Jika Marc Marquez pindah tim dan langsung juara lagi…

Halo, penggemar MotoGP !

balap motor motoGP texas

Juara dunia lomba balap motor kelas utama MotoGP adalah prestasi tertinggi dari olahraga otomotif roda dua. Semakin banyak gelar yang didapat oleh seorang rider, maka semakin membuktikan dia adalah pembalap yang hebat. Kriteria pembalap hebat, yang paling utama tentu saja karena konsistensi penampilannya. Menjadi juara dunia untuk pertama kali itu sulit, tapi lebih sulit lagi bagi seorang pembalap untuk mempertahankan gelar juara untuk musim balapan di tahun berikutnya. Banyak para juara di balap MotoGP, hanya bisa juara dunia sekali, setelah itu mereka tenggelam.
Baca : Empat Juara dunia Balap Motor, Siapa yang terbaik ?
Di lomba balap motor motoGP ini baru ada dua orang pembalap yang mampu juara dunia secara beruntun yaitu Valentino Rossi dan Marc Marquez. The Doctor alias Valentino Rossi pernah lima kali secara berturut-turut memenangi kejuaraan ini yaitu mulai tahun 2001 sampai 2005, dan itu dengan dua merk motor dan tim yang berbeda. Demikian juga dengan Marc Marquez yang pernah secara beruntun juara sebanyak dua kali yaitu pada tahun 2013 dan 2014 dan selang beberapa musim berikutnya mencetak hattrick juara pada tahun 2016, 2017 dan 2018. Peluang Rossi untuk menambah rekor juara, tentu lebih berat dibanding Marc Marquez, karena faktor yang tidak bisa dihindari Rossi yaitu usia yang sudah tidak muda lagi. Dengan demikian persaingan untuk menjadi juara dunia sejati, dalam arti menambah rekor juara dunia dan melampaui rekor yang ada yaitu tujuh kali juara tinggal milik Marquez.

Berikut beberapa prediksi tentang Marquez di MotoGP dalam beberapa tahun ke depan :
1. Jika Marc Marquez tetap di tim Repsol Honda sampai beberapa tahun ke depan, maka peluang untuk menyamai bahkan melampaui rekor tujuh kali juara para pembalap seperti Giacomo Agostini dan Valentino Rossi, sangat terbuka.
2. Tetapi jika Marquez di tahun depan berpindah dari Repsol Honda ke tim lain dan langsung juara juga dan kemudian menyamai dan melampaui rekor tujuh kali juara, maka si Baby Alien ini pantas disebut sebagai fenomena baru di lomba balap motor MotoGP.
3. Apalagi jika dia mampu menjadi juara dunia dengan tiga merek motor dan tim yang berbeda. Menjadi juara dunia dengan dua merk motor yang berbeda saja susah apalagi tiga merek.
4. Valentino Rossi pernah juara beberapa kali dengan dua tim dan merek motor yang berbeda, tapi gagal total ketika bersama Ducati. Nah jika Marquez berhasil juara juga bersama tim Ducati, maka dia pantas disebut sebagai juara dunia sejati karena Marquez mampu menaklukkan seluruh motor balap dengan karakteristik yang berbeda.
5. Pesaing utama Marc Marquez antara lain, rider Spanyol lainnya yaitu Maverick Vinales, Carl Crutchlow dari Inggris dan Andrea Dovizioso dari Italia dan juga Jorge Lorenzo dan bisa saja Valentino Rossi. Tapi dengan usianya yang masih muda, Marquez masih sulit ditaklukkan oleh lawan-lawannya.
Syarat menjadi juara dunia sejati bisa bermacam-macam. BIsa karena mampu juara dunia dengan merek motor dan tim yang berbeda. Karena mampu melewati rekor yang ada dan kemudian menambahnya sampai 10 kali gelar dunia. Atau karena seorang pembalap mampu menjuarai seri walaupun dia start dari posisi sepuluh ?
 

Logo Plm12COM

Opini – Dari Dunia Olahraga – Fenomena – Serba-Serbi – Entertainmen – Gaya Hidup – Kiat-Kiat, Cara-Cara, Tips dan Trik – B L O G