Indonesia Di Olimpiade Dari Yang Pertama Kali


Pertama kali Indonesia mengikuti pesta olahraga Olimpiade adalah pada tahun 1952 yang diselenggarakan di kota Helsinki ibukota dari negara Finlandia di Eropa. Bersama Indonesia pula, Uni Soviet, Republik Rakyat China, Hong Kong, Israel, Thailand dan Saarland, membuat debut mereka di multi sport event ke 15 tersebut. Kala itu kontingen Indonesia belum mendapat medali, baik emas, perak maupun perunggu. Berikutnya adalah tahun-tahun keikutsertaan Indonesia selanjutnya :
1. Tahun 1956 di Melbourne, Victoria Australia. Di Olimpiade yang diselenggarakan di negara tetangga tersebut, Indonesia juga berpartisipasi dengan menurunkan 30 atlit. Seperti juga di Olimpiade sebelumnya, di Australia, kontingen Indonesia juga belum memperoleh satupun medali.
2. Olimpiade kembali digelar di Eropa yaitu di kota Roma, Italia pada tahun 1960. Kontingen Indonesia yang diturunkan terdiri dari 22 orang atlit.
3. Indonesia absen di Olimpiade Tokyo, Jepang pada tahun 1964. Olympic Games ini yang pertama kali diadakan di benua Asia.
4. Pada tahun 1968 di mana kota Meksiko City menjadi tuan rumah, Indonesia kembali ikut serta dengan menurunkan atlit sebanyak 6 orang.
5. Di Olimpiade ke 20 pada tahun 1972 yang berlangsung di kota Munich , Jerman Barat, Indonesia juga ikut serta dengan anggota kontingen yang berjumlah enam orang atlit.
6. Olimpiade ke 21 pada tahun 1976 berlangsung di Kanada yaitu di kota Montreal. Negara Kanada terletak di benua Amerika Utara. Di pesta olahraga antar bangsa-bangsa ini Indonesia ikut dengan tujuh orang atlit.
7. Dari Kanada, Olimpiade kembali lagi ke benua Eropa yaitu di negara Uni Soviet di kota Moskow pada tahun 1980. Tapi di Olimpiade ke 22 ini Indonesia tidak ikut berpartisipasi.
8. Empat tahun kemudian multi sport event diselenggarakan di benua Amerika lagi, tepatnya di kota Los Angeles, Kalifornia, Amerika Serikat pada tahun 1984. Di Olimpiade ke 23 ini kontingen Indonesia turun dengan 16 orang atlit.
9. Olimpiade ke 24 diselenggarakan di kota Seoul, Korea Selatan pada tahun 1988 dan inilah untuk pertama kalinya Olimpiade musim panas diadakan di Korea Selatan. Dan untuk pertama kalinya pula kontingen Indonesia berhasil mendapatkan medali, yaitu satu medali perak. Berapa orang atlit yang ikut membela kontingen Indonesia ? Ada 29 orang. Di klasemen akhir pengumpul medali, tercatat kontingen Indonesia berada di peringkat ke 36.
10. Dari Asia, Olimpiade berpindah ke Eropa kembali pada tahun 1992. Di mana ? Yaitu di kota Barcelona, Katalan, Spanyol. Di Olympic Games ke 25 ini kontingen Indonesia mengalami peningkatan cukup signifikan dalam perolehan medali. Indonesia berhasil mendapatkan dua medali emas, dua perak dan satu medali perunggu. Di ajang ini Indonesia menurunkan 42 orang atlit. Di Olimpiade ini pada akhir klasemen pengumpul medali, kontingen Indonesia menempati posisi ke 24.
11. Olimpiade musim panas berikutnya yang menjadi tuan rumah adalah Amerika Serikat di kota Atlanta, negara bagian Georgia pada tahun 1996. Pada Olimpiade ke 26 ini Indonesia sedikit mengalami penurunan dalam perolehan medali, yaitu satu medali emas, satu perak dan dua medali perunggu. Atlit yang diturunkan sebanyak 40 orang. Di klasemen akhir pengumpulan medali, kontingen Indonesia berada di peringkat 41,
