Kamus Istilah & Kata-kata Tentang Kota

Halo pembaca,

Tahu tentang artinya kota ? .. Baiklah ! Mungkin ada yang membayangkan suatu tempat yang ramai, ada juga yang teringat tentang jalanan yang macet, gedung-gedung bertingkat, tempat hiburan yang seru dan lain-lain. Yang pasti kota memang beda dengan desa. Oke dalam artikel ini bukan membahas tentang seluk beluk tentang kota, sejarahnya dan solusi masalahnya tapi yang berikut ini adalah daftar kata-kata dan istilah yang berhubungan dengan kota termasuk fasilitas pendukungnya. Beberapa diantaranya disertai dengan bahasa asingnya, terutama bahasa Inggris karena masih banyak juga yang menyebut istilah kata tersebut dengan bahasa Inggris :
Istilah yang sederhana. Sebuah daerah di dalam kota yang dibangun khusus untuk kegiatan bermacam-macam kegiatan perusahaan. Bisa dipastikan tidak ada perumahan di lokasi kawasan bisnis ini.
2. Zebra Cross : Yang dimaksud dengan zebra cross adalah tanda yang bermotif warna putih hitam yang melintang dari pinggir jalan raya ke pinggir jalan raya di seberangnya sebagai tanda untuk area pejalan kaki menyeberangi jalan itu.
3. Halte : Tempat untuk penumpang yang sedang menunggu kendaraan umum. Kalau dalam bahasa Inggris, halte adalah shelter.
4. Toll atau Jalan Bebas Hambatan : Jalan raya berbayar. Salah satu tujuan dibangunnya jalan tol adalah untuk mengurangi kemacetan yang terjadi.
5. Walikota : Pejabat pemerintahan di suatu kota. Dalam bahasa Inggris adalah mayor. Kedudukan walikota berada di bawah gubernur.
6. Kawasan elit : Maksud dari istilah ini adalah sebuah daerah di kota yang khusus dan esklusif. Biasanya di kawasan elit untuk kepentingan pejabat pemerintahan negara, tempat pertemuan kepala pemerintahan.
7. Supermarket : Pusat perbelanjaan dan pasar dengan gaya perkotaan. Kata ini berasal dari bahasa Inggris.
8. Minimarket : Tempat berbelanja yang lebih kecil dari supermarket. Minimarket kadang-kadang juga disingkat jadi minimart.

9. Venue : Berasal dari bahasa Inggris yang artinya tempat yang bisa dikunjungi.
10. Bandara : Sebuah lokasi untuk transportasi yang melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat. Bandara kalau dalam bahasa Inggris adalah airport.
11. Pencakar langit : Gedung-gedung bertingkat yang dibangun sangat tinggi yang ada di kota-kota besar. Pencakar langit bahasa Inggrisnya adalah skyscraper.
12. Mall : Artinya adalah gedung untuk lokasi berjualan, termasuk juga supermarket yang berada di dalamnya. Mall juga ada tempat-tempat untuk hiburan bermain. Sebuah lokasi perbelanjaan gaya perkotaan.
13. Terminal : Tujuan akhir berbagai jenis transportasi angkutan umum seperti bis, kereta atau pesawat.
14. Urban : Arti dari istilah ini adalah yang berhubungan dengan perkotaan.
15. Taksi : Dalam bahasa Inggris adalah taxi, salah satu jenis tranportasi darat.
16. Pedestrian : Jalur khusus yang dibuat untuk para pejalan kaki.
17. Komuter : Salah satu jenis kereta yang menjadi alat transportasi yang melayani trayek dalam kota.
18. Verboden : Berasal dari bahasa Belanda yang artinya dilarang melintas/dilarang masuk.
19. Stasiun : Tempat atau tujuan akhir kereta yang melakukan perjalanan trayek dari kota tertentu.
20. Lampu Merah : Alat untuk mengatur lalulintas. Meskipun namanya lampu merah tapi alat ini terdiri dari tiga lampu yang warnanya ada tiga yaitu merah, kuning dan hijau. Alat ini terpasang di perempatan jalan. Merah artinya kendaraan harus berhenti, kuning berarti kendaraan siap-siap berhenti atau hati-hati sementara hijau artinya kendaraan boleh berjalan lagi. Lampu merah dalam bahasa Inggris adalah Traffic Light
21. Jalan protokol : Jalan raya utama untuk menuju lokasi-lokasi yang ada di dalam kota.
22. Kafe : Restoran dengan pengaturan ruangan untuk suasana yang khusus dan lebih santai, tidak resmi.

