis – Inggris – Amerika Serikat – Republik Ceko – Malaysia – Cina – Jepang dan Australia. 2 Negara yang terbanyak menjadi tuan rumah adalah Spanyol dan Italia, masing-masing tiga kejuaraan di tiga sirkuit.