12. Pada tahun 2000, pesta olahraga Olimpiade ke 27 diadakan lagi di negeri Kanguru, Australia, tepatnya di kota Sydney negara bagian New South Wales. Di negara tetangga ini, kontingen Indonesia menurunkan 47 orang atlitnya untuk berlaga di sana. Medali yang berhasil diraih oleh atlit-atlit Indonesia adalah satu medali emas, tiga perak dan dua buah perunggu. Di klasemen akhir, urutan posisi kontingen Indonesia berada di posisi ke-38.
13. Kota Athena, Yunani kembali ditunjuk menjadi penyelenggara Olimpiade ke 28 pada tahun 2004. Rombongan atlit Indonesia yang ikut berjumlah 38 orang. Sementara medali yang diperolehnya adalah : Satu medali emas, satu medali perak dan dua perunggu. Di Athena ini, kontingen Indonesia menempati urutan 48 klasemen akhir pengumpul medali.
14. Olimpiade kembali digelar di benua Asia pada tahun 2008 yaitu di kota Beijing, Cina. Di multi sports event ke 29 ini, Indonesia berpartisipasi dengan menurunkan atlitnya sebanyak 24 orang. Total medali yang diraih atlit Indonesia adalah 6 keping medali, yaitu 1 medali emas, satu perak dan empat perunggu. Di klasemen akhir, posisi kontingen Indonesia berada di urutan ke 40.
15. Kembali ke benua Eropa. Tahun 2012, kota London, Inggris ditunjuk menjadi tuan rumah Olimpiade ke 30. Di negara kerajaan ini, Indonesia mengirimkan atlitnya sebanyak 22 orang. Ada penurunan. Total medali yang diboyong ke Indonesia berjumlah 3 buah, terdiri dari : dua medali perak dan satu perunggu. Posisi setelah klasemen akhir, Indonesia menempati peringkat ke 60.
16. Ini pertama kali ! … Ya ! Olimpiade ke 31 pada tahun 2016 diadakan di benua Amerika Selatan, tepatnya di kota Rio de Janeiro. Kota ini merupakan ibukota dari negara Brasil. Kontingen Indonesia yang diturunkan, anggotanya berjumlah 28 orang. Sedangkan total medali yang didapat adalah 3 buah, yaitu satu emas dan dua medali perak. Untuk posisi klasemen akhir, Indonesia menempati urutan ke 46.
17. Tahun 2020 ! … Ya ! Rencananya memang Olimpiade ke 32 itu berlangsung di tahun tersebut. Namun secara tak terduga dunia dilanda pandemi Covid-19, maka event pun ditunda setahun kemudian. Olympic Games tetap diadakan di kota Tokyo, Jepang, tapi berlsngsung pada tahun 2021. Nama acaranya tetap “Olympic 2020”.
Baiklah, demikian data sekilas tentang keikutsertaan Indonesia di pesta olahraga antar bangsa-bangsa dari seluruh dunia, Olimpiade musim panas atau Summer Olympic hingga artikel ini ditulis. Semoga bermanfaat.
 

Serba-Serbi OLIMPIADE Lainnya :
Olympic Games

Ajang pesta Olahraga terbesar di dunia Olimpiade 2020 dilangsungkan di Tokyo, Jepang pada tahun 2021. Diikuti oleh kontingen dari hampir seluruh negara di dunia. Olimpiade pertama diadakan di kota Athena, Yunani.

Pesta Olahraga Olimpiade bisa mempererat hubungan antar bangsa. Selain itu banyak yang positif dari acara empat tahunan tersebut. Dari mulai sportifitas, teknologi, bisnis, pariwisata, kebudayaan dan informasi tentang internasional lainnya.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.