 
23. Restoran : Tempat khusus untuk melakukan acara makan-makan.
24. Trotoar : Jalur yang ada di sisi jalan raya untuk pejalan kaki melintas.
25. Map : Gambar petunjuk lokasi-lokasi di suatu tempat di kota-kota.
26. Drainase : Saluran pembuangan air yang ada di sebuah kota
27. Fly Over : Disebut juga jalan simpang susun. Jalan raya yang dibangun bertingkat melintasi perempatan di bawahnya. Salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi kemacetan di sekitar perempatan.
28. Office Hour : Ini istilah bisnis. Makna dan arti istilah yang berasal dari bahasa Inggris ini adalah saat jam kerja kantor.
29. Bundaran : Jalan raya yang berbentuk melingkar.
30. Perempatan : Pertemuan empat arah jalan raya. Bahasa Inggrisnya crossover
31. Pertigaan : Pertemuan tiga arah jalan raya
32. Jalur hijau : Kawasan di dalam kota yang dibuat khusus untuk taman yang berisi pohon-pohon. Fungsi jalur hijau adalah sebagai paru-paru kota dan keindahan kota.
33. Putaran balik : Sebuah tikungan di jalan raya agar kendaraan bisa berputar balik arah. Dalam bahasa Inggris disebut U-Turn.
34. Apartemen. Tempat tinggal yang dibangun secara bertingkat. Salah satu tujuan dibangunnya apartemen adalah agar para warga bisa lebih dekat dengan lokasi mereka bekerja dan beraktifitas sehari-hari.
35. Rusun. Singkatan dari rumah susun. Perumahan warga yang dibuat secara bertingkat hingga beberapa puluh lantai.
36. Hotel. Tempat untuk menginap dengan waktu dan tarif tertentu.
37. Tower. Bangunan tinggi untuk infrastruktur komunikasi, misalnya untuk televisi, radio dan internet. Tower bisa juga adalah sebutan untuk bangunan tinggi biasa untuk perkantoran.
38. Rambu. Tanda yang terpasang di jalan raya yang berguna sebagai petunjuk arah, larangan dan petunjuk lokasi sebuah tempat.
39. Kongkow. Istilah ini artinya kumpul-kumpul bersama teman-teman di sebuah tempat hiburan.
40. Hang Out. Istilah yang digunakan sebagian warga untuk bepergian keluar rumah di saat libur atau ketika sedang senggang.
41. Galeri Seni. Gedung yang dibangun untuk keperluan yang berhubungan dengan karya seni dalam berbagai jenis dan aliran. Dalam bahasa Inggris disebut juga dengan art gallery.
42. Pasar Modern. Pasar ini biasanya dibangun tidak jauh dari perumahan.
43. Night Life. Berasal dari bahasa Inggris yang artinya Kehidupan Malam. Aktifitas yang berlangsung di malam hari.
44. Car Free Day. Berasal dari bahasa Inggris yang artinya Hari Bebas Kendaraan. Hari di mana diberlakukan larangan menggunakan kendaraan di jalan-jalan utama. Car Free Day diberlakukan pada hari libur.
45. Finance Center. Asal kata dari bahasa Inggris yang artinya pusat keuangan.
46. Ibukota. Istilah untuk status kota yang paling utama dari sebuah negara karena menjadi pusat pemerintahan, lembaga-lembaga penting pemerintah, perwakilan negara-negara lain ada di sini.
47. Bus Way. Jalur khusus untuk transportasi jenis bis.
48. Under Pass. Berbeda dengan flyover, under pass adalah jalur jalan raya yang dibangun di bawah tanah untuk menghindari perempatan yang ada di atasnya.
49. Convention Center : Gedung sebaguna untuk bermacam-macam acara dan event. Misalnya pameran, konferensi dan event-event besar lainnya.
50. Exhibition. Berasal dari bahasa Inggris yang artinya pameran.
51. Boulevard. Jalan Raya utama di sebuah kota.
52. Gaya Hidup. Istilah bahasa Inggrisnya adalah life style. Kehidupan sosial yang dijalani oleh individu maupun kelompok atau komunitas
53. Congestion. Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang kalau dalam bahasa Indonesia sama juga kemacetan lalu lintas.
54. Musium. Tempat untuk menyimpan benda-benda kuno, foto-foto masa lalu yang bernilai sejarah, benda-benda seni yang bernilai tinggi dan benda yang unik-unik lainnya. Bahasa Inggris dari musium adalah museum.
55. Resto : Kependekan dari kata restoran
56. Plaza : Pusat perbelanjaan. Kata “plaza” populer sebelum munculnya kata “mall”. Jadi arti kata plaza kurang lebih sama dengan mall.
57. Food Court : Sebuah lokasi khusus untuk tempat makan-makan.
58. Distro : Toko penjual produk-produk fashion terutama pakaian dan sepatu.
59. Department Store : Toko khusus yang menjual produk-produk pakaian, sepatu, tas dan asesoris lainnya. Department Store lebih besar dan lengkap daripada distro.
60. Central Business District : Disingkat CBD adalah daerah khusus untuk aktifitas bisnis di sebuah kota.

 
Oke pembaca, itu sedikit istilah-istilah yang berhubungan dengan perkotaan. Beberapa kata yang disebutkan di atas sudah jarang sekali digunakan karena ada kata istilah pengganti lain yang barangkali lebih menarik, terutama yang berhubungan dengan bisnis. Pastinya, kata-kata dan istilah akan terus berkembang sesuai dengan jaman. Semoga bermanfaat dan juga bisa menjadi pedoman kata-kata dalam pencarian di Google map.
 

Pemandangan kota

Nama-Nama Kota di Dunia
Jakarta – New York – London – Mekah – Shanghai – Singapore – Kuala Lumpur – Los Angeles – Denpasar – Bandung – Madrid – Washington – Berlin – Beijing – Dubai – Moskow – Roma – Milan – Rio de Janeiro – Kairo – Johanesburg – Sydney – Bogota – Meksiko City – Toronto – Munich – Venesia – Istanbul – Bagdad – Bangkok – Buenos Aires – Amsterdam – Barcelona – Santiago – Tripoli – Vancouver – Surabaya – Paris – Liverpool – Queensland – Seoul – Tokyo – New Delhi – Guangzhou – Medan – Madinah – Makasar – Bogota – Marseille – Menado

Fenomena, Hiburan, Kata-2 & Istilah Gaul