Juara Balap Motor MotoGP, siapa yang termuda ?

Halo MotoGp mania,

nomor motor motoGP

Tidak semua pembalap yang pernah memenangi lomba balap motor MotoGP adalah para rider yang berpengalaman yang sudah lebih dulu turun di kelas utama selama bertahun-tahun. Ada beberapa orang pembalap yang baru satu tahun berlaga di kelas utama MotoGP, di tahun keduanya sudah bisa menjuarai kejuaraan tersebut. Bahkan ada juga rookie atau pendatang baru yang tampil, langsung menjadi juara pada tahun itu juga. Mereka hanya punya pengalaman yang banyak sewaktu membalap di kelas motor lebih kecil seperti kelas 250 cc dan Moto-2. Dengan beradaptasi secara cepat untuk mengendalikan motornya yang berkapasitas mesin lebih besar lalu melakukan tes resmi ataupun latihan tidak resmi di beberapa sirkuit, sang rider itu sudah siap bersaing dengan para pembalap yang lebih berpengalaman di kelas yang disebut dengan istilah kelas para raja tersebut. Dalam kurun waktu dua puluh tahun perjalanan lomba balap motor MotoGP, baru ada dua orang pembalap yang memenuhi kriteria yang telah disebutkan di atas, yaitu Valentino Rossi dan Marc Marquez. Rossi yang menjuluki dirinya dengan julukan The Doctor, pertama kali menjajal balapan di kelas MotoGP pada tahun 2000 ketika usianya masih 22 tahun. Di bawah bendera timnya yaitu Nastro Azzuro, Rossi hanya perlu penyesuaian selama setahun musim balapan dan di tahun berikutnya di tahun 2001, dia langsung menjuarai MotoGP dan disusul oleh gelar-gelar di tahun berikutnya.
Kemudian pembalap berikutnya yaitu Marc Marquez, pada usia 20 tahun, rider asal Spanyol ini menjadi rookie alias pembalap pendatang baru di tahun 2013. Lebih hebat lagi di tahun yang sama dia bersama tim Repsol Honda langsung menjuarai kejuaraan balap motor bergengsi itu, padahal saingannya saat itu adalah pembalap-pembalap hebat antara lain : Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Tampil pertama kali di kelas utama dan langsung juara dunia, si Baby Allien, julukan dari Spaniard ini dinobatkan sebagai rookie terbaik sepanjang sejarah balap motor MotoGP. Baginya hanya tinggal mengejar rekor gelar saja, karena dia sudah lima kali juara dunia MotoGP. Jika saja Marquez berhasil menjuarai kejuaraan tersebut hingga tujuh kali, maka dia sudah menyamai rekor gelar yang sudah dibuat oleh Valentino Rossi. Ada satu lagi pembalap asal Spanyol yang berusia muda yang punya potensi juara yaitu Maverick Vinales. Namun rider yang satu tim dengan Valentino Rossi di Yamaha ini terpaksa harus bersaing keras dengan Marquez yang sedang naik daun dan Rossi yang berpengalaman serta beberapa pembalap papan atas lain yaitu Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Carl Crutchlow serta Denilo Petruci. Vinales rider termuda di jajaran pembalap papan atas sudah punya satu modal yang bagus, yaitu bersama tim Yamaha. Tapi jika saja Maverick Vinales gagal bersaing untuk menjadi juara dunia MotoGP, boleh jadi juara termuda akan muncul beberapa tahun yang akan datang, ketika era Marc Marquez sudah mulai menurun, seperti halnya Marquez muncul pertama kali di saat Rossi sudah mulai menurun.
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G

 

Alasan Juara-2 MotoGP Terkini Nggak Mau Pakai No.1 di Motornya

Tiga Negara Inilah Yang Masih Terus Eksis di Event Balap MotoGrandpriX !

Serba-Serbi Yang Seru dari Sirkuit Lomba Adu Cepat Roda 2 MotoGP

Index Artikel-artikel arena MotoGRANDPRIX dari P L M 1 2 dot C O M

Acara MotoGP. Daftar Kata-kata dan Istilah-2
 

PLM12.com

Informasi & Opini Arena Olahraga Lain

Fenomena – Entertainmen – Serba-Serbi.

Gaya Hidup – Istilah & Bahasa Gaul & Keseharian

Cara-cara, Kiat-Kiat, Solusi, Tips & TRIK

B L O G dan W E B S I T E

 


Sekilas Lomba Balap Motor MotoGP :
Kejuaraan lomba balap motor Motograndprix yang populer disebut MotoGP diselenggarakan setiap tahun. Panitia penyelenggara balapan otomotif roda dua paling bergengsi ini menentukan sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia. Yang terbanyak berada di wilayah Eropa, lalu Amerika, Asia dan Australia. Sirkuit-2 itu antara lain : Losail Qatar – Buenos Aires Argentina – Jerez Spanyol – Le Mans Perancis – Mugello Italia – Catalunya Spanyol – Assen Belanda – Donnington Park Ingris – Sachsenring Jerman – Brno Republik Ceko – Monza Italia – Austin Amerika Serikat – TWin Ring Motegi Jepang – Sepang Malaysia – Philip Island Australia – Valencia Spanyol. Khusus sirkuit Losail di Qatar, balapan digelar pada malam hari. Motograndprix atau MotoGP adalah pengganti lomba GP500 yang pada tahun 2001 sudah tidak dilombakan lagi.