Julukan dan Istilah dengan Nama Macan


Halo Pembaca

macan lucu

Kenal sama macan ? Ya, benar !” Macan adalah salah satu hewan pemangsa atau predator.
Satwa dengan ciri khas kulit belangnya tersebut sangat ditakuti hewan-hewan lain. Macan atau yang disebut harimau, seperti halnya singa dijuluki si raja rimba. Kalau singa sangat disegani di padang rumput luas dan daerah padang pasir, maka di hutan belantara yang lebat, harimaulah yg sangat ditakuti. Karena julukan hebat itulah, banyak orang memakai kata macan untuk dipakai sebagai julukan dirinya atau kelompoknya agar menjadi terkesan keren & hebat.
Oke, namun artikel ini kebetulan bukan membahas tentang binatang macan baik secara fisik maupun juga habitatnya, tetapi ini erat berhubungan dengan penggunaan nama macan untuk julukan seseorang, klub, kelompok & komunitas bahkan organisasi. Ada juga beberapa dari daftar berikut antara lain istilah-2 & perumpamaan yang memakai nama macan.
1. Macan podium. Ini adalah istilah untuk menyebut seseorang yang ahli pidato, pembicara publik yang hebat, orator ulung, bicara di atas panggung menggelegar-gelegar, dalam setiap penampilannya, orang tersebut mampu membuat terkesima ribuan orang yang hadir. Ada juga yang menyebut ahli pidato ini dengan sebutan singa podium.
2. Macan Ompong Apa yang menjadi senjata ampuh seekor macan untuk mengalahkan musuhnya ? Selain kukunya yang kuat dan tajam, tentu saja taringnya. Maka ketika macan sudah tidak mempunyai taring, apa yang dibanggakan lagi ? Itulah yang dikenal dengan kata istilah macan ompong. Sebutan macan ompong juga digunakan untuk perumpamaan orang yang dulunya sangat disegani dan ditakuti, kini tidak punya kekuatan lagi, tidak punya kekuasaan lagi, sudah pensiun karena usia yang sudah tua.
3. Tim Macan Kemayoran. Untuk para fans sepakbola Indonesia tentu tau nama ini. Itu adalah julukan lama untuk tim sepakbola kesayangan warga DKI Jakarta yang belakangan ini ngetop dengan nama The Jak Mania.
4. Ada yang tau peribahasa yang bunyinya “Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama ? Ya ! Salah satu bagian dari kalimat peribahasa itu menyebutkan nama harimau atau. Peribahasa tersebut identik dengan image. Salah satu image khas dari satwa macan adalah kulitnya yang belang.
5. Macan Asia. Ini adalah gelar Tim nasional sepakbola Indonesia yang pernah disegani di benua Asia.
6. Sebutan Macan Asia juga ada yang memakainya untuk menyebut sebuah negara yang kondisi ekonominya kuat dan stabil di benua Asia.
7. Piala Tiger. Ini adalah nama turnamen sepakbola yang ada di wilayah Asia Tenggara. Nama pialanya adalah Piala Tiger. Lalu hubungannya dengan macan ? Ya tiger adalah kata dari bahasa Inggris yang artinya macan. Demikian juga dengan tiger yang berikut ini :
Breaking Link ! Hiburan Video Musik & Lagu dari Survivor tentang Julukan Macan
8. Perumpamaan “Lepas dari mulut harimau masuk ke mulut buaya”. Di kalimat itu ada disebut kata “harimau” yang tentu saja macan yang cengkeramannya berbahaya. Arti perumpamaan itu : Ada dua pilihan yang sama-sama tidak enak.
9. Sarang macan. Ini adalah perumpamaan sebuah tempat atau lokasi yang sangat berbahaya untuk didatangi. Berbahaya karena tempat itu misalnya terkenal menjadi markas musuh.
10. Ada yang pernah melihat tai macan ? Menurut sebuah penelitian, jika binatang-binatang seperti babi, rusa, kambing menemukan kotoran tersebut, mereka semua pasti akan langsung menghindar karena tidak jauh dari situ ada pemangsa yang berbahaya bagi mereka.
11. Macan langka. Istilah ini menjadi berita penting di media informasi. Macan langka artinya jumlah mereka yang semakin menurun dan perlu dilindungi. Kalau tidak, bisa tamat deh riwayatnya karena terus menerus diburu. Akhirnya hanya tinggal cerita dan kenangan.
12. Macan memang satwa yang butuh perlindungan dari kita karena populasinya yang makin menyusut, tapi kalau kita tanpa sengaja bertemu macan secara langsung ?…He he he pastinya kita yang sama-sama cari perlindungan, takut diterkam.
13. Trio Macan. “Inilah nama sebuah kelompok yang terdiri dari tiga orang cewek penyanyi yang pernah sangat populer di dunia musik Indonesia”. Lagu mereka yang terkenal adalah “Kucing Garong”
14. Salah satu kelompok musik asal Jepang tahun 60-an meski lagunya sangat lembut tapi mereka menamakan kelompoknya dengan nama “The Tigers” yang artinya ? “Sang Macan”
15. Macan Kotak Penalti. Dari dunia sepakbola. Ini julukan khusus yang disematkan untuk seorang pemain sepakbola (biasanya striker) yang jago mencetak gol di daerah gawang lawan. Butuh kawalan berlapis untuk menjaga pergerakan macan kotak penalti tersebut ketika beraksi.
16. Maung Bandung. Masih dari olahraga sepakbola. Sama seperti tim ibukota Jakarta yang menggunakan nama hewan liar predator berkulit loreng tersebut, Persib Bandung juga menggunakan jenis hewan ini sebagai julukan mereka yang terkenal. Maung adalah macan.
17. Macan Tamil Eelam. Adalah sebuah kelompok militan yang ada di negara Sri Langka. Macan Tamil Eelam yang lebih populer dengan sebutan Macan Tamil, didirikan pada tahun 1976. Dalam bahasa Inggris adalah Liberation Tigers of Tamil Eelam, disingkat jadi LTTE.
18. Pukat Harimau. Ini adalah salah satu jenis alat untuk menangkap ikan di perairan laut.
19. Cimacan. Bagi yang suka berpergian ke Cianjur melalui jalur wisata Puncak Bogor Jawa Barat, biasanya melewati daerah Cimacan. Barangkali dari para pembaca ada yang tau kenapa daerah tersebut dinamakan Cimacan ?
20. Eyes Of The Tiger. Oke deh, ini dari dunia hiburan. Ini video musik dan lagu Youtube dari group Survivor dengan judul yang artinya “Mata Harimau alias Mata Macan” Silahkan sentuh DI SINI dan semoga terhibur !
Banyak lagi sebutan atau julukan yang memakai kata macan. Untuk berbagai keperluan, misalnya nama merek untuk promosi, film, judul lagu. Btw, segalak-galaknya macan, seliar-liarnya harimau, masih banyak orang yang suka dengan penampilannya yang menarik dan eksotis.

Logo Plm12COM

Opini dan Informasi Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – Teknologi – Kata-kata dan Istilah Gaul Sehari-hari – B L O G – Website – Internasional

 

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.